Cara Memilih Kandungan Skincare Sesuai Jenis Kulit! Wajib Tahu!

Biar permasalahan di wajah ga semakin parah! Begini cara memilih kandungan skincare sesuai jenis kulit yang bisa kamu perhatikan sebelum perawatan. Penasaran apa saja? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini 

cara memilih kandungan skincare perbedaan chemical dan physical exfoliator

Dewasa ini ada banyak sekali produk skincare yang bisa dijadikan alternatif perawatan. Hanya saja biar nga buang buang uang percuma akibat ketidakcocokan kandungan skincare yang seringkali menyebabkan berbagai permasalahan wajah. Tentu saja Cantik juga harus memperhatikan cara memilih kandungan skincare yang benar. Mengingat efek setiap kandungan skincare  yang mungkin saja memberikan reaksi masing masing kulit bisa berbeda. Sehingga biar ga makin membuat kulit bermasalah, sudah tentu cara memilih kandungan skincare haru benar benar diperhatikan. Biar ga sampai salah menentukan skincare. Sebelum membeli produk perawatan, berikut cara memilih kandungan skincare sesuai jenis kulit yang bisa kamu pertimbangkan. Sebagai berikut : 

 

Cara memilih kandungan skincare untuk kulit kering

cara memilih kandungan skincare cara memilih sunscreen untuk kulit kering kandungan serum somethinc step skincare scarlett untuk kulit kering Manfaat facial foal garnier untuk kulit kering
Sumber ; Freepik.com

Meski jika dilihat dari kejauhan, kondisi kulit kering memang tidak terlalu bermasalah. Namun bukan berarti keadaan kulit kering bisa dibiarkan ya Cantik! Karena bagaimanapun juga, kondisi kulit kering yang tidak terawat. Bukan tidak mungkin bisa membuat keadaanya makin bermasalah Cantik! Ga hanya makin kering, tapi bukan tidak mungkin kesalahan memilih kandungan skincare justru membuat kulit jadi berubah  jadi terasa kasar bahkan mengelupas saat diraba. Biar ga keliru menentukan, berikut sederet kandungan skincare yang dikenal ampuh melembabkan kulit kering. 

 

Lactid Acid

Bicara soal perawatan, kulit kering juga membutuhkan eksfoliasi terutama saat kulit kering kusam. Fyi, Lactid acid bertindak sebagai exfoliator lembut yang dapat membersihkan sel kulit mati dan membantu meningkatkan faktor kelembapan alami kulit.

 

Ceramide

Pada dasarnya kandungan Ceramide akan membentuk bagian dari penghalang kulit untuk mencegah Transepidermal Water Loss atau kehilangan air transepidermal. Bahan Emmolient ini akan membuat kulit kenyal, lembut dengan menjaga tetap terhidrasi dan melindungi epidermis dari kerusakan lingkungan.

 

Hyaluronic Acid

Merupakan humektan yang populer untuk kulit kering, Hyaluronic Acid akan menarik air dari sekitarnya dan mengirimkannya ke sel kulit untuk menghidrasinya. Bahan ini sangat membantu untuk meningkatkan jumlah air didalam kulit dan menyimpannya hingga dibutuhkan oleh kulit.

Dan kandungan lainnya seperti: Glycerin, Aloe vera, Vitamin E, Antioksidan, Shea Butter.

 

Cara memilih kandungan skincare untuk kulit berminyak

cara memilih kandungan skincare kandungan skincare yang ga boleh dicampur bersamaan eiem hydrating serum review kandungan serum somethinc kulit berminyak

Berbeda dengan kondisi kulit sebelumnya. Pada dasarnya kelembabpan kulit berminyak memang lebih terjaga. Namun jika kadar produksi sebum pada kulit berminyak tidak terkontrol. Efeknya juga bisa membuatkulit jadi makin bermasalah. Biar kondisinya ga makin parah, berikut sederet kandungan skincare untuk mengatasi produksi minyak berlebih.

 

Niacinamide

Pada kulit berminyak, Niacinamide dapat mengatur jumlah minyak yang dibutuhkan dan mencegahnya agar minyak terlalu berlebihan.Memiliki sifat Antioksidan, dapat memperkuat skin barrier dengan meningkatkan penghalang ceramide, dan bersifat mencerahkan kulit.

 

AHA/BHA

AHA salah satu bahan eksfoliasi yang bekerja membersihkan sel-sel kulit mati dan membersihkan minyak berlebih pada kulit. Sementara Salicylic acid (BHA) akan mencegah pori-pori tersumbat bersifat oil- soluble dengan menjaga pori-pori tetap bersih dari minyak & sel kulit mati.

 

Clay

Clay mask cocok digunakan untuk kulit berminyak karena kemampuannya dalam menyerap minyak berlebih dengan efektif.Biasanya terdapat pada masker, dengan pemakaian rutin dapat menjaga pori-pori tetap bersih dari minyak/kotoran dan mencegah pori tersumbat..Disamping clay, kandungan lainnya seperti: Green tea, Retinol, AHA, Tea tree juga bisa digunakan sebagai alternatif pilihan perawatan. 

Baca juga: Manfaat Npure Centella Asiatica Toner Untuk Atasi Jerawat Membandel

 

Cara memilih kandungan skincare untuk kulit berjerawat

cara memilih kandungan skincare urutan skincare ms glow acne manfaat kojie san kojic acid urutan skincare cosrx manfaat acne patch derma angel blind pimple skincare untuk jerawat tanpa mata

Ga dipungkiri lagi, memiliki kulit berjerawat memang cukup tricky. Bener ga? Masalahnya bukan saja memperparah kondisi jerawat. Kesalahan pemilihan skincare dalam perawatan, tak pelak juga membuat penyembuhan kondisi kulit berjerawat makin lama. Sehingga sebelum membeli produk perawatan, pastikan formulasi kandungan skincare yang kamu gunakan memiliki kemampuan merawat kulit berjerawat ya! Biar ga bingung dalam cara memilih kandungan skincare. Berikut sederet kandungan yang bisa kamu pertimbangkan untuk perawatan kulit berjerawat 

 

Salicylic Acid

Terhadap jerawat, Salicylic acid dapat mengeksfoliasi kulit sekaligus masuk kedalam pori-pori untuk membersihkan sumbatan penyebab jerawat. Memiliki sifat anti-bakteri yang membantu mengurangi bakteri dan anti inflamasi untuk mengurangi peradangan dan kemerahan jerawat.

 

Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide mengandung zat antibakteri yang berfungsi membunuh Propionibacterium acnes (P. acnes) bakteri utama penyebab jerawat. Benzoyl peroxide juga dapat mengatasi masalah kulit lainnya, seperti mengurangi sebum berlebih, sel-sel kulit mati dan pori-pori yang tertutup.

 

Retinoid

Retinol memiliki sifat eksfoliasi, dapat mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati untuk mencegah terjadinya sumbatan jerawat. Disamping itu, retinol juga bekerja dengan mengurangi produksi minyak berlebih. Selain retinol,  kandungan skincare lainnya yang ramah untuk kulit berjerawat  seperti: AHA, Tea tree oil, Sulfur, Zinc.

 

Cara memilih kandungan skincare untuk kulit  bekas jerawat

cara memilih kandungan skincare skincare penghilang bekas jerawat serum scarlett penghilang bekas jerawat
Sumber : Freepik

Ga hanya jerawat yang meresahkan. Faktanya keberadaan bekas jerawat yang susah disamarkan. Dan tak jarang membuat sebagian orang jadi gigit jari merasakannya. Nah biar bebas jerawat bisa lebih mudah teratasi dan membuat lebih percaya diri.  Berikut sederet kandungan skincare untutk bekas jerawat yang patut kamu coba. 

 

Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan sintesis kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk struktur kulit dan membangun kembali kulit yang sehat. Hasilnya, penyembuhan bekas jerawat akan lebih cepat serta memudarkan noda terutama bekas jerawat PIH karena bersifat mencerahkan.

 

Niacinamide

Terhadap PIE, Niacinamide bertindak sebagai skin barrier repair, dapat memperkuat skin barrier dan mempercepat pudarnya noda kemerahannya. Sementara terhadap PIH, bertindak sebagai brightening dengan mengurangi aktivitas melanosit sehingga produksi melanin terhambat dan noda akan memudar.

 

Alpha Arbutin

Alpha arbutin merupakan agen pencerah kulit yang efektif dan lebih stabil. Terhadap bekas jerawat kehitaman, alpha arbutin dapat menghambat produksi melanin berlebih dan bagian menggelap akan lebih cerah. Disamping alpha arbutin kandungan lainnya seperti: PIH (AHA, Kojic acid), dan PIE (Tranexamic acid, Azelaic acid, Ceramide) juga bisa menjadi alternatif perawatan. 

 

Cara memilih kandungan skincare untuk kulit pori pori besar

cara memilih kandungan skincare review rojukiss mask pri pori besar

Selain menganggu penampilan, ga dipungkiri lagi keberadaan pori pori besar bisa menjadi sumber permasalahan wajah. Terutama soal kemuculan jerawat dan kulit kusam. Nah untuk memperkecil pori pori wajah, berikut cara memilih kandungan skincare yang bisa kamu jadikan alternatif pemilihan produk perawatan. 

 

Retinol

Retinol dalam bentuk topical, dapat mempercepat regenerasi sel-sel kulit sehingga mencegah sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori. Menetralkan radikal bebas untuk meningkatkan produksi elastin & kolagen sehingga mengurangi tampilan pori-pori yang kendur/membesar.

 

Salicylic Acid

Salicylic acid bersifat oil-soluble, yang akan masuk kedalam pori-pori untuk memecah sumbatan yang membentuk komedo penyebab pori-pori besar.Dapat mencegah pengelupasan sel yang tidak teratur yang membuat lebih banyaknya sel kulit mati di permukaan kulit penyebab pori-pori tersumbat.

Baca juga: Review Rojukiss Mask All Variant: Pori Pori Besar Tersamarkan?

 

Niacinamide

Kandungan pada Niacinamide akan menjaga pertahanan kulit sehingga membuat produksi sebum menjadi semakin terkendali. Sehingga pori-pori akan menjadi lebih bersih dan mencegah datangnya kembali sumbatan akibat produksi minyak yang berlebih. Dan kandungan lainnya seperti: Green tea, Vitamin C, Clay, AHA, Moisturizer & Sunscreen.

Nah itu dia sekilas informasi seputar cara memilih kandungan skincare semua jenis kulit yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan perawatan. Biar lebih mudaah, disini juga kamu bisa mendapatkan serangkaian produk perawata wajah yang digunakan semua jenis kulit dengan harga yang bersahabat dan raah dikantong tentuya. Ga percaya? cek saja disini sekarang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *