Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Kering Paling Simpel!

Biar penggunaan sunscreen ga bikin kulit kering jadi makin membuat kulit tambah kering,kemerahan dan gradakan. Begini cara memilih sunscreen untuk kulit kering yang benar dalam perawatan harian. Penasaran apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini! 

cara memilih sunscreen untuk kulit kering harga sunscreen wardah kemasan

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika sunscreen memang menjadi basic skincare yang ga boleh dilewatkan dalam perawatan harian. Percaya deh, sebagus dan semahal apapun skincare yang kamu gunakan. Pasti hasilnya ga akan bisa optimal jika melewatkan sunscreen dalam keseharian. Mengingat fungsi sunscreen yang sangat penting untuk melindungi wajah dari bahaya radikal bebas sinar matahari. 

Hanya saja, ga dipungkiri memilih sunscreen memang cukup tricky apalagi bagi kamu pemilik kulit kering. salah salah bisa membuat kondisi kulit makin bermasalah. Bahkan jika tidak dirawat dengan baik . Bukan tidak mungkin bisa membuat kulit makin kering, mengelupas dan memunculkan kemerahan. 

Tapi kamu ga perlu khawatir, karena disini Mincan akan spill bagaimana cara memilih sunscreen untuk kulit kering termudah yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. Namun sebelum Mincan ulas bagaimana cara memilih sunscreen untuk kulit kering. Ada baiknya Cantik juga perlu mengetahui apa saja sih penyebab kondisi kulit kering yang bisa dihindari. Sebagai alternatif untuk mempermudah perawatan kulit di samping menggunakan sunscreen. Berikut informasinya 

 

Penyebab Kulit Kering

Sumber ; Freepik.com

Genetik

Sebagian besar kondisi kulit kering memang seringkali diakibatkan karena adanya faktor genetik. Sederhana, bukan tidak mungkin kondisi kulit kering yang kamu alami saat ini, dipengaruhi oleh genetik yang diwariskan dari kedua orang tuamu Cantik! Kondisi ini memang ga bisa dirubah. Namun kamu tetap bisa melakukan serangkaian  perawatan, agar kadar air kulit kering tetap tercukupi.Dan menjadikan kulitmu jauh lebih lembab, sehat dan segar tentunya. 

 

Tanda penuaan

Semakin bertambahnya usia, produksi minyak alami di permukaan kulit akan semakin berkurang. Sehingga menyebabkan kulit kehilangan pelembab alaminya. Tak ayal jika pada usia tertentu, kulit mengalami penurunan kualitas, jadi lebih kering dan mulai muncul tanda – tanda penuaan seperti keriput dan lain sebagainya.

 

Reaksi skincare yang tidak cocok

Kulit berubah jadi kering, adalah salah satu reaksi alami ketika kulit tidak cocok dengan produk skincare yang digunakan. Maka sebelum membeli skincare, pastikan dahulu kesesuaian kandungan skincare dengan jenis kulit.

 

Tidak menggunakan sunscreen saat beraktivitas

Paparan sinar matahari yang berlebih bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Nah buat Cantik yang sering banget beraktivitas di bawah terik matahari, sebaiknya sebelum keluar ruangan Cantik harus menggunakan tabir surya secara rutin ya. Supaya kulit bisa lebih terlindungi dari resiko sinar ultraviolet. Yang ga jarang bikin kulit semakin kering, kusam dan rasa terbakar.

 

Pengaruh perubahan cuaca

Faktor cuaca seringkali mempengaruhi tingkat kelembapan kulit.  Udara yang terlalu kering dan panas akan menyebabkan sel sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Sehingga dapat menyebabkan udara tidak dapat masuk ke dalam pori – pori kulit, dan menyebabkan kulit terlihat semakin kering, kusam dan terlihat tidak sehat. Termasuk saat peralihan cuaca panas atau dingin yang begitu ekstrim seperti saat ini.  Ditengah perubahan cuaca yang sering kali terjadi begitu cepat. Sudah tentu potensi kulit menjadi kering akan semakin besar dan tidak terhindarkan. Jadi jangan lupa skincare an ya Cantik. Termasuk buat kamu pemilik kulit kering. Jelas penggunaan skincare juga tidak boleh dilewatkan!

 

Terlalu kasar saat eksfoliasi wajah

Sebagian orang menganggap, eksfoliasi wajah akan jauh lebih maksimal mengangkat kotoran ketika benar – benar menggosoknya dengan sekuat tenaga. Padahal faktanya, gesekan yang terlalu keras terhadap kulit saat mandi, sangat berpotensi merusak kelembaban alami kulit lho Cantik. Jika sudah begitu, sudah tentu kulit akan menjadi jauh lebih kering. Nah bagi Cantik yang suka banget menggosok terlalu kasar, mulai sekarang dihindari deh ya. Kalau mau kulit bersih sampai akar – akarnya tanpa mengurangi kelembaban alami pada kulit.

 

Tanda tubuh kekurangan cairan

Ketika tubuh kekurangan cairan, secara otomatis kadar kolagen yang ada di kulit juga turut berkurang. Sehingga menyebabkan lapisan teratas kulit kehilangan elastisitasnya. Ga heran lagi kalau nantinya kulit akan berubah menjadi lebih kering, bersisik bahkan bisa sampai mengelupas. Tentunya Cantik ga mau kan kondisi kulit semakin buruk hanya karena kurang minum  ! Oleh karena itu, jangan sampai kekurangan cairan ya Cantik. Pastikan minum teratur, minimal 8 gelas sehari. Supaya kulit tetap sehat, terawat dan segar sepanjang hari.

 

Paparan AC yang berlebihan

Berada di ruang AC memang terasa menyejukkan. Tapi siapa sangka terlalu lama berada di ruangan ber AC bisa menyebabkan kulit semakin kering lho ! Nah  buat kamu yang setiap harinya terpapar dinginnya udara AC. Sebaiknya rajin – rajin gunakan skincare ya ! agar kelembaban kulitmu tetap terjaga Cantik.

 

Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Kering

Nah setelah Cantik mengetahui penyebab dasar kulit kering. Selanjutnya begini cara memilih sunscreen untuk kulit kering yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Diantaranya : 

Sumber : Freepik.

Pilih sunscreen yang memiliki formulasi tekstur ringan

Bagi pemilik kulit kering, tentu saja tekstur sunscreen sangat mempengaruhi hasil penggunaan. Nah biar efek pemakaian sunscreen benar benar terasa manfaatnya. Cara memilih sunscreen untuk kulit kering bisa diawali dengan memprioritaskan sunscreen yang memiliki tekstur cream maupun gel. Untuk memberikan kelembapan yang tahan lama namun tetap ringan dan nyaman saat digunakan. 

 

Pastikan sunscreen memiliki minimal spf 30

Kedua, cara memilih sunscreen untuk kulit kering bisa kamu lakukan dengan mempertimbangkan nilai spf yang terkandung didalamnya. Sebagai rekomendasi, usahakan pilih sunscreen yang minimal memiliki spf 30. Karena berdasarkan penelitian, para ahli dermatologis sepakat jika spf 30 adalah angka minimal yang dinilai cukup untuk memberikan perlindungan bagi kulit terhadap paparan sinar matahari. 

Namun jika kamu memiliki segudang aktivitas yang padat di luar ruangan. tentu saja untuk mendapatkan proteksi kulit yang lebih maksimal. Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan spf yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan perlindungan lebih lama dan dalam jangka waktu yang lebih panjang. 

Baca juga: Review Sunscreen Emina Sun Battle SPF 30 ++

 

Sunscreen dengan label broad spectrum

Untuk mendapatkan produk yang efektif melindungi  kulit dari paparan sinar matahari, kamu bisa memprioritaskan  sunscreen dengan label broad spectrum yang tertera pada kemasannya. Fyi, label broad spectrum sendiri menunjukkan jika produk sunscreen memiliki kemampuan proteksi maksimal dengan spektrum luas dalam menangkal efek bahaya dari radikal bebas sinar matahari yang rentan menyebabkan berbagai kerusakan kulit. Bagi kamu pemilik kulit kering, tentu cara memilih sunscreen untuk kulit kering satu ini layak dipertimbangkan. Bener ga? 

 

Utamakan sunscreen dengan kandungan yang ekstra melembabkan

Bicara soal cara memilih sunscreen untuk kulit kering. Tentu saja Cantik perlu memperhatikan apa saja kandungan yang terdapat dalam produk tabir surya. Sebisa mungkin prioritaskan sunscreen yang dilengkapi kandungan – kandungan yang memiliki manfaat melembabkan dan menenangkan kulit. Seperti Halnya: Centella asiatica, aloe vera, hyaluronic acid, glycerin. Untuk membantu kulit kering agar bisa terhidrasi dengan baik. 

 

Hindari kandungan sunscreen yang bersifat iritatif

Nah supaya penggunaan sunscreen benar benar bisa melindungi kulit kering dengan baik. Cara memilih sunscreen untuk kulit kering terakhir, sudah tentu bisa dilakukan dengan menghindari kandungan tabir surya yang bersifat iritatif. Seperti Halnya fragrance, alkohol dan oxybenzone misalnya. 

 

Fragrance

Keberadaan bahan wewangian seperti fragrance umumnya ditujukan untuk menambah kenyamanan pengguna saat menggunakannya. Namun masalahnya, pada beberapa kasus keberadaan fragrance disini juga rentan membuat kulit iritasi bahkan sampai dengan kemunculan jerawat di beberapa bagian wajah. Terutama bagi kamu pemilik kulit kering dan sensitif. 

Alkohol

Sama seperti halnya fragance, kandungan alkohol juga sebaiknya dihindari bagi kamu yang memiliki kulit kering. Mengingat sifat alkohol yang mengeringkan, sehingga dikhawatirkan bisa menghilangkan produksi minyak alami kulit. Dampaknya bukan saja membuat kulit making kering, tapi juga bisa mengalami pengelupasan, kemerahan bahkan juga rasa nyeri setelah pemakaian. 

Oxybenzone

Berdasarkan sejumlah penelitian, molekul kecil dari Oxybenzone  yang menyerap ke dalam kulit. Dianggap bisa mengakibatkan kemunculan iritasi dan alergi bagi kulit kering 

Baca juga: Review Carasun Vs Azarine Sunscreen! Bagus Mana?

 

Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Kering

Berikut rekomendasi sunscreen untuk kulit kering yang mudah sekali ditemukan dipasaran diantaranya : 

 

Nah itu dia sekilas ulasan terkait cara memilih sunscreen untuk kulit kering yang bisa Cantik pertimbangkan sendiri dalam perawatan harian. Jika Cantik sudah tidak sabar merasakan khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan berbagai produk rekomendasi sunscreen untuk kulit kering lebih mudah dengan harga yang bersahabat pula. Ga percaya? buktikan saja disini sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version