Cara Mengatasi Bibir Hitam Alami Terampuh! Wajib Coba!

Sudah melakukan banyak cara tapi kondisi warna bibir yang menggelap susah dihilangkan. Biar ga makin parah, begini cara mengatasi bibir hitam sekaligus rekomendasi skincare yang patut kamu coba! Penasaran seperti apa? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini!

Ga dipungkiri lagi, memiliki bibir yang menghitam sudah tentu meresahkan bukan. Meskipun sebenarnya bisa ditutupi dengan pemerah bibir seperti lipstik. Namun tetap saja keberadaan tampilan bibir yang menggelap tak jarang membuat minder dan kurang percaya diri. Kalau sudah begini, sudah tentu masalah bibir hitam ga bisa dibiarkan ya Cantik! Biar kondisinya ga makin parah, sudah tentu kamu perlu melakukan serangkaian perawatan agar tampilan bibir bisa lebih cerah, natural dan segar.  Namun sebelum Mincan spill cara mengatasi bibir hitam terampuh sekaligus rekomendasi lip care routine yang kamu gunakan. Adabaiknya Cantik mengetahui terlebih dahulu penyebab bibir hitam, yang bisa kamu gunakan dalam perawatan. 

 

Pemicu Warna Bibir Hitam

Berikut deretan penyebab bibir menghitam yang patut kamu hindari dalam perawatan 

cara mengatasi bibir hitam termudah

Keturunan

Sama seperti halnya jenis kulit, ga dipungkiri sebagian besar kondisi warna bibir hitam juga diakibatkan karena adanya warisan genetik dari salah satu anggota keluarga. Dimana keberadaan pigmen melanin pada bibir terbilang cukup dominan dibanding warna bibir pada umumnya. Meski terbilang sulit dihilangkan, namun bukan berarti masalah bibir hitam dari lahir bisa diabaikan begitu saja ya! 

Tentu jika Cantik pingin warna gelap pada lapisan bibir bisa lebih cepat teratasi Cantik! Pastinya kamu ga boleh melewatkan  serangkaian perawatan untuk mengembalikan rona bibir yang kusam, kering dan menghitam.

 

Hindari Kebiasaan menjilat bibir

Buat Cantik yang kerap memiliki kebiasaan menjilat atau menghisap bibir tanpa sadar. Sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan satu ini, jika kamu tidak ingin warna bibir berubah gelap. Bukan tanpa alasan, pasalnya kebiasan tersebut ga dipungkiri memang kerap membuat kondisi bagian bibir jadi kering. Masalahnya ketika lapisan kulit bibir mengering, secara alami warna pigmen bibir juga berpotensi jadi terlihat lebih gelap dari biasanya.  

 

Efek samping kosmetik

Beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti asam ricinoleic, dipentaerythriol dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan alergi pada bibir yang akhirnya menjadi penyebab bibir hitam

 

Tumpukan Sel Sel kulit mati

Jika tidak segera dibersihkan, ga dipungkiri tumpukan sel sel kulit mati yang mengendap didalam lapisan bibir memang kerap menjadikan tampilan bibir menghitam. Oleh karenanya, penting sekali melakukan eksfoliasi bibir secara berkala. Untuk meminimalisir dan memudarkan warna  bibir hitam yang mengganggu penampilan . 

Baca juga: Kesalahan Menggunakan Toner Exfoliating Avoskin Yang Patut Dihindari!

 

Kebiasaan Merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi jika merokok merupakan faktor penyebab kemunculan bibir hitam yang sering terjadi. Ini dikarenakan adanya zat nikotin dan benzyprene yang dikenal sebagai pemicu peningkatan produksi pigmen melanin penyebab perubahan warna bibir jadi lebih menghitam lebih dari biasanya. Disamping itu masalah ini juga dikaitkan dengan kandungan TAR dalam rokok serta oksigen yang kurang dalam pembakaran disana . Sehingga banyak kapiler di bibir yang mati walaupun tidak semuanya. Akibat paparan suhu rokok yang terlalu panas  

 

Terlalu banyak konsumsi kafein

Disamping kebiasaan merokok yang berlebihan, ga dipungkiri lagi terlalu banyak konsumsi kafein memicu penggelapan warna bibir. Karena saat dikonsumsi, kafein yang dilengkapi kandungan zat diuretik bisa memicu perubahan warna bibir jadi lebih menghitam daripada warna aslinya. 

 

Pengaruh Hormon

Perubahan hormon di saat saat tertentu seperti hamil dan menstruasi pada wanita memang kerap membuat beberapa bagian kulit jadi lebih gelap. Termasuk masalah warna bibir yang menghitam. Ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormonal yang menjadikan proses regenerasi kulit jadi lebih terhambat dan efeknya bisa memperlambat proses regenerasi kulit. Yang menjadi salah satu penyebab mengapa tampilan bibir berubah menghitam. 

 

Paparan sinar matahari yang berlebih

Ga hanya bikin wajah kusam dan belang saja lho Cantik! Nyata efek buruk radikal bebas sinar uv juga bisa mempengaruhi perubahan warna gelap pada bibir. Akibat adanya peningkatan pigmen melanin yang dipicu oleh paparan sinar matahari yang berlebih  

 

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Biar kondisi bibir ga makin parah dan membuat minder. Berikut cara mengatasi bibir hitam  yang bisa kamu jadikan alternatif dalam perawatan. 

cara mengatasi bibir hitam dengan skincare

Menggunakan Lip Care Routine dalam perawatan

Sama seperti kulit, bibir juga memerlukan serangkaian perawatan rutin. Apalagi bagi kamu pemilik kulit bibir yang menghitam. Nah biar ga bingung, berikut lip care routine yang bisa kamu jadikan alternatif untuk perawatan

 

Lip Scrub untuk eksfoliasi

Ga dipungkiri lagi, tumpukan sel sel kulit mati berlebih memang rentan menyebabkan perubahan tampilan bibir jadi lebih gelap. Oleh karenanya, sudah tentu kamu tidak boleh melewatkan cara mengatasi bibir hitam dengan eksfoliasi bibir secara berkala ya Cantik! Setidaknya 2 – 3 kali dalam perawatan mingguan. 

Bicara soal eksfoliasi bibir, kamu bisa menggunakan lip scrub untuk melengkapi perawatan. Mengingat teksturnya yang terbilang ampuh untuk Untuk membersihkan sel sel kulit bibir kasar secara maksimal dan menggantikannya dengan sel sel kulit yang lebih halus. Namun yang tak kalah penting, saat hendak mengeksfoliasi bibir pastikan kondisi kulit tidak kering dan bermasalah. Karena jika dipaksakan, dampaknya bisa membuat keadaan bibir makin parah. 

 

Lip Mask untuk hydrating

Disamping melakukan eksfoliasi, kamu juga bisa menambahkan cara mengatasi bibir hitam dengan menggunakan lip mask dalam perawatan. Yang fungsinya dipercaya baik untuk menutrisi dan menghidrasi lapisan kulit bibir. Agar senantiasa lembab dan segar sepanjang hari. Bicara penggunaanya, sebenarnya kamu bisa mengaplikasikannya sesuai kebutuhan. Namun untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu bisa mengoleskan lip mask 2 – 3 kali dalam 1 minggu di setiap malam.

 

Lip balm untuk protecting

Jika lip care routine sebelumnya merupakan pilihan cara mengatasi bibir hitam yang bisa kamu gunakan dalam perawatan mingguan. Selanjutnya, kamu bisa melengkapi cara mengatasi bibir hitam dengan menggunakan lip balm saat perawatan harian. Bukan saja mengandung moisturizing yang efektif menutrisi sekaligus melembabkan kulit. Biasanya formulasi lip balm juga mengandung sejumlah agent protecting yang dipercaya baik menghalau paparan sinar matahari berlebih. Sehingga bisa meminimalisir kemunculan tampilan bibir menghitam. 

 

Minum air putih yang cukup

Disamping menggunakan lip care routine. Cara mengatasi bibir hitam juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih. Manfaat air putih bukan saja dikenal baik bagi kesehatan tubuh. Namun siapa sangka khasiat dari konsumsi air putih teratur juga bisa menyamarkan resiko warna kulit bibir menghitam lho Cantik. Idealnya kamu bisa mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari atau setara 230 ml sehari. 

 

Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi kafein

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya. Kebiasan merokok dan kafein merupakan faktor penyebab bibir hitam yang banyak dialami kebanyakan orang. Oleh Karenanya, untuk mencerahkan warna kulit bibir kembali. Sudah tentu Cantik juga harus mengurangi kebiasan kebiasan merokok maupun minum kopi ya! meski terlihat sepele, namun cara mengatasi bibir hitam satu ini memiliki pengaruh yang besar bagi tampilan warna bibir lho Cantik! 

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Toner dan Moisturizer Setiap Hari!

 

Rekomendasi Skincare Untuk Bibir Hitam

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, menggunakan lip care routine tentu menjadi cara mengatasi bibir hitam paling ampuh yang patut kamu coba! Berikut rekomendasi lip care routine yang bisa 

cara mengatasi bibir hitam dengan lip balm

 

Nah itu dia sekilas ulasan terkait cara mengatasi bibir hitam yang bisa kamupertimbangkan dalam perawatan. Jika Cantik tidak sabar merasakan manfaatnya untuk mencerahkan warna bibir kembali. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan rekomendasi skincare untuk bibir hitam lebih mudah dengan harga yang bersahabat pula! Ga percaya? Cek saja disini sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *