tutorial skincare azarine jadwal eksfoliasi wajah cara pakai retinol untuk pemula cara ganti skincare baru cara double cleansing rekomendasi first cleanser kandungan skincare yang ga boleh dicampur bersamaan urutan skincare routine acne prone skin Perbedaan moisturizer dan face oil

Aturan Cara Pakai Retinol Untuk Pemula! Wajib Tahu!

Bira kulit wajah ga makin bermasalah. Begini cara pakai retinol untuk pemula yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Penasaran seperti aturan apa saja yang perlu kamu perhatikan? Selengkapnya temukan jawabannya di ulasan berikut ini

cara pakai retinol untuk pemula

Akhir akhir ini, trend skincare retinol memang tengah ramai digandrungi banyak orang. Bener ga? Bahkan saking hypenya, keberadaan retinol sendiri banyak sekali jadi perbincangan di berbagai forum kecantikan. Ga heran jika kini, banyak sekali produk yang menambahkan formulasi retinol dalam formulasi kandungannya. Apakah kamu juga salah satu penggemarnya? 

Hanya saja, meski manfaat retinol diklaim bisa mengatasi permasalahan wajah jauh lebih cepat. Ga dipungkiri, penggunaan retinol dalam perawatan memang cukup tricky. Karena salah salah, penggunaan retinol yang sembarangan  bisa bikin kondisi kulit jadi makin bermasalah. Namun ga perlu khawatir, buat kamu yang ingin mencoba kandungan retinol lebih aman. Berikut cara pakai retinol untuk pemula yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah!

 

Pastikan kondisi kulit memang sudah membutuhkan retinol

Cara pakai retinol untuk pemula pertama, tidak lepas dari pertimbangan apakah kulitmu membutuhkan retinol.atau tidak. Fyi,  secara general, pemakaian retinol lebih direkomendasikan untuk digunakan pada umur 25 tahun keatas untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dark spot dan dibeberapa kasus juga retinol dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Namun jika usiamu belum genap 25 tahun, tapi sudah muncul tanda tanda penuaan dini. Sudah tentu penggunaan retinol menjadi bahan wajib yang nga boleh dilewatkan. Sebagai upaya agar permasalahan tanda penuanaan  cepat terselesaikan Cantik!

Nah Biar semakin yakin cocok tidaknya kandungan retinol ke kulit. idealnya kamu bisa melakukan test patch terlebih dulu sebelum menggunakan skincare dengan kandungan retinol. Caranya cukup mudah kok. Pertama pastikan  dahulu kondisi tangan bersih, kedua oleskan skincare retinol ke bagian belakang telinga. Dan kemudian tutup area yang ingin diuji coba dengan plester. Diamkan selama 24 jam, baru setelahnya kamu bisa melihat seperti apa reaksi kulit terhadap kandungan skincare baru. 

 

Gunakan produk retinol secara perlahan dan bertahap

Sebenarnya cara pakai retinol untuk pemula cukup mudah dipraktekkan kok. Buat kamu yang belum pernah mencobanya. Pertama tama  gunakan secara perlahan sambil memperhatikan reaksi yang terjadi pada kulit. Jika efeknya terlihat aman dan bekerja baik dikulit, dapat menambahkan frekuensinya secara bertahap, yang penting tidak diawali dengan pemakaian setiap hari.

Sekedar informasi, produk retinol yang memiliki banyak bentuknya, seperti cream, toner dan serum. Bagi pemula disarankan tidak sekaligus menggunakan semua produk tersebut. Sehingga kamu bisa Gunakan satu persatu dan bertahap dahulu. Seperti diawali dengan moisturizer yang mengandung retinol untuk beberapa hari lalu ditambahkan pemakaian toner retinol begitu pula seterusnya.

Dan yang tak kalah penting. Sebaiknya cara pakai retinol untuk pemula,  dimulai dengan konsentrasi dosis retinol yang renda.  Sebagai tanda pengenalan bagi kulit terhadap zat yang merupakan turunan vitamin A. Selanjutnya kembali perhatikan reaksinya, jika bersangsur angsur kondisi kulit semakin membaik. Tentu saja kamu boleh menggunakan kadar retinol yang lebih tinggi lagi sesuai kebutuhan. 

Baca juga : Avoskin Retinol Ampoule vs Somethinc Level 1% Retinol Serum

 

Imbangi dengan pemakaian produk bersifat moisturizing

Saat menggunakan retinol, terutama bagi pemula yang baru pertama kali akan wajar kalau kulit terasa lebih kering dari biasanya. Jadi, diperlukannya moisturizer sebelum pemakaian untuk meminimalkan terjadinya iritasi.Salah satu cara pakai retinol untuk pemula yang dapat digunakan yaitu ‘Sandwich method’. Atau yang sering dikenal sebagai Proses me-layer retinol di tengah-tengah penggunaan moisturizer.Berikut cara pakai retinol untuk pemula yang bisa kamu aplikasikan

  • Moisturizer dilapisan pertama, sebagai pelindung untuk memperlambat penyerapan retinol sehingga kemungkinan mengiritasi semakin rendah.
  • Lapisan kedua olesi dengan skincare yang mengandung retinol.
  • Ditutup dengan moisturizer dilapisan ke tiga untuk meminimalkan kulit akan semakin kering.

 

Penting untuk selalu menggunakan sunscreen

Sunscreen merupakan salah satu dari tahapan cara pakai retinol untuk pemula yang tak boleh dilewatkan. Terlebih jika Cantik menggunakannya saat pagi hari. Sebagai antisipasi, agar kulit yang sedang beradaptasi dengan retinol tidak mengalami sensitifitas atau iritasi. Akibat berkenaan langsung dengan paparan sinar matahari.Oleh karenanya,  Hal itu juga menjadi salah satu alasan agar retinol digunakan dimalam hari dan pada saat pagi hari wajib menggunakan sunscreen sebagai perlindungan dari sinar UVA UVB untuk mencegah terjadinya iritasi.

QnA Cara pakai retinol untuk pemula

Berikut sederet pertanyaan yang masih berhubungan dengan cara pakai retinol untuk pemula, yang tak kalah penting untuk diperhatikan. 

cara pakai retinol untuk pemula  cara ganti skincare baru kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan urutan skincare routine acne prone skin Perbedaan moisturizer dan face oil Pentingnya Penggunaan Toner dan Moisturizer Setiap Hari!

Berapa lama hasil retinol bekerja?

Berdasarkan keterangan dari sejumlah ahli dermatologi. Idealnya kinerja retinol memakan waktu setidaknya 3 hingga 6 bulan, untuk melihat seberapa besar pengaruhnya bagi perubahan kondisi kulit wajah. Bukan waktu yang sebentar memang. Namun jika Cantik rutin menggunakan kandungan retinol dalam perawatan secara berkala. Percaya deh tidak semua akan glowing pada waktunya. Kuncinya cuman sabar dan konsisten. 

 

Bolehkah pakai retinol setiap malam?

Sama seperti bahan aktif lainnya, sebaiknya jangan menggunakan skincare yang mengandung retinol terlalu sering. Jika Cantik tidak ingin kulit jadi makin bermasalah. Akibat menerima konsentrasi retinol tinggi. Sehingga ga heran jika dampaknya justru rentan membuat kulit iritas, makin sensitif, muncul jerawat atau bruntusan yang membuat kodisi wajah makin ga karuan. 

Baca juga : Pratista Retinol Serum Review: Retinol Ramah Buat Pemula!

 

Berapa kali pakai retinol untuk pemula?

Bicara soal pemakaiaanya. Idealnya penggunaan retinol cukup diaplikasikan setidaknya 2 – 3 kali selama seminggu saja. Untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal. Hanya saja jangan lupa, setelah menggunakan retinol pastikan aplikasikan pelembab juga ya Cantik. Supaya kulit lebih calam down dan terhidrasi setelah kulit di eksfoliasi. 

 

Retinol tidak boleh digabung dengan apa saja?

Biar kondisi kulit ga makin bermasalah. Sebaiknya hindari penggabungan retinol dengan kandungan berikut ini !

AHA BHA + Retinol

AHA BHA dan Retinol merupakan kandungan skincare yang ga boleh dicampur bersamaan. Mengingat secara fungsi, peran keduanya sama – sama dikenal sebagai zat aktif yang penting dalam eksfoliasi kulit, melawan tanda – tanda penuaan serta mempercepat regenerasi kulit. Sehingga bukan tidak mungkin, penggunaan keduanya secara bersamaan akan rentan mengakibatkan over eksfoliasi. Yang akibat bisa membuat kulit akan rentan mengalami iritasi , mengelupas dan kemerah merahan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari penggunaan kedua kandungan tersebut secara bersamaan ya Cantik !

 

Vitamin C + Retinol

Vitamin C sangat terkenal sebagai antioksidan tinggi, yang bisa menangkal bahaya radiasi sinar matahari. Sementara retinol kebalikannya,  zat aktif satu ini tidak lain dari turunan vitamin A yang sangat sensitif dengan sinar matahari. Nah mengingat perpaduan zat yang saling bertolak belakang. Tentu nga salah jika keduanya masuk dalam deretan kandungan skincare yang ga boleh dicampur. Karena kombinasi keduanya disinyalir, beresiko menyebabkan kulit menjadi iritasi dan lebih sensitif. Kalaupun Cantik membutuhkan keduanya untuk perawatan, Sebaiknya gunakan kandungan tersebut dalam waktu yang terpisah. Vitamin C di pagi dan siang hari. Sementara untuk retinol digunakan di malam hari.

Nah itu dia sekilas ulasan terkait cara pakai retinol untuk pemula yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Mudah bukan? Nah jika saat ini Cantik ingin segera merasakan manfaat retinol untuk mengatasi masalah kulit wajah. Kabar baiknya disini, kamu bisa mendapat berbagai jenis produk dengan kandungan retinol yang bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah disini! 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email