Cleansing Balm vs Micellar Water

Cleansing Balm vs Micellar Water, Lebih Bagus yang Mana, Ya?

Cleansing atau pembersih emang jadi salah satu hal yang sangat penting dalam dunia per-skincare an. Nggak cuma sebagai pembersih, tapi cleansing juga sebagai salah satu step awal sekaligus step pertama untuk membuka pori-pori agar produk lain yang ingin digunakan dapat dengan optimal bekerja di kulit. Tapi belakangan karena banyak jenis sekali produk-produk cleansing yang bertebaran, jadi bingung kan pilih jenis cleansing yang manas. Yuk simak ulasan Cleansing Balm vs Micellar Water, lebih bagus yang mana, ya? disini!

artikel cleansing 2

Cleansing Balm dan Micellar Water belakangan memang sering jadi bahan gibahan para beauty enthusiast yang lagi galau ‘enaknya pakai cleanser yang mana ya yang cocok buat wajah ku?’. Selain itu, masih ada banyak yang bingung antara Cleansing Balm, Cleansing Oil, Milk Cleanser dan Micellar Water. Padahal sebenarnya sama saja kok, hanya saja berbeda fungsi dan keutamaan.

Cleansing Balm vs Micellar Water

Cleansing Balm

artikel cleansing

Kurang lebih pada tahun 2019, mulai ramai di salah satu menfess kecantik paling santer dan viral di Twitter banyak banget yang ngebahas, nanya dan review soal cleansing balm. Cleansing balm atau pembersih ‘balsem’. ‘Hah? Kok balsem dijadiin pembersih sih, min?’ Bukan balsem ya, Cantik. Jadi, cleansing balm adalah sejenis pembersih yang memang dipergunakan untuk deep cleansing dan sangat disarankan untuk pemilik kulit kering dan sensitif. Cleansing balm sebenarnya merupakan cleansing oil yang diproses dengan dipadatkan dan dapat secara ampuh membersihkan makeup waterproof sekalipun.

Tekstur

artikel cleansing 5

Untuk tekstur si cleansing balm sendiri, ia berbeda seperti cleansing pada umum nya. Karena berbahan dasar dari cleansing oil yang dipadatkan, jadi tekstur nya benar-benar berbentuk cream padat yang lembut dan berubah menjadi oily ketika diaplikasikan dan di blend ke wajah. Karena memiliki kandungan petroleum jelly, dia akan memberikan efek yang lembab saat digunakan maupun setelah dibilas. Mangkanya nih Cantik alasannya cleansing balm lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit kering sensitif.

Manfaat

artikel cleansing 3 review bukalapak

sumber : Review Bukalapak

Manfaat dari si cleansing balm sendiri memang sama seperti cleansing pada umumnya. Ia dapat membersihkan makeup yang full dan berat sekalipun meskipun mungkin perlu beberapa kali penggunaan. Tapi, kalau kamu pakai membersihkan wajah untuk daily, dia bakal sangat cocok banget. Manfaat utama nya, tentu saja sebagai first cleanser yang mengangkat kotoran hingga ke pori-pori. Terus nih, efek setelahnya setelah si produk diangkat dan dibilas pakai facial wash, bakal keliatan lembab banget.

Karena si cleansing satu ini berasal dari cleansing oil yang dipadatkan, dia juga sangat ampuh membersihkan makeup waterproof, mantap gak tuh! Selain memang memberikan efek kelembaban, bagi pemilik jenis kulit kering sensitif, dia juga dapat membantu menjaga kelembaban untuk kulit kamu meskipun setelah menggunakan facial wash sekalipun.

Kelebihan dan Kekurangan Cleansing Balm

artikel cleansing 6

Untuk kelebihan dari si Cleansing Balm, ia ampuh menghilangkan makeup meskipun waterproof dan lagi full makeup nih, Cantik. Selain itu, karna memang diperuntukkan untuk kulit kering, jadi akan sangat baik dalam melembabkan setelah menggunakan nya dan nggak akan bikin kulit kamu jadi makin kering. Namun, untuk Cantik yang memiliki jenis kulit berminyak ataupun normal dan acne prone sekalipun juga dapat kok menggunakan cleansing balm. Hanya saja, untuk pemilik kulit berminyak, kamu harus lebih berhati-hati karena akan lebih berminyak ketika diaplikasikan di wajah karena memang cleansing balm berbahan dasar oil.

Untuk kekurangannya, cleansing balm dapat cepat menjadi kering jika dibiarkan terlalu lama dibiarkan terbuka, jadi ada baiknya, Cantik segera menutup tutup jar setelah mengambil si produk, ya. Selain itu, karena bahan dasarnya yang berasal dari oil, ia sedikit susah untuk dibersihkan setelah digunakan, itulah mengapa mincan tidak merekomendasikan pemilik jenis kulit berminyak menggunakan cleansing balm.

Cara pakai cleansing balm

artikel cleansing 13

Di artikel Cleansing Balm vs Micellar Water kali ini, mincan akan singgung dan paparkan cara pakai cleansing balm tuh kayak gimana, sih. Ketika kamu ingin membersihkan wajah, ambil si produk menggunakan spatula kemudian segera tutup kembali jar agar cleansing balm tidak cepat kering. Kemudian, aplikasikan di wajah yang ingin dibersihkan, usap dan blend hingga makeup ataupun wajah yang kotor dirasa dapat terangkat dan dirasa cukup. Setelahnya bersihkan menggunakan cotton pads atau kapas, bisa juga agar bersih dengan cepat gunakan kain yang sudah basah dengan air hangat dan usap hingga cleansing balm terangkat dengan baik dan bersih, lalu setelahnya cuci muka menggunakan facial wash seperti yang Cantik pakai, ya. Mudah kan pakai cleansing balm?

Baca juga : Manfaat Micellar Water Garnier & Ragam Varian Terlengkap!

 

Micellar Water

artikel cleansing 9 herworld indonesia

Sumber : herworld Indonesia

Salah satu cleansing yang memang banyak banget digunakan oleh hampir semua kalangan dan bahkan banyak banget varian nya yang memang disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit, micellar water memang jadi cleansing paling top. Selain praktis dan mudah, ia juga ampuh dapat membersihkan wajah dengan bersih dan cepat. Selain itu, dengan harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan jadi salah satu keunggulan si micellar water.

Pasti beberapa juga banyak yang belum mengetahui dengan detail, apakah itu micellar water? Micellar water sendiri merupakan air micelles yang memiliki partikel minyak dengan ukuran mikroskopis yang disatukan dengan menggunakan air. Belakangan ketika micellar water menjadi andalan banyak kalangan dalam membersihkan wajah dari kotoran dan makeup, beberapa brand mengeluarkan varian-varian produk yang memang dikhususkan untuk pemilik jenis kulit yang berbeda-beda bahkan micellar water oily pun yang memang dirancang untuk membersihkan makeup waterproof dengan cepat sekalipun juga mulai bertebaran. Tentu saja micellar water sangat cocok digunakan untuk semua pemilik jenis kulit, kok.
Tekstur

Cleansing Balm vs Micellar Water pada tekstur si micellar water, dia berbahan cair seperti air dan sama seperti micellar water pada umumnya. Si cleansing yang termasuk ke dalam pembersih yang gentle ini dalam membersihkan makeup juga sebagian variannya memiliki campuran oily yang biasanya dikhususkan untuk membersihkan makeup yang sangat waterproof.

Manfaat

artikel cleansing 6

Setiap produk kecantikan yang diluncurkan pasti memiliki segudang manfaat yang dapat memberikan hasil optimal bagi pemakainya. Pada Cleansing Balm vs Micellar Water kali ini, si micellar water juga punya segudang manfaat loh, Cantik.

Dapat menghidrasi kulit

Si micellar water ini dapat menghidrasi kulit dengan baik setelah menghapus makeup loh, Cantik. Karena biasanya, pada micellar water terdapat kandungan senyawa gliserin yang telah teruji dapat menjaga kelembaban kulit dengan efektif.

Mencegah jerawat

Telah teruji dapat mencegah jerawat, si micellar water ini memiliki alasan mengapa demikian. Karena ketika Cantik rajin membersihkan wajah dengan micellar water sebagai step pertama dalam rangkaian membersihkan wajah, makeup dan kotoran yang menumpuk setelah seharian beraktifitas dapat terangkat dengan baik menggunakan micellar water, mangkanya micellar water sangat bermanfaat dalam mengangkat kotoran dan menghapus makeup.

Tidak mengiritasi kulit

Micellar water teruji tidak membuat kulit iritasi karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya seperti alkohol jahat, pewangi dan paraben. Mungkin di sebagian produk masih ada yang menggunakan alkohol dan fragrance, tapi Cantik bisa menyiasatinya dengan membaca ingredients apa saja yang tercantum di produk tersebut, ya.

Kekurangan dan kelebihan Micellar Water

artikel cleansing 10

Cleansing Balm vs Micellar Water, sama seperti si cleansing balm, micellar water juga pasti memiliki kurang dan lebihnya. Kekurangan dari si micellar water adalah pada beberapa produk, ia tidak friendly untuk pemilik jenis kulit acne prone, bisa jadi karena masih terdapat kandungan-kandungan yang memang tidak baik bagi pemilik jenis kulit acne prone.

Kelebihan si micellar water ini adalah kemasannya dan penggunaan nya yang praktis, dimana kamu bisa membersihkan wajah dengan cepat. Selain itu, setelah penggunaan micellar water, wajah akan terlihat lebih sehat dan lembab. Pada beberapa produk micellar water, ada yang memberikan kesan glow health setelah pemakaian.

Cara pakai Micellar Water

artikel cleansing 11

Untuk cara penggunaan nya sangat praktis dan mudah loh, kamu tinggal menuangkan si micellar water ke kapas hingga cukup basah, kemudian usap ke wajah hingga kotoran dan makeup kamu hilang. Belakangan, beberapa brand mengeluarkan micellar water yang khusus untuk membersihkan makeup mata dan bibir yang waterproof. So easy kan, Cantik?

Baca juga : Cara Menggunakan Micellar Water Emina yang Benar!

Terus, bagusan mana dong mincan antara Cleansing Balm dan Micellar Water?

Cleansing Balm vs Micellar Water, lebih bagus yang mana, ya? Berdasarkan riset Mincan, menurut mincan baik cleansing balm maupun micellar water juga sama-sama bagusnya, kok! Hanya saja, untuk keduanya memang memiliki manfaat yang ditujukan untuk pengguna yang berbeda. Cleansing Balm memang dapat digunakan untuk semua jenis kulit, hanya saja akan lebih optimal jika digunakan untuk pemilik kulit kering sensitif, sedangkan micellar water dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

So, udah berakhir juga ulasan kali ini, itu dia ulasan Cleansing Balm vs Micellar Water, lebih bagus mana ya.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
telah membeli
45 menit lalu