Daftar Bahan Berbahaya Skincare Penyebab Kulit Gosong dan Rusak Parah!

Ternyata gak cuma make up dan makanan aja ya yang ada bahan berbahaya nya, kira-kira apa aja ya daftar bahan berbahaya skincare penyebab kulit gosong dan rusak parah? Yuk, simak ulasan lengkap nya sekarang disini!

artikel daftar bahan berbahaya skincare di website Sudut Cantik 2

Bahan berbahaya adalah suatu zat yang memiliki kandungan tidak wajar yang akan berefek buruk pada kulit dalam jangka waktu panjang. Beberapa bahan berbahaya ini tidak hanya ditemukan pada suatu makanan, tapi juga pada kosmetik yaitu make up dan skincare. Belakangan ini, marak banget di media sosial kandungan pemutih untuk badan dan wajah yang dijual los atau dijual timbangan yang mengklaim bahwa dapat memutihkan kulit dan membuat jerawat cepat hempas. In this era, siapa sih yang nggak mau punya kulit putih ala cewek-cewek barat dan korea. Lebih miris nya lagi, kosmetik dengan kandungan berbahaya tanpa izin edar dari BPOM ini banyak dijual bebas di e-commerce.

Maka dari itu, penting banget dari kita semua untuk mengetahui lebih jauh tentang kosmetik yang berbahan berbahaya efek nya apa saja dan apa saja sih kandungan-kandungan berbahaya itu. Yuk simak disini!

 

Membuat kulit menjadi gosong dan rusak

artikel daftar bahan berbahaya skincare di website Sudut Cantik

Belakangan, ada salah satu video dari seorang perempuan yang viral di salah satu platform media sosial yang menceritakan terkait penyebab wajahnya gosong yang berawal dari beberapa titik flek di wajah. Berawal dari mulai lepas krim wajah yang beliau beli di salah satu e-commerce. Awal mulanya, muncul flek setitik, kemudian lama-lama melebar dan membuat seluruh wajah menjadi hitam kemerahan. Ternyata, cream wajah yang setiap hari nya digunakan terdapat kandungan pemutih atau merkuri dalam jumlah yang melewati batas dari yang seharusnya diperbolehkan. Walaupun merkuri, sebenarnya adalah kandungan yang sudah tidak boleh lagi digunakan untuk bahan membuat skincare ataupun make up.

 

 

Menyebabkan terjadinya penyakit kanker kulit

artikel daftar bahan berbahaya skincare di website Sudut Cantik 3

Tidak hanya membuat kulit menjadi hitam kemerahan, efek pemakaian merkuri yang paling bahaya ialah dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker kulit. Kanker kulit yang berasal dari pemakaian merkuri yang terus menerus dapat menyebar ke seluruh tubuh.

 

 

 

Baca juga : Kandungan Skincare Yang Ga Boleh Dicampur! Pemula Wajib Tahu!

 

 

 

Menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan ginjal

artikel daftar bahan berbahaya skincare di website Sudut Cantik 5

Efek samping lain yang terjadi akibat pemakaian bahan berbahaya kosmetik pada skincare salah satunya ialah menipisnya lapisan jaringan atas kulit dan membuat sistem saraf serta ginjal juga jadi terganggu. Mungkin, sebagian orang akan berpikir bahwa merkuri yang tidak dikonsumsi tidak mungkin akan membuat gangguan ginjal. Namun, faktanya, gangguan ginjal yang diakibatkan oleh paparan merkuri adalah, apabila merkuri atau bahan berbahaya lain digunakan dalam jumlah yang tinggi, ia akan meresap dan menyebar ke seluruh kulit hingga ke saraf dan organ dalam tubuh.

 

 

Dapat mengganggu janin dan psikologis

artikel daftar bahan berbahaya skincare di website Sudut Cantik 4

Berdasarkan penelitian WHO, merkuri yang digunakan dalam jumlah tinggi dan terus menerus, dapat menghambat pertumbuhan janin serta akan sangat bahaya bagi si janin yang berakibat pada gangguan otak dan saraf bayi. Tidak hanya untuk janin, gangguan psikologis akibat merkuri juga bisa terjadi, loh Cantik. Gangguan psikologis akibat merkuri yang terjadi diantaranya ialah gugup dan tremor, lekas marah, depresi, dan gampang kelelahan.

 

Selain penyebab penggunaan bahan berbahaya skincare terutama merkuri, Cantik juga harus waspada ya bagaimana sih cara melindungi diri dari bahan-bahan berbahaya pada kosmetik.

 

Cek ingredients produk

artikel daftar bahan berbahaya skincare di website Sudut Cantik 6

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengecek ingredients produk dari suatu kosmetik make up maupun skincare sebelum membeli nya. Produk kosmetik selalu memberikan keterangan apa saja daftar kandungan yang digunakan kosmetik tersebut. Apakah ada daftar bahan berbahaya atau tidak di dalam nya. Kalau di label kemasan terdapat keterangan kandungan mercuric atau mercurio, calomel, dan mercurous chloride jangan beli produk tersebut karena sudah dipastikan terdapat kandungan berbahaya terutama kandungan merkuri.

 

 

Cek Nomor BPOM produk

artikel daftar bahan berbahaya skincare di website Sudut Cantik 7

Di Indonesia produk-produk kosmetik dan makanan harus didaftarkan dulu ke BPOM agar kandungan-kandungan di dalam nya dapat diuji apakah ada kandungan berbahaya atau tidak sebelum dijual luas ke masyarakat. Biasanya, jika produk tersebut lolos uji BPOM, maka akan muncul barcode QR atau nomor BPOM yang tertera pada kemasan produk. Nah, kalau Cantik gak menemukan nomor BPOM atau barcode tersebut sudah dipastikan produk tersebut palsu atau mengandung bahan-bahan berbahaya. Selain itu, Cantik juga harus waspada karna ada beberapa barcode atau nomor BPOM yang apabila di cek tidak memunculkan keterangan di BPOM, jangan beli atau gunakan produk tersebut, ya.

 

Daftar Bahan Berbahaya Skincare

Karna zaman yang semakin canggih, informasi terkait bahan-bahan berbahaya pada kosmetik terutama pada skincare pasti juga semakin tersebar luas. Selain itu, edukasi tentang bahaya nya paparan kandungan tersebut apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Namun, kembali lagi, pasti banyak juga beberapa individu yang menelan mentah-mentah informasi salah yang beredar dan termakan oleh iklan pemutih kulit yang dapat membantu memutihkan kulit secara cepat. Nah, ini dia daftar bahan berbahaya skincare, yuk disimak!

Paraben

Mungkin sebagian banyak dari Cantik, udah pada tau dong kandungan berbahaya yang satu ini karna sering banget dibahas nih. Paraben sendiri adalah kandungan zat pengawet yang digunakan pada skincare dan make up agar produk tersebut dapat bertahan lama dari masa tanggal kadaluarsa yang seharusnya. Paraben memiliki cara kerja mencegah timbulnya bakteri, jamur dan ragi pada makanan. Paraben sering kali paling banyak ditemukan pada produk-produk sabun hingga lotion. Efek buruk yang terjadi akibat paparan paraben adalah dapat menyebabkan kanker karena terjadinya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh apabila paraben terserap dan masuk ke dalam tubuh.

 

 

Hydroquinone

Daftar bahan berbahaya skincare selanjutnya adalah Hydroquinone atau kandungan yang biasa ditemukan dalam produk pencerah kulit. Efek samping yang dialami ketika menggunakan kandungan ini secara berlebihan dalam jangka waktu panjang adalah timbulnya bercak seperti flek berwarna hitam kebiruan yang lama kelamaan akan melebar dan membuat kulit seperti gosong terbakar. Karena kandungan berbahaya ini, apabila digunakan lebih dari yang seharusnya yaitu konsentrasi nya tidak lebih dari 2% dan digunakan berlebihan, maka kandungan ini bisa mengurangi jumlah melanosit yang memproduksi sel melanin dalam tubuh.

 

 

 

Baca juga : Lipstik Bisa Bikin Bibir Hitam? Apa Aja Penyebab Sebenarnya?

 

 

 

Timbal

Nah daftar bahan berbahaya skincare kali ini adalah Timbal. Timbal adalah salah satu bahan logam beracun yang apabila sampai masuk ke tubuh akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pada beberapa kali, timbal ini ketahuan sempat terdapat dalam bahan bahan make up lipstik. Akibatnya pada tubuh apabila timbal sampai digunakan adalah menyebabkan kerusakan ginjal karna keracunan timbal. Untuk ibu hamil paparan timbal dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur dan berat badan bayi yang tidak normal.

 

Phthalates

Daftar bahan berbahaya skincare kali ini ada dari Phthalates yaitu bahan kimia yang terdiri dari suatu bahan kimia diethyl phthalate (DEP), dimethyl phthalate (DMP) dan dibutylphthalate (DBP). Kandungan-kandungan ini sebenarnya sering ditemukan di pada cat kuku untuk pewarnaan kutek. Tidak hanya kutek, bahan-bahan tersebut juga kadang ditemukan pada shampo, parfum, sabun, lotion dan hair spray. Tidak dijelaskan lebih detail apa saja efek samping nya. Namun, ada baiknya kita hindari, kan.

Merkuri

Last but not least, merkuri jadi daftar bahan berbahaya skincare selanjutnya. Merkuri adalah salah satu bahan kimia yang biasa digunakan sebagai zat pemutih. Biasanya merkuri berbentuk atau berupa cream berwarna kuning seperti mentega. Merkuri umumnya biasa dijual dan dijadikan cream wajah dengan iming-iming membuat kulit menjadi cepat putih dan mulus. Padahal, merkuri yang digunakan dalam jumlah berlebih sangat berbahaya untuk kulit dan organ tubuh. Selain membuat kulit menjadi gosong dan rusak akibat flek yang melebar. Merkuri yang digunakan untuk kulit badan juga dapat menyebabkan stretch mark berwarna merah kegelapan. Tidak hanya untuk kulit, merkuri yang digunakan terus menerus dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Yuk, jangan tergoda cream-cream pemutih wajah yang dijual sembarangan di e-commerce, yah!

 

 

Finally, itu dia ulasan lengkap daftar bahan berbahaya skincare penyebab kulit gosong dan rusak parah. Untuk itu ada baiknya selalu cek ingredients pada kemasan produk yang akan kamu beli ya, Cantik. Tetap waspada dan jangan tergiur dengan hasil yang instan seperti cream pemutih wajah atau badan yang buat kulit jadi cepat putih dan mulus dalam hitungan hari. Kamu bisa dapatkan skincare original dan terpercaya cuma di Sudut Cantik Official, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *