Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak!

Biar jerawat bisa hempas lebih cepat dari wajah. Ini dia rekomendasi facial wash yang bisa kau coba dalam perawatan harian. Selengkapnya simak di ulasan berikut ini

rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak

Memilih produk perawatan khusus jerawat memang sedikit cukup tricky. Tak terkecuali saat menentukan pembersih wajah. Meski terkesan sepele, namun sekali lagi menentukan sabun wajah untuk kulit berjerawat ga boleh sembarangan lho ya! Masalahnya bukan saja pemborosan. Pemilihan facial wash yang tidak tepat juga rentan membuat kondisi jerawat makin parah lho Cantik! 

Namun kamu ga perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini MIncan bakal spill rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan harian. Hanya saja sebelum itu, ada baiknya Cantik mengetahui cara memilih facial wash dan tips penggunaanya terlebih dahulu agar hasil pemakaian benar benar bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Penasaran seperti apa? berikut informasi lengkapnya

 

Cara memilih facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak

facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak kandungan skincare untuk mengecilkan pori pori cara pakai cetaphil gentle skin cleanser cetaphil gentle skin cleanser manfaat cetaphil gentle skin cleanser cara pakai serum retinol scarlett manfaat cetaphil gentle skin cleanser manfaat sabun scarlett age delay cara mengecilkan pori pori wajah varian facial wash senka cara pakai avoskin miraculous refining tone Mencuci wajah
Sumber : Freepik

Pilih facial wash yang memiliki kadar pH yang rendah

Berdasarkan sejumlah penelitian, semakin tinggi kadar pH yang terdapat dalam facial wash. Maka semakin besar pula potensi kondisi kulit makin kering dan rentan pula berjerawat. Sehingga untuk memaksimalkan perawatan kulit berminyak dan berjerawat. Idealnya, kamu bisa memilih facial wash dengan kadar pH yang rendah setidaknya (4,5 – 6), agar kulit senantiasa tetap sehat dan terawat. Terkait informasi seputar pH sabun wajah, biasanya keterangan lengkapnya tercantung di kemasan masing – masing produk. 

 

Pastikan facial wash mengandung bahan aktif khusus jerawat

Tentunya biar jerawat bisa lebih cepat hempas dari wajah. Cantik juga harus memperhatikan kandungan – kandungan produk perawatan. Paling tidak, kamu harus memastikan ada tidaknya kandungan bahan aktif untuk mengatasi masalah jerawat. Karena itu syarat paling utama untuk mempercepat penyembuhan. 

Fyi, biasanya sabun wajah yang diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat dan berminyak tidak jauh jauh dari kandungan salicylic acid, benzoyl peroxide, tea tree oil, dana centella asiatica. Yang dikenal sebagai senyawa dengan kemampuan baik sebagai anti inflamasi sekaligus anti bakteri. Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah jerawat muncul kembali.

 

Pilih facial wash yang mengandung gentle surfaktan

Disamping memperhatikan bahan aktif sebagaimana yang disebutkan sebelumnya. Saat memilih facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak. Adabaiknya Cantik  juga mempertimbangkan sabun pembersih wajah yang mengandung surfaktan. Fyi, surfaktan merupakan senyawa yang berfungsi untuk memaksimalkan pengangkatan kotoran maupun minyak berlebih. Sehingga kulit pun bisa lebih bersih, sehat dan terhindar dari resiko munculnya berbagai masalah kulit lainnya. 

 

Hindari facial wash yang mengandung scrub dan bahan iritatif

Saat memilih facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak. Pastikan kandungan sabun wajah tidak membuat kondisi kulit makin bermasalah. Biar ga sampai salah pilih, sebisa mungkin hindari penggunaan sabun wajah yang dilengkapi kandungan eksfoliasi berupa scrub. Karena pemakaiannya rentan beresiko membuat kulit iritasi. Akibat gesekan kasar scrub yang mungkin saja melukai kulit berjerawat tanpa disadari.

Disamping itu, kamu juga bisa menghindari bahan bahan yang biasanya membuat kamu iritasi. Seperti bahan bahan wewangian (fragance) atau alkohol misalnya. Sebelum membeli, sebaiknya kamu cari tahu dulu apa saja kandungan skincare yang terkandung didalamnya. Agar hasil pemakaian facial wash tidak sia – sia dan bener benar terlihat perubahannya. 

 

Gunakan facial wash yang memiliki tekstur ringan dan lembut di kulit

Biar kondisi wajah berjerawat nga makin parah. Sudah tentu kamu harus menghindari facial wash yang membuat kondisi kulit makin kering . Apalagi jika efek sampingnya menyisakan rasa kesat ataupun ketarik saat diaplikasikan. Sebaliknya, kamu bisa mengganti pilihan dengan tekstur sabun wajah yang lebih gentle dan ringan di kulit. Disamping membuat nyaman, ga dipungkiri lagi tekstur sabun wajah yang demikian akan lebih cocok mempercepat penyembuhan kulit yang cenderung berjerawat. 

Baca juga: Cetaphil Gentle Skin Cleanser Ingredients: Aman Untuk Pemula?

 

Rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Yang paling penting, pilihlah facial wash yang nyaman di kulit. Karena bagaimanapun juga respon kulit tiap tiap orang bisa berbeda meski permasalahan kulitnya sama – sama berjerawat. Nah biar ga bingung berikut rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat yang bisa kamu coba. Diantaranya : 

 

Acnes

facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak varian acnes facial wash

Acnes merupakan rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak pertama yang bisa kamu coba dalam perawatan harian. Disamping teksturnya yang lembut dan menenangkan kulit. Uniknya, meski acnes memiliki berbagai 6 jenis facial wash yang kesemuanya produknya tetap diformulasikan dengan kandungan anti bakteri dan anti inflamasi. Sehingga efektif mengatasi masalah kulit berjerawat dari berbagai kondisi kulit wajah yang berbeda – beda. Apakah Cantik sudah pernah mencobanya? 

Baca juga:Varian Acnes Facial Wash dan Cara Memilihnya yang Tepat!

 

COSRX Salicylic Acid Gentle Cleanser

facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak skincare untuk jerawat COSRX-CLNSR-SALICYLIC-ACID150M-58620

Ga dipungkiri lagi, faktor utama munculnya jerawat adalah pori – pori yang tersumbat. Nah untuk mengatasinya penggunaan pembersih wajah sangat diperlukan. COSRX Salicylic Acid Gentle Cleanser sendiri mengandung salicylic acid atau asam salisilat yang di etraksi langsung dari daun winter (willow bark).sebagai bahan utama.  Kandungan tersebut sangat baik dalam membantu melawan jerawat dan mengurangi kadar minyak berlebih di wajah. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar produk yang mengandung asam salisilat cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan berjerawat. Selain salicylic acid, produk ini juga mengandung tea tree oil yang menenangkan, fungsinya tidak lain untuk mengekfloiasi agar sel sel kulit mati terangkat secara maksimal.

 

Somethinc Low Ph Gentle Jelly

facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak urutan pemakaian produk somethinc Cleanser Somethinc untuk Memperbaiki Skin Barrier

Untuk melengkapi perawatan harian. Sebagai rekomendasi tidak ada salahnya jika Cantik  mengenakan Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser sebagai facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat. Bukan tanpa alasan, Salah satu point yang buat Mincan jatuh hati banget sama cleanser ini adalah karena teksturnya yang lembut dan moist banget, cocok sama namanya yang membawa embel-embel ‘jelly’. Nggak hanya itu aja ya, dia juga nggak menghasilkan banyak busa jadi lebih aman untuk digunakan bagi para pemilik kulit dengan masalah jerawat dan cenderung sensitif.

Pada kebanyakan sabun, busa yang dihasilkan berasal dari bahan kimia yaitu surfaktan seperti sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate (SLS). Sebenarnya nggak semua facial wash berbusa membahayakan kulit, tapi apabila busa tersebut dihasilkan dari SLS, pastinya kesehatan kulit akan terancam. SLS yang memiliki reputasi buruk karena kemampuannya mengangkat minyak terlalu kuat sehingga menghilangkan minyak alami kulit. Jadi jika Cantik ingin masalah jerawat cepat teratasi, alangkah baiknya Cantik menghindari penggunaan product pembersih wajah yang terlalu berbusa ya!

Selain karena hal di atas, cleanser ini juga bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga nggak ada lagi tuh sensasi wajah kering dan ketarik sesaat setelah menggunakan Low pH Gentle Jelly Cleanser by Somethinc.

 

Tips memakai facial wash agar hasil maksimal

facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak cara pakai rojukiss serum mask cara pakai cetaphil gentle skin cleanser review cetaphil gentle cleanser cetaphil gentle skin cleanser manfaat cetaphil gentle skin cleanser cara pakai serum retinol scarlett
Sumber: Freepik.com

Gunakan secara rutin setiap hari

Idealnya kamu bisa menggunakan 1 – 2 kali dalam sehari. Pagi dan malam sebelum tidur untuk memaksimalkan perawatan Sebisa mungkin jangan over cleansing, untuk menghindarkan resiko iritasi atau masalah kulit lainnya jika penggunaanya terlalu berlebihan. 

 

Berikan pijatan ringan pada wajah

Biar hasil maksimal. Kamu juga bisa memberikan pijatan ringan terutama pada bagian T Zone. Kamu bisa memulai gerakannya dari bagian hidung diputar ke atas, lalu menuju pipi dan dagu kembali ke hidung lagi secara berulang. Selain bisa membuat kandungan skincare cepat menyerap ke pori – pori. Memijat wajah rupanya bisa meningkatkan mood dan membuat otot – otot  wajah yang tegang jadi lebih rileks lho ! Dan sudah pasti dengan melakukan pijatan setiap  kali cuci muka, wajahmu akan semakin bersih ! Setelah dipijat, kamu juga bisa diamkan wajah sejenak. Untuk memberi kesempatan agar kandungan meresap serta memastikan kalau tumpukan kotoran yang menempel pada wajah benar – benar terangkat.

 

Keringkan wajah dengan tissu/ handuk yang lembut

Setelah dibilas dengan air, kamu bisa mengeringkan wajah dengan handuk yang lembut. Cukup ditepuk pelan – pelan sampai kering ya. Sebisa mungkin hindari menggosok wajah dengan handuk terlalu keras. Karena rentan menyebabkan kulit iritasi.

Nah itu dia Cantik sekilas ulasan terkait rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak yang patut kamu coba. Jika saat ini kamu ingin segera mendapatkan manfaat dari rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak yang sudah disebutkan sebelumnya. Kabar baiknya disini kamu bisa lebih mudah mendapatkan sabun wajah khusus jerawat lebih mudah dengan harga yang lebih bersahabat pula. Ga percaya cek saja disini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *