5 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya Untuk Perawatan Kulit Wajah!

Mau tahu apa saja jenis jenis masker wajah dan fungsinya untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Penasaran apa saja variannya? Yuk cek jawabannya di ulasan berikut ini 

jenis masker wajah Masker Daisy untuk Menutrisi Kulitmu
Sumber: Freepik.com

Seperti yang Cantik tahu, manfaat masker wajah sangat bagus bagi kamu yang ingi kondisi kulit selalu sehat dan terawat. Bahkan lebih dari itu, menggunakan masker wajah juga bisa menjadi media healing diri yang simpel dan menyenangkan lho! Apalagi kalo sambil rebahan ataupun menikmati musik kesukaan. Bener ga? 

Mengingat manfaat masker sendiri yang luar biasa bagi kulit wajah. Dewasa ini ada banyak sekali jenis masker wajah yang bermunculan. Dan ga jarang membuat makin bingung mau pilih mana yang cocok untuk kondisi kulit wajah. Nah Biar perawatan lebih mudah, berikut jenis jenis masker wajah yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

 

Jenis jenis masker wajah dan fungsinya

Berikut jenis jenis masker wajah dan fungsinya yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan.  

 

Clay mask

Clay mask merupakan jenis masker wajah yang terbuat dari tanah liat alami yang memiliki fungsi baik dalam perawatan wajah. Khususnya bagi kamu pemilik kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Pasalnya tanah liat yang digunakan dalam clay mask, memiliki sifat drying agent. Sehingga sangat baik digunakan mengontrol produksi minyak berlebih,membersihkan kotoran secara lebih optimal tanpa membuat pori – pori wajah tersumbat. OLeh karenanya, bukan tidak mungkin penggunaan clay mask secara rutin dalam perawatan mingguan bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan komedo membandel. 

Untuk cara pemakaiannya sendiri, kamu bisa mengoleskan clay mask langsung ke wajah secara merata. Diamkan hingga mengering beberapa saat, dan kemudian bilas wajah sampai bersih.  Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, karena clay mask bisa berubah menjadi kering. sebaiknya hindari terlalu lama mendiamkan masker di wajah. Agar tidak membuat kondisi kulit makin kering. 

 

Rekomendasi Produk Clay Mask

  • Lea Gloria Clay Mask
  • Aconeskin Organic Mask 
  • Crushlicious Face Mask
  • Daisy Organic Mask 

Baca juga: Manfaat Masker Daisy Strawberry Hempaskan Kulit Kusam 

 

Gel Mask

Buat Cantik yang memiliki kulit kering cenderung sensitif atau yang sedang mengalami kemerahan, gatal – gatal hingga kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih. Sebagai rekomendasi jenis masker wajah gel mask bisa jadi pilihan perawatan yang tepat. Disamping mengandung kolagen dan antioksidan yang bagus untuk menghidrasi kulit wajah kering. Formulasi tekstur gel mask yang waterbase, juga memberikan efek yang lebih bisa menenangkan dan mendinginkan kulit wajah. 

Jika kamu ingin merasakan pemakaian gel mask yang memberikan sensasi yang menyenangkan. Kamu bisa banget menyimpan produk gel mask ke kulkas, agar membuat teksturnya lebih dingin dan membuat kulit jadi lebih calm down. Keuntungan lain, saat di aplikasikan ke wajah. Tekstur gel mask juga tidak lantas berubah menjadi mengering. Meskipun kamu mendiamkan masker terlalu lama tanpa disengaja. 

Bicara soal pemakaiannya, setelah memastikan wajah bersih dan lembab. Kamu bisa langsung mengoleskan gel mask ke seluruh bagian wajah. Untuk hasil yang maksimal, diamkan selama 5 – 10 menit. Diamkan sejenak agar kandungan nutrisi yang ada dalam  gel mask terserap sempurna ke dalam kulit wajah. Baru kemudian ketika dirasa cukup, kamu bisa membilasnya sampai bersih. 

 

Rekomendasi Produk Gel Mask

  • Scarlett Whitening Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
  • Whitelab Heartleaf Skin Purifying Gel Mask

 

Exfoliating mask

Sebagaimana produk yang berlabel exfoliating lainnya, jenis masker wajah satu ini juga berfokus untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan mempermudah pengangkatan sel sel kulit mati membandel. Dimana agen exfoliator tiap produk bisa berbeda – beda yang bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhan. 

Disamping menggunakan scrub, ada juga produk exfoliating mask yang memadukan  bahan aktif berupa AHA BHA dan PHA sebagai untuk membantu mempercepat pengelupasan sel sel kulit mati dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Jika digunakan secara berkala, bukan tidak mungkin khasiat jenis masker wajah satu ini bisa membuat kulit makin cerah, bebas noda hitam, kerutan, tekstur kulit gradakan dan tentunya bisa membuat tampilan kulit makin kencang dan terlihat awet muda. 

Hanya saja meski menyimpan manfaat luar biasa bagi kulit wajah, exfoliating mask sebaiknya tidak digunakan dalam frekuensi yang berlebihan. Apalagi dalam keseharian, Karena bagaimanapun juga zat exfoliator yang terkandung didalamnya rentan sekali membuat iritasi kulit. Terutama bagi kamu pemilik kulit yang cenderung sensitif.  Idealnya kamu bisa menggunakan manfaat exfoliating mask, setidaknya 2 – 3 kali dalam seminggu. 

 

Rekomendasi Produk Exfoliating mask

Emina 2in1 scrub mask

 

Sleeping mask

Sebagaimana namanya, sleeping mask merupakan jenis masker wajah yang diformulasikan untuk merawat kulit wajah semalaman di waktu tidur. Agar tampilan kulit bisa lebih segar dan flawless saat bangun pagi. Umumnya, produk sleeping mask dilengkapi tekstur yang yang ringan dan cukup  watery. Yang membuatnya mudah menyerap, mudah dibaurkan serta tidak menyisakan rasa lengket sama sekali. Sebaliknya didukung adanya kandungan emmolients dan oklusif serta kombinasi sejumlah vitamin maupun kolagen. Membuat manfaat sleeping mask ga hanya bagus untuk melembabkan kulit di malam hari saja. tapi juga efektif membantu mempercepat proses regenerasi sel sel kulit mati lebih mudah dan juga baik dalam menutrisi kulit hingga ke lapisan yang terdalam. 

Bicara soal pemakaiannya, sleeping mask biasanya digunakan sesaat sebelum tidur sebagai penutup serangkaian urutan skincare malam.Setelah cuci muka, kamu bisa mengoleskan sleeping mask ke area wajah hingga leher secara merata dan membawanya tidur tanpa perlu dibilas. Hanya saja idealnya sleeping mask tidak digunakan setiap hari. Karena diyakini rentan membuat kulit jadi lebih  bermasalah. Alih alih menggunakannya setiap hari. Kamu bisa banget mencoba menggunakannya 1 -2 kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan hasil perawatan wajah yang maksimal. 

 

Rekomendasi produk sleeping mask

  • Dorskin matcha glow dream 
  • Lacoco watermelon glow mask 
  • Herborist sleeping mask rose 

Baca juga: Review Dorskin Matcha: Cepat Atasi Jerawat Meradang?

 

Sheet Mask

Berbeda dengan jenis masker wajah sebelumnya. Sheet mask hadir dalam bentuk yang cukup unik berupa lembaran selulosa yang biasanya terbuat dari kertas atau pulmp kelapa. Bentuknya kurang lebih serupa tisu berserat dengan beberapa lubang, pada bagian  hidung mata dan mulut untuk memudahkan pemakaian. 

Didalam masing masing lembaran sheet mask, biasanya terkandung essence atau serum yang memiliki konsentrasi kuat untuk menutrisi dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah.  Semula ,manfaat sheet mask sendiri sangat cocok bagi kamu pemilik kulit kering ataupun kusam mengingat kemampuannya yang terbilang baik untuk menghidrasi sekaligus menenangkan kulit dalam waktu bersamaan. Namun kini sudah banyak formulasi sheet mask yang diklaim efektif untuk merawat semua jenis kulit dengan konsen masalah tertentu. Termasuk dalam penanganan jerawat dan kulit berminyak.

Cara penggunaan nya cukup mudah, pertama pastinya  kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memulai perawatan. Baru kemudian kamu bisa menempelkan produk sheet mask langsung ke kulit wajah. Diamkan selama 15–20 menit agar kandungannya dapat meresap ke dalam kulit. Baru setelah menggunakannya, biasanya ada sisa serum sheet mask yang tertinggal di kemasan. Daripada buang, kamu bisa banget mengoleskannya ke area wajah sehabis menggunakan sheet mask. Jika masih tersisa, kamu juga bisa menyimpannya di kulkas untuk digunakan sewaktu waktu untuk melembabkan kulit wajah. 

 

Rekomendasi Produk Sheet Mask

  • Rojukiss sheet mask 
  • Ariul sheet mask 
  • Mediheal sheet mask 
  • Madame Gie Essence Blanket 

Nah itu dia sekilas bahasan tentang jenis jenis masker wajah dan fungsinya yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. Jika Cantik sudah tidak sabar merasakan manfaat masker wajah yang Mincan spill sebelumnya. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan produknya lebih mudah dengan harga yang bersahabat pula. Ga percaya? cek saja disini sekarang! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version