Kesalahan Merawat Kulit Sensitif yang Patut Kamu Hindari!

Biar kulit sensitif ga makin rewel? Begini kesalahan merawat kulit sensitif yang patut dihindari! Selengkapnya, yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini! 

kesalahan merawat kulit sensitif makanan untuk kulit glowing rekomendasi sunscreen vitamin c kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan kesalahan pakai night cream wardah cara mengatasi komedo dan kusam dengan azarine blackhead remover mask
Sumber : Freepik

Sudah nga tahan dengan kondisi wajah super sensitif, sering kemarahan gatal gatal dan rasa tidak nyaman? Kalau sudah begitu tentu ga bisa dibiarkan ya Cantik! Meski ga dipungkiri perawatan kulit sensitif bukan perkara yang mudah. Karena salah salah bisa beresiko membuat kondisi kulit makin fatal. 

Tapi Cantik ga perlu khawatir, meski banyak hal yang beresiko membuat kondisi kulit makin sensitif. Sebaliknya, ada banyak cara juga yang bisa kamu coba untuk mengurangi resiko iritas kulit sensitif. Sepeertihalnya menghidari kesalahn kesalahan merawat kulit sensitif berikut ini yang mungkin saja masih luput perhatian tanpa sadar. Lengkapya, berikut dereta kesalahan merawat kulit sensitif yang perlu kamu hindari agar kulit senantiasa sehat dan ternutrisi. 

 

Sering gonta ganti produk skincare

Ga dipungkiri lagi, efek samping sering gonta ganti skincare memang kerapkali membuat kulit bermasalah, Terlebih bagi Cantik yang memiliki kulit sensitif. Karena bagaimanapun juga kesalahan merawat kulit sensitif satu ini sangat beresiko menganggu keseimbangan kulit dan akhirnya bisa membuat kulit sensitif makin tak terkendali. 

Kalau saran MIncan, daripada pemborosan buat gonta ganti skincare. Adabaiknya sebelum perawatan Cantik melakukan patch test terlebih dahulu untuk memastikan apakah bahan skincare yang kamu gunakan bisa ditoleransi kulit wajah atau tidak. Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Jika belum? Caranya mudah kok! Pertama pastikan kondisi kulit bersih terlebih dahulu. JIka sudah, baru kemudian kamu bisa mengoleskan sampel skincare ke area sensitif kulit. Bisa di area pergelangan tangan ataupun bagian belakang telinga. Selanjutnya, kamu tinggal tutup saja area tersebut dengan plester selama kurang lebih 24 jam. Bila dirasa sudah cukup, kamu bisa membuka dan melihat seperti apa reaksinya. Bila sejauh pemakaian tidak ada kemunculan iritasi sama sekali, itu tandanya skincare yang kamu gunakan memang cocok untuk kulit kamu Cantik!

 

Terlalu banyak memakai skincare

kesalahan merawat kulit sensitif ciri ciri skincare kadaluarsa

selain gonta ganti skincare, kebiasaan terlalu banyak memakai skincare juga menjadi kesalahan merawat kulit sensitif yang patu kamu hindari. Alih alih membuat kulit cepat glowup, pemakaian skincare yang berlebihan justru beresiko membuat kulit sensitif makin bemasalah. Karena bagaimanapun juga tetap ada kemunkinan ketidakcocokan menggunakan salah satu dari produk perawatan. Dan masalahnya Cantik akan sulit menemukan produk mana yang iritan dengan kulit wajah akibat pemakaian skincare yang terlalu banyak. 

Kalau saran MIncan sih ya, daripada bersihkeras pakai banyak skincare yang akhirnya hanya bikin kulit makin rewel. Mending kamu fokus pada perawatan wajah paling sederhana dengan pemakaian basic skincare dulu ya.  Mulai dari penggunaan sabun wajah yang gentle di kulit, moisturizer yang mengandung agent hydrating seperti ceramide maupun panthenol dan diakhiri dengan pemakaian sunscreen non alkohol yang bisa kamu coba untuk melengkapi perawatan kulit sensitif. 

 

Kesalahan memilih sunscreen

JIka sebelumnya Mincan menyarankan agar menghindari sunscreen yang mengandung alkohol. Sebenarnya masih ada beberaa pantangan terkait kesalahan merawat kulit sensitif soal pemilihan sunscreen yang mestinya kamu hindari sebelum membeli. Kalau menurut pakar kesehatan kulit, Tentunya selain menghindari alkohol dalam formulas sunscreen. Baiknya Cantik juga memastikan jika kandungan sunscreen yang kamu gunakan tidak mengandung wewangian, minyak, oxybenzone, octinoxate dan avobenzone. 

Pada kulit normal mungkin kandungan tersebut aman aman saja digunakan. Namun berbeda dengan kondisi kulit yang super sensitif. Menurut penelitian, bukan tidak mung efek samping pemakaiannya bisa membuat kulit jadi makin mudah iritasi, gatal, sensasi mudah terbakar dan menyengat yang membuat kulit wajah makin tidak nyaman. 

Baca juga : Trik Memilih Serum untuk Kulit Sensitif! Wajib Tahu!

 

Asal asalan membersihkan wajah

kesalahan merawat kulit sensitifsabun cuci muka whitelab Cara Pakai Scarlett Peeling So Good Aman untuk Kulit Sensitif cara pakai azarine peeling serum macam macam sabun muka hanasui kesalahan cara pakai sabun muka kahf sabun muka you untuk jerawat dan bruntusan perbedaan face wash hada labo gokujyun dan shirojyun cara pakai skincare somethinc glow maker toner cara pakai sheet mask bioaqua urutan pemakaian scarlett brightly ever after serum manfaat sabun scarlett age delay face wash hada labo untuk kulit kering Cara Pakai Cleora Beauty 3 Minutes Exfoliating Gel cara pakai sheet mask wardah lightening cara mengatasi jerawat mitos vs bekas jerawat cara memilih kandungan skincare skincare penghilang bekas jerawat serum scarlett penghilang bekas jerawat perbedaan face wash hada labo gokujyun dan shirojyun facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak kandungan skincare untuk mengecilkan pori pori cara pakai cetaphil gentle skin cleanser cetaphil gentle skin cleanser manfaat cetaphil gentle skin cleanser cara pakai serum retinol scarlett manfaat cetaphil gentle skin cleanser manfaat sabun scarlett age delay cara mengecilkan pori pori wajah varian facial wash senka cara pakai avoskin miraculous refining tone Mencuci wajah
Sumber : Freepik

Terlepas apapun jenis kulitnya, membersihkan wajah memang perkara yang paling penting untuk perawatan kulit agar senantisa sehat dan ternutrisi. Namun untuk kasus kulit sensitif, tentu Cantik juga perlu ekstra memastikan kondisi kulit senantiasa bersih. Karena selama masih ada tumpukan minyak maupun kotoran yang menyumbat pori pori. efek sampingnya tentu akan membuat kulit sensitif terulang lagi dan lagi

Bicara soal produk pembersih wajah, supaya terhindar dari kesaham merawat kulit sensitif.  Baiknya Cantik menggunakan formula pembersih wajah yang gentle di kulit. Sepertihalnya cleansing oil, cleansing balm ataupun micellar water yang bisa kamu jadikan first cleanser sebelum cuci muka. Baru kemudian melengkapi perawatan dengan facial wash untuk memaksimalkan pembersihan wajah. 

Dan yang tak kalah penting, sebaiknya Cantik juga hindari frekuensi membersihkan muka yang berlebihan. Idealnya cukup 2 kali sehari saja, saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Masalahnya jika lebih dari itu, kesalahan merawati kulit sensitif satu ini akan sangat rentan menyebabkan kulit kehilangan minyak alami. Menjadikan kondisinya makin kering dan rentan sensitif juga disaat yang bersamaan. 

 

Skip eksfoliasi wajah

Banyak yang masih mengira jika eksfoliasi jenis apapun harus dihindari bagi kamu pemilik kulit sensitif. Karena eksfoliasi dianggap sebagai kesalahan merawat kulit wajah yang perlu dihindari. Tapi kalau menurut MIncan sih, sebenarnya ini nga sepenuhnya salah dan nga sepenuhnya benar. Kenyataanya, manfaat eksfoliasi juga bagus lho untuk kulit sensitif. Terlebih untuk membersihkan tumpukan sel sel kulit mati yang ga bisa diangkat dengan sabun cuci muka biasa. 

Meski ga dipungkiri soal pemilihan produknya, Cantik juga harus hati hati dalam menemukan produk eksfoliasi yang tepat. Bagi kulit sensitif, idealnya kamu bisa menggunakan kadar bahan eksfoliator yang ringan dan paling rendah dulu dengan frekuensi pemakaian skincare yang cukup 1 kali dalam seminggu saja. Supaya kesalahan merawat kulit sensitif ga bisa terulang lagi. 

Baca juga : Skintific Panthenol Moisturizer Bisa Digabung dengan Apa Saja?

 

Kebiasaan terlalu sering menyentuh wajah

kesalahan merawat kulit sensitif skincare terbaik untuk jerawat kandungan skincare untuk kulit berjerawat skintific untuk mengilangkan bekas jerawat serum avoskin untuk kulit berjerawat madame gie ceramide untuk kulit berminyak dan bruntusan apakah sunacreen azarine bisa menghilangk bruntusan cara mengatasi jerawat Tips Cara Cek Alergi Menggunakan Skincare Baru yang Tepat!tasi skin barrier yang bermasalah bruntusan cara menghilangkan jerawat pasir terampuh
Sumber : Freepik

Seperti yang Cantik tahu, ketika kondisi kulit sensitif sedang rewel rewelnya. Terkadang rasa gatal bisa timbul kapan saja dan dimana saja. Dan parahnya, ketika sudah tidak bisa menahan rasa gatal yang amat menganggu. Terkadang tanpa sadar tangan bakal ikut ikutan bertindak, mulai dari mengelus ngelus hingga berakhir mengaruk ngaruk. Yang mungkin saja melegakan sementara, tapi efek sampingnya sangat rentan membuat kulit sensitif makin bermasalah. Kemerahan hingga luka lecet yang memperlambat penyembuhannya. So sebelum terlambat hindari kesalahan merawat kulit sensitif  satu ini ya!

 

Menghindari skincare dengan retinoid

Seperti yang Cantik tahu retinol memang memiliki manfaat luarbiasa bagi kulit. Senyawa yang merupkan turunan vitamin a ini memiliki kemampuan mempercepat regenerasi kulir yang menjadikan tampilan wajah lebih cerah, bebas kusam, dan terasa halus kencang saat diraba. Dan yang tak kalah penting khasiat retinoid sangat digandrungi sebagai perawatan anti aging yang bisa membuat kulit senantiasa awet muda. 

Hanya saja bagi Cantik yang mungkin nga cocok dengan kandungan retinoid. Sebisa mungkin jangan dipaksana. Karena pada akhirnya kesalahan merawat kulit sensitif satu ini akan menyembabkan keadaaan kulit makin parah. Kalau saran Mincan sih ya, jika Cantik ingin mendapatkan hasil perawat yang mirip retinoid tapi lebih ramah dan nga beresiko mengiritasi kult. Sebagai rekomendasi, kamu bisa kamu bisa mencoba menggunakan produk bakuchiol sebagai alternatif retinol yang bisa kamu coba dalam perawatan mingguan. 

Nah itu dia sekilas ulasan tentang kesalahan merawat kulit sensitif yang perlu banget kamu perhatikan. Buat Cantik yang saat ini mungkin sedang mencari skincare yang cocok untuk kulit sensitif. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan produknya lebih mudah dengan harga yang bersahabat pula! Ga percaya? cek saja disini sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *