Lipstik Bisa Bikin Bibir Hitam? Apa Aja Penyebab Sebenarnya?

Lipstik Bisa Bikin Bibir Hitam? Apa Aja Penyebab Sebenarnya?

Pasti beberapa dari kalian mengalami permasalahan bibir yang semakin lama semakin menggelap. Nggak pernah ngerokok tapi kok bisa jadi menghitam, kenapa ya? Tapi tau nggak sih Cantik, kalau penyebab bibir menghitam tuh bukan cuma karna perokok aktif, loh! Terus, kok bisa ya? Apa aja sih penyebab nya? Yuk, simak ulasan Lipstik Bisa Bikin Bibir Hitam? Apa Aja Penyebab Sebenarnya? Disini!

artikel lipstik 10

Bibir menghitam memang menjadi salah satu permasalahan yang sering banget dialami oleh sebagian orang terutama untuk kamu yang perempuan. Karena penampilan bibir yang menghitam ini akan bikin warna lipstik yang akan kamu kenakan jadi berbeda warna nya. Ekspektasi tentang warna lipstik yang cakep jadi bikin sedih karna nggak sesuai. Tapi pasti pernah dong kepikiran, ‘kenapa ya kok bibir bisa menghitam gini?’.

Penyebab Bibir Hitam

Sering menggigit atau menjilati bibir

artikel lipstik 9

Pasti hampir semua orang pernah ngelakuin salah satu hal ini, kan? Apalagi kalau dirasa bibir lagi kering banget. Padahal, menjilat atau menggigit bibir malah bisa memperparah keadaan bibir kering kamu loh, Cantik! Karena saat kondisi bibir yang kering inilah pigmen warna dapat menjadi semakin gelap jika kamu menggigit atau malah menjilati nya. So, don’t forget to scrub your lips ya, Cantik!

Tidak rajin mengeksfoliasi bibir

artikel lipstik

Jangan salah ya, Cantik, gak cuma wajah aja yang perlu di eksfoliasi, bibir juga sangat perlu. Karena, bibir juga perlu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kulit kering yang memang seharusnya diangkat dan dibersihkan. Kalau kamu kelupas, bahaya banget Cantik. Selain buat berdarah yang bisa jadi fatal kalau terlalu sering dikelupas secara paksa. Cukup eksfoliasi bibir 2-3 kali dalam seminggu, agar sel kulit mati terangkat dan bibir kamu bisa jauh lebih cerah, plump dan sehat. Selain itu, lipstik atau liptint yang kamu gunakan bisa terpoles dengan bagus di bibir kamu.

Baca juga : Emina Glossy Stain Review! Super Cantik & Murah Banget!

Tidak membersihkan bibir dengan baik dan benar

artikel lipstik 10

Banyak orang yang menyepelekan perihal membersihkan makeup. Padahal, membersihkan makeup adalah hal paling krusial dalam merawat kulit wajah. Ada juga sebagian orang yang tidak menghapus lipstik dengan benar ketika membersihkan wajah, menjadikan sisa-sisa lipstik di bibir masih menempel semalaman. Duh, fatal banget! Lipstik yang masih menempel seharian atau semalaman dan tidak dibersihkan dengan benar, bisa jadi salah satu faktor bibir menghitam loh, Cantik. Karena tidak memungkiri, lipstik yang baik dan terdaftar BPOM pun pasti memiliki kandungan kimia walau sedikit. Jadi, hal itu yang jadi penyebab bibir menghitam, Cantik. So, pastikan kamu sudah membersihkan seluruh makeup kamu dengan benar ya!

Perokok Aktif

artikel lipstik 11

Merokok juga jadi salah satu penyebab mengapa bibir menjadi hitam. Karena kandungan nikotin dalam rokok yang dapat membuat bibir menjadi hitam jika tidak dirawat dengan baik nih. Jadi, kalau kamu perokok aktif pastikan kamu juga merawat bibir kamu dengan baik, ya!

 

Terus nih, gimana ya caranya biar bibir bisa terlihat pink dan sehat kembali?

Membersihkan bibir dengan benar

artikel lipstik 10

Sebelum mencuci wajah, jangan lupa bersihkan makeup dulu terutama bagian bibir menggunakan micellar water atau pembersih khusus untuk mata dan dan bibir ya, Cantik. Apalagi kalau kamu menggunakan lipstik yang waterproof.

Rajin eksfoliasi bibir

artikel lipstik 8

Nggak cuma membersihkan bibir, urusan menghempaskan bibir yang hitam bisa selesai begitu aja, no bestie! Gunakan eksfoliasi atau scrub bibir dengan butiran yang halus untuk mengangkat kulit kering dan sel kulit mati di bibir kamu. Karena penumpukan sel kulit mati inilah yang bakal bikin bibir kamu jadi menghitam. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu kalau kamu tipe yang menggunakan lipstik setiap hari saat beraktivitas diluar rumah. Kamu bisa dapetin scrub bibir untuk eksfoliasi dari merk Pure Paw Paw, disini.

Gunakan serum bibir dan lip balm

artikel lipstik 12

Belakangan lagi rame banget nih Cantik soal serum bibir yang bantu buat nyerahin bibir. Tapi, memang serum bibir sangat membantu dalam proses mencerahkan bibir yang gelap. Gunakan serum bibir atau lip serum setiap malam sebelum tidur ya. Kalau bibir kamu lagi kering, gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik, atau gunakan lip balm ketika kamu tidak sedang menggunakan lip serum.

Baca juga : Tips Makeup Anti Crack yang Wajib Diperhatikan!

 

Minum air putih yang cukup dan sering makan buah-buahan

artikel lipstik 2

Nah, pasti banyak kan diantara kamu yang mager-mageran kalau minum air putih? Justru air putih punya banyak peran yang penting dalam menyehatkan kulit kamu loh, Cantik. Air putih dapat membantu juga mencerahkan bibir kamu. Ia dapat membantu melembabkan bibir kamu, karena dehidrasi dapat membuat bibir jadi kering dan hal itulah yang bikin bibir kamu jadi gelap. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, juga membantu mencerahkan bibir kamu.

Terus, lipstik beneran bisa bikin bibir jadi hitam?

artikel lipstik 4

Pertanyaan ini memang sering banget nih jadi highlight pertanyaan setiap orang. My answer is, yes! Penggunaan lipstik memang bisa kok bikin bibir jadi hitam, kalau kamu menggunakan lipstik dengan kandungan bahan kimia yang nggak sedikit. Selain itu. lipstik matte juga bisa bikin bibir kamu jadi hitam nih Cantik. Jadi, baiknya kamu gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik matte dan bersihkan lipstik matte setelah selesai beraktivitas seharian dengan makeup. Pastikan juga gunakan lipstik yang memang sudah terdaftar di BPOM ya, Cantik.

Selain itu, kamu juga harus cek ingredients nya ya sebelum membeli lipstik apapun. Usahakan beli lipstik atau pakai lipstik yang menyehatkan bibir, yaitu yang banyak mengandung vitamin e dan pelembab yang banyak agar meminimalisir timbulnya iritasi pada kulit.

Ciri-ciri lipstik yang berbahaya

Nah, kalau tadi sudah mincan jelaskan terkait apa saja penyebab nya lipstik bisa bikin bibir hitam, kali ini Cantik harus tau ciri-ciri lipstik yang membuat bibir hitam dan berbahaya.

Ketika dicium akan berbau bahan kimia yang sangat menyengat

artikel lipstik 7

Pada beberapa lipstik, mungkin kamu pernah menemukan bau lipstik yang sangat menyengat. Nggak wangi tapi baunya sangat mengganggu. Untuk itu, hindari lipstik ini sebisa mungkin ya, Cantik. Karena, lipstik yang memiliki bau bahan kimia yang sangat menyengat akan gampang menimbulkan iritasi dan efek terparahnya membuat bibir kamu jadi gosong, creepy banget, kan.

Warna yang mencolok

artikel lipstik 5

Ketika kamu membeli lipstik yang asli di official offline store, kamu pasti akan diberikan tester agar kamu bisa mencoba nya dan dapat melihat apakah warna lipstik tersebut akan terlihat cocok atau tidak untuk kamu. Tapi, kalau kamu membeli lipstik ini online di e-commerce apalagi bukan di online official store kamu harus lebih waspada ya, Cantik jika menemukan warna lipstik nya mencolok dan nggak seperti lipstik yang biasa Cantik beli.

Tidak terdaftar BPOM

Untuk produk kosmetik maupun skincare, akan terjamin keaslian dan kualitasnya apabila produk tersebut telah terdaftar di BPOM. Jadi, kalau cantik membeli lipstik, cek dulu ya nomor BPOM nya di laman website BPOM agar Cantik tau, apakah produk tersebut asli atau palsu.

Nah itu dia ulasan Lipstik Bisa Bikin Bibir Hitam? Apa Aja Penyebab Sebenarnya? Jadi, gak cuma karna lipstik aja nih, Cantik. Ada beberapa faktor lain diluar itu. So, pastikan jangan malas buat merawat bibir kamu juga ya!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
telah membeli
45 menit lalu