csm artikel

Metode CSM dalam Memakai Skincare, Apa Maksudnya?

Suatu kali, pasti pernah kan diantara kalian yang malas menggunakan sheet mask atau masker karena dikejar waktu yang mengharuskan kalian nggak sempat pakai masker. Tapi, pernah dengar gak sih maskeran tapi pakai toner atau essence yang biasanya kita gunakan dalam rangkaian skincare sehari-hari? Belakangan di kalangan beauty enthusiast ramai dengan metode CSM. Ha? Metode CSM dalam memakai skincare, apa maksudnya? Yuk temukan jawaban nya dalam ulasan ini!

csm 2

sumber : freepik.com

Dewasa ini, banyak sekali step-step atau metode-metode yang baru yang bermunculan dalam menggunakan produk-produk skincare dengan dalih agar yang dihasilkan lebih optimal, cepat meresap dan dapat bekerja dengan jauh lebih baik dalam memperbaiki permasalahan kulit.

Nah, kali ini, mincan menemukan satu metode yang sangat baik dalam menggunakan sheet mask tanpa perlu ribet untuk membeli sheet mask ataupun untuk kamu yang sangat tidak sempat untuk menggunakan sheet mask. Cukup kamu menggunakan toner atau essence yang biasanya kamu gunakan dalam rangkaian skincare harian mu, kamu sudah seperti menggunakan sheet mask loh. Bahkan, hasil yang didapatkan akan jauh lebih baik. Metode tersebut bernama, CSM, yaitu Chizu Saeki Method.

Apa itu Metode CSM?

bersih wajah

sumber : freepik.com

Metode CSM dalam memakai skincare, apa maksudnya? CSM adalah salah satu metode dalam mengompres wajah yang hampir mirip seperti menggunakan sheet mask yaitu dengan membasahi kapas dengan menggunakan hydrating toner atau essence. Kemudian, meletakkan kapas ke kedua pipi, dan kening hingga beberapa menit seperti saat kamu menggunakan masker. Oh ya, kapas yang dibasahi pun harus benar-benar basah seperti hampir terendam air ya, Cantik. Agar produk yang ada di kapas dapat benar-benar teresap dengan baik di kulit kamu.

Metode CSM atau Chizu Saeki Method ini pada awalnya populer di jepang. Dipopulerkan oleh seorang skincare expert dari jepang yang bernama Chizu Saeki dalam buku kecantikannya yang berjudul “The Japanese Skincare Revolution”. Benar saja, metode ini diyakini oleh para beauty enthusiast sangat ampuh dalam mengatasi permasalahan kulit terutama untuk kulit kering dan dehidrasi yang sangat memerlukan hydrating tiap harinya.

Lalu kenapa sih metode ini dianggap lebih ampuh? Karena produk yang terdapat dalam kapas yang dikompreskan akan memaksa kulit yang kering untuk lebih banyak menyerap produk. Maka dari itu, metode ini sangat ampuh. Tidak hanya untuk kulit kerin. Untuk kamu yang sedang memiliki permasalahan kulit yang lain, menggunakan metode ini pun juga sangat ampuh untuk lebih baik dalam memperbaiki kerusakan kulit.

Tapi, untuk Cantik yang ingin mencobanya, kamu harus memperhatikan beberapa hal ini, ya :

Gunakan produk toner atau essence yang tidak menimbulkan iritasi setelah menggunakannya

produk skincare

sumber : freepik.com

Pada penggunaan metode CSM ini, kamu harus menggunakan toner atau essence yang diperuntukkan sebagai hydrating ya, Cantik. Karena, tujuan utama dalam metode CSM ini adalah untuk menghidrasi kulit mu. Karena, kulit yang terhidrasi dengan baik akan membantu kamu untuk menghempaskan awal mula dari permasalahan kulitmu.

Hindari menggunakan toner exfoliate atau serum ya dalam menggunakan metode ini.

Kapas apa yang digunakan dalam metode CSM?

csm 4

sumber : freepik.com

Metode CSM memang menggunakan kapas sebagai penggunaan nya, namun ada baiknya kapas untuk CSM yang digunakan ialah kapas tipis yang memang diperuntukkan khusus untuk menggunakan toner. Belakangan ini, ada beberapa jenis kapas yang memang ramai di kalangan beuaty enthusiast, salah satunya lembaran kapas tipis yang memang diperuntukkan untuk menggunakan toner dan essence agar produk tidak terbuang percuma di kapas dan dapat langsung diserap oleh kulit dengan baik.

Menggunakan kapas tipis dalam metode CSM akan membuat produk yang diserap oleh kapas lebih banyak dan lebih basah, serta kamu tidak akan terlalu boros dalam menggunakan toner atau essence nya.

Baca Juga : Varian Ariul 7 Days Mask, Pakai Masker Setiap Hari?

 

Gunakan metode CSM sesuai urutan menggunakan rangkaian skincare seperti biasanya

Metode CSM dalam Memakai Skincare, Apa Maksudnya?

sumber : freepik.com

Dalam menggunakan metode ini, Cantik tidak perlu bingung ya kapan saja metode ini harus dilakukan agar hasil yang didapatkan maksimal. Kamu hanya perlu melakukan metode ini seperti biasa saat menggunakan rangkain skincare sesuai urutan produk yang akan digunakan. Misal, kamu akan menggunakan toner dalam metode CSM. Kamu hanya perlu melakukannya saat biasanya kamu menggunakan toner sebelum menggunakan metode CSM. Setelah membersihkan dan mencuci wajah, gunakan toner untuk metode CSM dan setelah selesai, kamu bisa lanjut menggunakan rangkaian skincare lainnya yang biasanya kamu gunakan. Lakukan hal yang sama jika kamu menggunakan essence, ya.

 

Baca Juga : Glow Maker & Supple Power Somethinc : Sebagus Apa Sih?

 

Manfaat Metode CSM

metode csm

sumber : freepik.com

Tidak hanya digunakan sebagai pengganti sheet mask, metode ini juga memiliki manfaat untuk memperkuat skin barrier kamu jauh lebih baik. Tentu saja juga untuk menghidrasi kulit kering dengan jauh lebih baik karena produk yang menempel di kulit jauh lebih banyak dan lebih efektif. Selain itu, karena dengan membiarkan nya untuk beberapa waktu lama dengan tujuan mengompres kulit, produk yang diserap juga jauh lebih banyak. Maka, produk skincare yang kamu gunakan jadi berproduksi lebih baik untuk kulitmu. Tapi, mincan sarankan, untuk kamu yang memiliki kulit kering gunakan metode ini setiap hari ya agar kulit mu jauh lebih terhidrasi dan skin barrier yang terbentuk dalam kulit mu akan jauh lebih baik dalam menghilangkan permasalahan kulit kamu.

 

Metode CSM berapa lama sih baiknya digunakan?

Metode CSM dalam memakai skincare ini, baiknya digunakan setiap hari dengan jangka waktu kurang lebih 10-15 menit, ya. Karena seperti saat menggunakan sheet mask, waktu terbaik untuk kulit meresap produk di kulit dan bekerja dengan optimal di kulit adalah selama 10-15 menit. Jika lebih dari itu dalam mengompres menggunakan metode CSM, kulit lama-lama akan menjadi lebih kering. Bukannya memperbaiki kulit mu, malah memperparah permasalahan kulit mu. Sejatinya, produk yang digunakan dalam metode CSM atau sheet mask memerlukan waktu juga untuk meresap di kulit. Agar saat dilayer dengan menggunakan rangkaian skincare yang lain sudah sangat siap dan dapat bekerja lebih baik untuk memperbaiki kerusakan kulit.

 

Kelebihan dan kekurangan metode CSM

Pada tiap hal pasti ada banyak kelebihan dan kekurangannya, kan. Nah pada metode ini pun pasti juga memiliki kelebihan serta kekurangannya loh, Cantik.

Kekurangan metode CSM

Kekurangannya dalam penggunaan metode CSM ini ialah, kamu akan menjadi cukup boros dalam penggunaan toner atau essence karena produk yang digunakan akan jauh lebih banyak daripada jika kalian hanya menggunakannya di satu kapas atau menuangkan nya di telapak tangan dan di tap tap saja. Maka dari itu, meminimalisir pemborosan pada produk skincare dalam metode CSM ini, gunakan kapas dengan lembaran yang tipis, ya. Agar produk tidak terlalu banyak namun tidak terlalu sedikit meresap ke dalam kapas.

 

Kelebihan metode CSM

Tenang ya, Cantik. Dalam metode CSM banyak sekali kelebihnnya, loh. Jika, di dalam kekurangan metode ini adalah terlalu boros dalam penggunaan produk nya, pada kelebihannya, ia akan jauh lebih baik dalam bekerja optimal memperbaiki dan menghidrasi kulit mu. Permasalahan kulitmu, akan lebih cepat untuk membaik berkat produk yang meresap di tiap hari nya pasti akan sesuai dengan kebutuhan kulit mu.

 

 

Nah, itu dia ulasan terkait metode CSM untuk kamu yang masih belum paham apa itu Chizu Saeki Method. Pasti kamu sudah tertarik bukan untuk melakukan metode ini dalam rangkaian skincare mu? Sebagai rekomendasi, kamu dapat menggunakan beberapa produk hydrating toner atau essence seperti; Somethinc Supple Power, Skintific 4D Hyaluronic Barrier Essence Toner, Avoskin Hydrating Treatment Essence, Azarine Moisture Rich Hydrating Toner, Hatomugi Skin Conditioner, dan Some By Mi Snail Truecica Mirale Toner.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
telah membeli
45 menit lalu