cara mengatasi jerawat mitos vs bekas jerawat cara memilih kandungan skincare skincare penghilang bekas jerawat serum scarlett penghilang bekas jerawat

Mitos Vs Fakta Bekas Jerawat Yang Ga Banyak Orang Tahu!

Biar bekas jerawat ga tambah parah dan bisa dilangkah lebih mudah! Begini mitos vs fakta bekas jerawat yang patut kamu ketahui sebelum perawatan. Penasaran apa saja? Cek ulasan lengkapnya disini ya! 

mitos vs bekas jerawat

Sumber: Freepik.com

Sama seperti jerawat, nyatanya kemunculan bekas jerawat juga ga kalah bikin resah. Bener ga ? Bahkan menurut para dermatolog, secara alami bekas jerawat baru bisa memudar ketika menginjak 6 – 12 bulan setelah kemunculan. Tentu ini bukan waktu yang sebentar, jika dibanding dengan penyembuhan jerawat yang bahkan bisa mereda dalam hitungan hari saja.

Meskipun bekas jerawat cukup rewel dihilangkan. bukan berarti ga bisa disembuhkan lho Cantik ! Percaya deh, selama kamu tidak lupa menggunakan skincare penghilang bekas jerawat secara rutin. bekas jerawat separah apapun bisa lebih tersamarkan lebih cepat. Asal kandungannya cocok saja ehe. Oleh karena itu sebelum membeli skincare, sebaiknya kamu pastikan dahulu. Apakah kandungannya cocok untuk kulit dan jenis bekas jerawat mu! Hanya saja yang bikin bekas jerawat susah dihilangkan. Ga lain ketika kamu masih percaya mitos mitos bekas jerawat yang malah bikin kondisinya makin parah. Apa saja itu mitos atau fakta vs  bekas jerawat? Berikut sederet informasinya : 

 

Memencet jerawat tidak akan membuat timbulnya bekas jerawat

Mitos  vs fakta bekas jerawat pertama. Tak jauh jauh lepas dari kebiasaan memencet jerawat. Padahal memencet jerawat tidak akan membuat timbunlnya bekas jerawat. Hanyalah mitos belaka. Faktanya  sudah pasti kebiasaan ini dapat memicu peradangan dan meninggalkan noda jerawat Lho!

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan efek buruk memencet jerawat yang memang bisa berpotensi membuka pori-pori. Sehingga inflamasi kulit pun akan semakin mudah, terjadi apalagi jika terpaparan bakteri atau kotoran dari tangan tanpa disadari. Dan bukan tidak mungkin, dampaknya bisa membuat bekas jerawat bertahan lebih lama dan muncul di tempat yang sama pula.

Nah daripada kamu nyesel nantinya dan mengeluh terus terusan karena bekas jerawat tak kunjung hilang. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk satu ini deh! Sebisa mungkin tahan tahan aja ya kalau mau memencet atau memegang jerawat. Alih alih pencat pencet jerawat sana sini. Kamu bisa melengkapi perawatan dengan menggunakan skincare secara rutin. Biar kulit ternutrisi dan bekas jerawat pun juga bisa hialng lebih cepat! 

 

Sering membersihkan wajah akan mempercepat penyembuhan

Mitos  vs fakta bekas jerawat kedua ini juga kerap kali ditanyakan. Meski sudah jelas, penyembuhan masalah bekas jerawat ga akan tuntas kalau hanya mengandalkan sabun cuci muka saja. Apalagi bekas jerawat termasuk masalah yang menimpa pada  lapisan paling dalam dari kulit. Sehingga perawatannya pun juga nga bisa serta merta langsung terlihat hasilnya kalau hanya menggunakan sabun cuci muka saja. 

Faktanya berlebihan dalam membersihkan wajah. Semisal cuci muka lebih dari 2 kali, belum juga ditambah scrubbing wajah berlebihan. Dampaknya justru sangat beresiko membuat kulit wajah jadi rusak lho Cantik! Bahkan Menurut dr Clare A. Pipkin, MD, seorang dermatologis dan asisten profesor dari Duke University School of Medicine, menyarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan air bersih, milk cleanser dan dibersihkan dengan gerakan lembut.

 

Tidak boleh menggunakan makeup saat memiliki bekas jerawat

mitos vs bekas jerawat artikel makeup crack

Mitos vs fakta bekas jerawat ketiga. Apa benar menggunakan riasan bisa membuat kondisi bekas jerawat makin susah hilang. Sehingga disarankan untuk bebas make up hingga noda hitam bekas jerawat tersamarkan? Buat Cantik  yang mungkin masih bimbang boleh tidaknya. tenang ga perlu khawatir itu hanya mitos belaka.

Faktany awalaupun sedang dalam tahap penyembuhan bekas jerawat. Sebenarnya saha sah aja kok kalau kamu mau pake make up. Namun, perlubeberapa hal yang harus diperhatikan. Pilihlah foundation ringan yang bebas minyak dan berlabel non-comedogenic. Label non-comedogenic dapat meminimalkan penyumbatan pori-pori. Selain itu, pilih makeup yang bersifat hypoallergenic dan non-irritating, serta berbahan dasar air. Pemilihan kandungan ini juga mencegah iritasi kulit yang mampu menimbulkan jerawat pada noda bekas yang sama.

 

Sunscreen tidak berpengaruh pada bekas jerawat

Sepertinya mitos vs fakta bekas jerawat keempat ini, memang perlu diluruskan. Kalau penggunaan sunscreen bisa bikin jerawat dan bekasnya ga ilang ilang.  Jangan buru buru langsung percaya mitos satu ini ya!Karena faktanya, sunscreen adalah produk perawatan yang paling ga boleh dilewatkan kalau kamu ingin bekas jerawat tersamarkan. 

Bagaimanapun juga. kulit dengan bekas jerawat masih butuh perlindungan ekstra dengan menggunakan sunscreen. Karena, sinar UV dapat memicu peradangan kembali. Maka dari itu, penting untuk menerapkan sunscreen meskipun telah mengoleskan gel atau obat penghilang bekas jerawat. Jika suncreen yang kamu gunakan malah membuat bekas jerawat tambah parah. Bisa jadi itu pengaruh kandungan suncreen yang tidak tepat. Atau cara penggunaan sunscreen yang masih  bermasalah.

Biar pemakaian skincare lebih aman, baiknya lakukan  test patch dulu ya sebelum perawatan. Caranya mudah kok. Pertama kamu bisa langsung mengoleskan langsung area skincare yang ingin di uji ke bagian sensitif kulit. Seperti area belakang telinga atau lipatan lengan misalnya. Jika sudah. kamu bisa menutupnya dengan plaster dan kemudian diamkan hingga 24 jam. Baru kemudian kamu bisa melihat reaksinya. jika memang tida menimbulkan efek samping apapun. Itu tandanya kandungan skincare memang ramah untuk kulitmu Cantik!

Baca juga: Urutan Skincare Untuk Jerawat Tanpa Mata Yang Meradang!

 

Bekas jerawat dapat hilang dengan sendirinya

mitos vs bekas jerawat bekas jerawat pih

Mitos vs fakta bekas jerawat kelima. Apakah bekas jerawat bisa hilang sendirinya? Sebagaimana disebutkan pada pembahasan. Pada dasarnya sebagian bekas jerawat memang bisa hilang dengan sendirinya. Tapi itupun masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan pada beberapa orang. Masalah bekas jerawat baru bisa tuntas hingga hitungan tahunan. 

Nah kalau kamu ingin masalah bekas jerawat lekas sembuh dan tersamarkan. Tentu saja selain menggunakan skincare secara rutin. Tetap saja kamu perlu melengkapi perawatan dengan pola hidup sehat serta menghindari kebiasan – kebiasan buruk. Seperti memencet bekas jerawat dan tidak melakukan pengobatan akan meninggalkan bekas dengan jangka waktu yang cukup lama. Jadi, ketika muncul bekas jerawat, sebaiknya sesegera mungkin lakukan perawatan sedini mungkin agar kulit kembali pulih seperti semula.

Baca juga: Urutan Skincare MS Glow Acne Pagi Malam Hempas Jerawat!

 

Pasta gigi bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan bekasnya

Mitos vs fakta bekas jerawat yang katanya bisa disembuhkan dengan menggunakan pasta gigi sudah banyak dikaji oleh para ahli. Dan fakta menyebutkan kalau sebenarnya manfaat pasta gogi sebagai obat jerawat adalah mitos belaka. Pada beberapa orang, efek pemakaiannya memang bisa membuat jerawat jadi mudah kering. Tapi masalahnya, penggunaan pasta gigi memiliki efek samping yang membahaya kulit. Akibat kandungan bahan kimia yang bisa bikin kemerahan dan iritasi. 

 

Nah itu dia seputar mitos dan fakta bekas jerawat yang bisa kamu perhatikan. Jika kamu ingin masalah bekas jerawat cepat tuntas. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan skincare untuk mengatasi bekas jerawat dari berbagai merek lebih mudah dengan harga yang bersahabat juga. Ga percaya? cek saja sendiri disini!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email