Perbedaan Kulit Sensitif dan Sensitized! Jangan Sampai Keliru!

Serupa tapi tak sama! Begini perbedaan kulit sensitif dan sensitized yang masih banyak belum di ketahui orang! Biar ga salah kaprah dalam perawatan. Yuk kenali lebih dekat seperti apa perbedaan keduanya! Penasaran apa saja ? Cek jawabannya di ulasan berikut ini! 

perbedaan kulit sensitif dan sensitized Eiem Toner Ingredients Iritasi kandungan skincare basic skincare untuk kulit sensitif apakah skincare yeppu yeppu aman untuk kulit sensitif Penyebab bruntusan
Sumber: Freepik.com

Bicara soal iritasi, pasti banyak yang berfikir itu tanda dari kulit sensitif. Meski memang benar, tapi tidak sepenuhnya pernyataan itu bisa diterima lho! Karena nyatanya kondisi iritasi nga hanya bisa dipicu oleh kulit sensitif tapi juga timbul akibat kulit mengalami sensitizied. Meski terlihat mirip, ternyata ada perbedaan kulit sensitif dan sensitizied yang banyak nga diketahui! Berikut informasinya perbedaan kulit sensitif dan sensitized yang perlu kamu tahu!

 

Perbedaan kulit sensitif dan sensitized

perbedaan kulit sensitif dan sensitized kulit kusam

Penyebab kulit iritasi

Perbedaan kulit sensitif dan sensitized dari penyebabnya. Meski keduanya sama sama membuat kulit jadi lebih mudah iritasi. Namun sebenarnya baik kulit sensitif maupun kulit sensitized memiliki sejumlah penyebab yang berbeda. Fyi, kulit sensitif adalah salah satu jenis kulit yang pada dasarnya lebih sensitif dibanding jenis kulit lain. Akibat kondisi pigmen yang sedikit dan lapisan epidermis yang terlampau tipis. Kondisi ini memang ga bisa dihindari, karena sudah bawaan dari lahir. Seringnya keadaan kulit sensitif makin menjadi jadi! itu biasanya akibat pengaruh dari kandungan – kandungan skincare yang mungkin saja bisa memicu iritasi.

Sebenarnya tak jauh berbeda dengan kulit sensitif. Kulit dengan masalah sensitized juga bisa dipicu oleh efek kandungan skincare yang bermasalah. Hanya saja gangguan kulit satu ini lebih banyak dipicu akibat efek samping penggunaan skincare yang tidak tepat. Entah akibat over eksfoliasi, kesalahan urutan skincare hingga berbagai faktor eksternal lain macam polusi. Sehingga membuat kondisi wajah yang tadinya normal normal aja, tiba tiba bisa berubah jadi makin kering, dehidrasi dan muncul ruam ruam memerah tanda kulit  sensitized bereaksi. 

 

Bahan pemicu

Perbedaan kulit sensitif dan sensitized dari bahan pemicunya. Saat kamu memang memiliki kondisi kulit sensitif. Sebaiknya hindari penggunaan bahan skincare yang bisa bikin iritasi kulit semcam alkohol atau fragance misalnya. Karena berdasar penelitian, kedua bahan tersebut memang rentan memicu kulit sensitif rentan iritasi. Sementara untuk kulit yang tengah sensitized. Sebenarnya tidak ada bahan khusus yang perlu dihindari. Terlepas apapun jenisnya. Jika ada satu bahan skincare yang dalam satu kali pemakaian bisa membuat kulitmu makin bermasalah. Itulah yang patut kamu perhatikan dengan seksama. Pastikan betul sensitif karena bahannya atau cara penggunaanmu yang masih keliru. 

 

Cara perawatan

Perbedaan kulit sensitif dan sensitized dari cara perawatannya. Ga hanya faktor penyebabnya yang berbeda. Karena ternyata cara perawatan kulit sensitif dan sensitized juga nga sama lho Cantik! Jadi karena kulit sensitif pada dasarnya memiliki kondisi skin barrier yang  soal perawatanya untuk kulit sensitif, kamu bisa banget menggunakan skincare yang mengadung bahan bahan dasar yang efektif menenangkan dan efektif memperkuat skin barrier. Sepertihalnya kandungan centella asiatica maupun ceramide dalam perawatan. 

Sementara bagi kamu yang mengalami sensitized. Agar reaksi alergi bisa lebih diminimalisir. Sebaiknya kamu bisa memperbaiki cara penggunaan skincare serta mengurangi penggunaan bahan bahan yang memicu kemunculan iritasi. Sebaliknya, kamu masih bisa banget mengatasi masalah kulit sensitized dengan bahan bahan yang ramah kulit. Sepertihalnya aloevera, glycerin dan sejumlah kandungan lainnya yang meiliki khasiat untuk menghidrasi, menutrisi dan meminimalisir resiko iritasi. 

Baca juga: Cara Memilih Kandungan Skincare Sesuai Jenis Kulit! Wajib Tahu!

 

Kesimpulan perbedaan kulit sensitif dan sensitized

JIka ditarik kesimpulan dari sederet perbedaan kulit sensitif dan sensitized yang udah  disebutkan sebelumnya. Sederhananya, bahwa jenis kulit sensitif sebenarnya tak ubahnya jenis jenis kulit wajah. Seperti kulit normal, kering, berminyak dan kombinasi. Semenatara untuk kulit sensitized sendiri, tidak lain adalah sebuah gangguan kulit yang mudah iritasi. Sehingga pemasalahan kulit sensitized, ga menutup kemungkinan bisa menimpa semua jenis kulit. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit diluar sensitif tapi tiba tiba mudah iritasi. Besar kemungkinan, itu tanda kalau bahwa kulitmu sedang sensitized Cantik! 

 

Cara cepat mengatasi kulit yang iritasi

Setelah Cantik tahu perbedaan kulit sensitif dan sensitized. Biar kondisinya ga makin parah! Begini cara cepat mengatasi kulit iritasi yang bisa dijadikan pertolongan pertama. Simpel dan mudah dipraktekkan! Begini caranya : 

perbedaan kulit sensitif dan sensitized rekomendasi first cleanser cara memilih kandungan skincare rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak

Hindari menggosok wajah terlalu keras

Terlepas itu kulit sensitif atau kulit sensitized. Tetap saja yang namanya kulit iritasi memang selalu bikin gigit jari. Bener ga? Mungkin reaksi yang ditimbulkan bisa berbeda tiap orang. Tapi ga dipungkiri rasa gatal dan perih saat kulit iritasi pasti selalu menghampiri. Kalau saat ini kamu merasakan hal yang serupa. Sebiasa mungkin jangan biasakan menggaruk dan hindari menggosok wajah terlalu keras supaya kondisi iritasi ga makin menyebar. Karena faktanya, menggaruk kulit ketika kondisinya sedang bermasalah. Justru rentan memicu pelepasan serotonin. Yang efeknya bisa membuat rasa gatal semakin menjadi dan kemerahan yang ga berkesudahan. 

 

Kompres area iritasi dengan air hangat

Saat kulit tengah mengalami iritasi. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa banget mengompres bagian kulit yang bermasalah dengan air hangat untuk meredakan peradangannya. Disamping efektif menenangkan kulit. Cara satu ini juga terbilang manjur 

 

Kompres dengan es

Jika Cantik enggan mengompres kulit dengan air hangat. Sebagai rekomendasi, kamu juga bisa mencoba alternatif lain dengan mengompres kulit dengan air es. Secara manfaat mungkin kurang lebih sama. Hanya saja mengompres dengan air es bisa dibilang jauh lebih efektif mengatasi kulit iritasi terlebih jika dibarengi rasa gatal gatal. 

Baca juga: Scarlett C-Power Serum : Solusi Untuk Kulit Kusam!

 

Gunakan skincare yang menenangkan kulit

Selain mengompres bagian kulit yang iritasi. Kamu juga bisa banget menggunakan skincare untuk menenangkan kulit sekaligus  menghidrasinya agar senantiasa lembab dan berenergi. Sebagai rekomendasi tak ada salahnyan jika kamu mencoba mositurizer dari skintific. Bukan saja memiliki tekstur yang gentle dan menenangkan. Dilengkapi kandungan ceramide yang tinggi. Kegunaan moisturizer satu ini sangat baik untuk memperbaiki dan mengembalikan lagi kerusakan skin barrier secara alami. 

 

Jangan dulu menggunakan make up tebal

Jika kulitmu sedang iritasi. Sebisa mungkin hindari penggunaan make up yang tebal ya. Untuk menghindari penyumbatan pori pori dan produksi minyak berlebih. Yang ga dipungkiri bisa membuat kondisi kulit iritasi makin parah! 

 

Hindari bahan pemicu iritan

Terakhir, yang tak kalah penting. Tentunya Cantik perlu menghindari bahan bahan pemicu iritan yang mungkin saja terkandung dalam produk perawatan tanpa sadar.  Biasanya kandungannya bisa berupa : alkohol, fragance, silikon dan lain sebagainya. Meski ga menutup kemungkinan setiap kulit memang memiliki respon yang berbeda – beda.  Nah biar kamu lebih mudah mengenali kandungan skincare cocok tidaknya dikulit. Idealnya kamu bisa lakukan test patch terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan produk perawatan. 

 

Nah itu dia sekilas ulasan terkait perbedaan kulit sensitif dan sensitized sekaligus cara cepat mengatasi kulit iritasi yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Nah untuk melengapi perawatann. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan sejumlah skincare yang sudah disebutkan sebelumnya lebih lengkap dengan harga yang bersahabar juga. Ga percaya? cek saja disini sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *