Perbedaan Moisturizer dan Face Oil: Mana Yang Lebih Baik!

Sering dikira sama, ternyata begini perbedaan moisturizer dan face oil yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. Penasaran seperti apa? Yuk temukan jawabannya ulasan berikut ini!

  Perbedaan moisturizer dan face oil Pentingnya Penggunaan Toner dan Moisturizer Setiap Hari!

Saking beragamnya jenis skincare yang bertebaran bebas di pasaran. Pernah nga Cantik bingung mau pilih yang mana? Apalagi jika manfaat produk – produk skincare yang ditawarkan terlihat mirip dan susah dibedakan. Seperti kegunaan moisturizer dan face oil misalnya. 

Ga dipungkiri, diantara banyaknya jenis skincare. Kedua produk tersebut memang seringkali menjadi bahan pertanyaan yang cukup sering diulas di berbagai forum forum kecantikan. Mengingat khasiat keduanya yang sama sama andal dalam menghidrasi kulit. Padahal nyatanya ada sejumlah perbedaan moisturizer dan face oil yang bisa kamu temukan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Lantas mana yang lebih baik untuk mengatasi kulit wajah? Biar ga bingung lagi! Ini dia perbedaan moisturizer dan face oil  yang kerap dianggap mirip. Berikut informasinya. 

 

Manfaat moisturizer dan face oil

Berikut perbedaan moisturizer dan face oil yang perlu kamu perhatikan. Diantaranya: 

Sumber; freepik

Manfaat  moisturizer

Moisturizer merupakan pelembab yang diformulasikan dengan kombinasi air. minyak dan bahan tambahan lainnya untuk memberikan kelembaban pada lapisan epidermis agar kelembapannya tidak mudah hilang. Secara umum manfaat moisturizer bisa digunakan sebagai basic skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit secara alami, Namun jika Cantik ingin tahu lebih detail. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan moisturizer dalam perawatan. 

  • Menghilangkan dan menjaga kelembaban pada kulit dengan memberikan lapisan pelindung sehingga kulit senantiasa terhidrasi 
  • Menarik molekul air dari lingkungan menuju epidermis untuk membantu merehidrasi
  • permukaan kulit serta menyimpannya sampai dibutuhkan 
  • Mengisi celah di antara sel untuk memperbaiki tampilan kulit yang kering. Serta 
  • membuat tekstur kulit lebih lembut dan halus saat diraba
  • Membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda 
  • Menyamarkan noda noda hitam akibat hiperpigmentasi 
  • Memperbaiki skin barrier yang rusak dan bermasalah 

 

Manfaat Face Oil

sumber : freepik.com

Face oil merupakan jenis skincare yang diformulasikan dengan satu jenis minyak  atau beberapa campuran jenis minyak nabati untuk memberikan kelembaban lebih dan menutrisi kulit. Secara umum manfaat face oil lebih direkomendasikan bagi Cantik yang memiliki masalah kulit spesifik seperti halnya kulit kering, berminyak dan bertekstur. Namun jika kamu ingin mengetahui lebih detail. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan face oil dalam perawatan. 

  • Memberikan kelembaban lebih jika dirasa penggunaan moisturizer belum cukup 
  • melembabkan dan menghidrasi kulit wajah 
  • Memaksimalkan kerja kulit dalam memproduksi minyak alami dan lipid yang berperan dalam mencegah kehilangan air dari kulit dan menjaganya tetap terhidrasi
  • Mengontrol dan menyeimbangkan produksi minyak berlebih 
  • Memberikan asam lemak dan vitamin essensial ke kulit sehingga kulit lebih halus
  • Beberapa face oil mengandung antioksidan mampu mencegah tanda penuaan 
  • Sebagian besar face oil memiliki efek anti radang untuk meredakan akibat iritasi berlebih
  • Mengecilkan pori pori wajah secara alami 
  • Meredakan dan mengurangi kulit kemerahan 
  • Memaksimalkan hasil penggunaan skincare 

 

Bahan formulasi moisturizer dan face oil

Perbedaan moisturizer dan face oil dari kandungannya 

Moisturizer

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya. Moisturizer memang dikenal sebagai salah satu jenis skincare yang formulasinya banyak mengandung kombinasi air. minyak serta kandungan nutrisi lainnya untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Namun jika Cantik ingin mengetahui lebih detail, berikut beberapa bagian kandungan dasar dari moisturizer yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. Diantaranya : 

Humektan

Humektan merupakan kandungan skincare yang memiliki fungsi utama untuk menjaga kelembaban kulit agar tampilannya senantiasa segar dan berenergi. Biasanya kandungan humektan dalam skincare dapat berupa: Hyaluronic acid. glycerin, aloe vera, AHA

Emollient

Sama seperti humektan, emollient juga dikenal sebagai bahan dasar skincare yang memiliki peran sebagai agent untuk memastikan kulit tetap lembab. Dengan cara mengisi ulang celah atau kerak yang terdapat pada lapisan permukaan kulit. Biasanya kandungan emollien dalam  moisturizer berupa  : Ceramide, mineral oil, lanolin, shea butter

Oklusif

Biar efek yang melembabkan dari 2 kandungan sebelumnya tidak mudah hilang. Tentunya Cantik juga perlu memperhatikan kandungan skincare yang bersifat oklusif. Yang memiliki kemampuan baik dalam mengunci kelembaban kulit ekstra maksimal. Biasanya kandungan emollien dalam  moisturizer berupa : Petroieum Jelly, Dimethicone, Beeswax

 

Face Oil

Mengingat perannya sebagai booster untuk menutrisi dan memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Biasanya manfaat face oil diformulasikan dari minyak nabati yang diambil dari bagian bagian berlemak sejumlah tanaman. Seperti Halnya biji bijian atau kacang kacangan. Nah Biar ga bingung memilih kandungan face oil yang tepat. Berikut Mincan rekomendasikan jenis kandungan face oil yang bisa kamu sesuaian sendiri dengan kebutuhan dan permasalahan wajah.

  • Kulit Berminyak : Jojoba, Rosehip Oil, Sunflower. Squalene
  • Kulit Kering :Olive, Coconut, Almond, Marula Oil
  • Kulit Sensitif : Tea Tree Oil

 

Bentuk Teksturnya

Sumber : Freepik.com

Perbedaan moisturizer dan face oil dari segi tekstur. Dibanding face oil. Tekstur moisturizer memang lebih beragam. Karena formulasinya yang hadir dalam berbagai bentuk. Seperti : gel , lotion, creamy dan lain sebagainya yang bisa kamu selesaikan sendiri dengan kebutuhan dan kenyamanan.  Sementara pada umumnya tekstur face oil sendiri berwujud cair yang gentle dan mudah menyerap di kulit. 

Baca juga: 5 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya Untuk Perawatan Kulit Wajah!

 

Cara Pemakaiannya

perbedaan moisturizer dan face oil dari cara pemakaian. 

Moisturizer

Bicara soal penggunaanya, sebagai basic skincare moisturizer bisa digunakan setelah toner ataupun serum. Untuk mengunci kelembaban agar kulit terhidrasi maksimal selama perawatan. Jika Cantik mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu bisa mengaplikasikan pemakaian moisturizer pagi maupun malam secara rutin. Dengan urutan sebagaimana berikut ;

  • Pagi : Face Wash – Toner – Serum – Moisturizer – Sunscreen 
  • Malam : Face Wash – Toner – Serum – Moisturizer – Obat jerawat atau produk lain sesuai kebutuhan. 

 

Face Oil

Sebaliknya, untuk face oil. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan mudah ke wajah setelah moisturizer sesuai kebutuhan. Setidaknya 3 – 5 tetes, untuk memaksimalkan perawatan serta meminimalisir resiko penyebab pori – pori tersumbat. Sementara waktu ideal pemakaiannya, kamu bisa mencoba mengaplikasiakannya di malam hari. Sebagai booster untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Agar senantiasa lembab, segar dan bernutrisi saat bangun pagi. 

 

Mana yang lebih baik?

Kalau soal mana yang lebih baik, tentu kembali lagi ke kondisi kulit masing masing Cantik! Jika kamu memiliki kulit berminyak dan manfaat moisturizer dirasa sudah cukup baik dalam melembabkan kulit. Artinya kamu sudah tidak memerlukan lagi produk booster lain untuk menghidrasi. Tapi beda cerita jika kulitmu tergolong kering dan sering dehidrasi. Biar kondisinya ga makin parah. Sudah tentu manfaat face oil, diperlukan untuk menambah kelembaban ekstra pada kulit . Apalagi jika dirasa pemakaian moisturizer belum cukup untuk mempertahankan kelembaban,

Baca juga: Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Kering Paling Simpel!

 

Rekomendasi produk moisturizer dan face oil

Rekomendasi moisturizer

 

Rekomendasi face oil

  • Pureca Botanical Sunflower Oil
  • Organic Supply Co Jojoba Oil
  • The Ordinary Cold Pressed Virgin Marula Oil
  • Kleveru Sunflower Seed Oil

 

QnA perbedaan moisturizer dan face oil

Urutan skincare menggunakan face oil

Sebagaimana aturan dasar penggunaan skincare, untuk memaksimalkan penyerapan. Cantik bisa menggunakan skincare dari tekstur yang ringan hingga terberat. Sehingga dalam urutannya, kamu bisa mengaplikasikan face oil terlebih dahulu setelah menggunakan toner. Baru kemudian disusul dengan penggunaan moisturizer untuk mengunci kelembaban pada wajah. 

 

Apakah face oil boleh dipakai setiap hari

Mengingat ada banyaknya kandungan bahan aktif dalam formulasi face oil. Sudah tentu pemakaiannya tidak disarankan digunakan keseharian layaknya moisturizer. Karena ga dipungkiri, penggunaan yang berlebihan bisa membuat kulit terasa berat dan tidak nyaman.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, idealnya kamu bisa mengaplikasikannya 2 – 3 kali dalam seminggu selama perawatan. 

Nah itu dia sekilas ulasan tentang perbedaan moisturizer dan face oil yang bisa kamu jadikan pilihan dalam perawatan wajah. Jika Cantik sudah tidak sabar merasakan manfaat masing masing produk atau salah satunya. Kabar baiknya disini kamu bisa mendapatkan produk moisturizer maupun face oil lebih mudah dengan harga bersahabat tentunya? Ga percaya? cek saja disini sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version