perbedaan toner dan essence harga paket ms glow macam macam skincare somethinc

Ini Dia 4 Perbedaan Toner dan Essence Bagi Kulit Wajah!

Biar ga salah pilih produk, begini perbedaan toner dan essence yang bisa kamu pertimbangan dalam perawatan kulit wajah. Penasaran apa saja bedanya? yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini !

perbedaan toner dan essence facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak

Sumber : freepik

Saking beragamnya jenis skincare yang bertebaran bebas di pasaran. Pernah nga Cantik bingung mau pilih yang mana? Apalagi jika tampilan produk – produk skincare yang ditawarkan terlihat mirip dan susah dibedakan. Seperti toner dan essence misalnya. 

Ga dipungkiri, diantara banyaknya jenis skincare. Kedua produk tersebut memang seringkali menjadi bahan pertanyaan yang cukup sering diulas di berbagai forum forum kecantikan. Saking terlihat miripnya. Bahkan terkadang ada juga produk yang mengkombinasikan manfaat keduanya secara bersamaan dengan label essence toner misalnya.

Nah dari sini, pasti banyak yang mengira toner dan essence merupakan satu produk yang sama. Padahal nyatanya ada sejumlah perbedaan toner dan essence yang bisa kamu temukan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Lantas mana yang lebih baik untuk mengatasi kulit wajah? Biar ga bingung lagi! Ini dia perbedaan toner dan essence yang kerap dianggap mirip. Berikut informasinya. 

 

Fungsi toner dan essence

Perbedaan toner dan essence dari segi fungsi. Diformulasikan dengan kombinasi kandungan dasar yang kaya air dan bersifat menghidrasi. secara umum fungsi toner sendiri, lebih ditujukan untuk  mengembalikan pH alami kulit dan juga membersihkan residu yang mungkin saja tertinggal tanpa disadari. Sedangkan essence, sebenarnya inovasi produk skincare satu ini bertujuan untuk meningkatkan performa produk lain dengan menyiapkan kulit agar lebih mudah menyerap kandungan skincare yang akan diaplikasikan selanjutnya. 

Secara fungsi, toner lebih cocok buat kamu pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Sementara kegunaan essence lebih condong digunakan bagik para pemilik kulit kering.  Meski demikian, keduanya memiliki efek yang sama sama menyegarkan dan sensasi melembabkan kulit  yang membuat lebih calming down sesaat diaplikasikan ke wajah. Sehingga ga heran jika tidak sedikit yang masih menganggap keduanya tergolong produk serupa. 

 

Tekstur toner dan essence

Ga dipungkiri, jika dilihat sekilas tekstur toner memang memiliki sejumlah kemiripan dengan essence. Keduanya sama sama  hadir dalam botol kemasan dengan wujud cair yang tak jauh berbeda antara satu dengan lainnya. Meski begitu terlihat serupa. Namun sebenarnya perbedaan toner dan essence bisa sangat terasa sesaat Cantik menggunakannya langsung ke kulit wajah. 

Jika diamati lebih dekat, bisa dibilang toner memang memiliki tekstur yang  lebih cair dibandingkan essence. Yang pada dasarnya cenderung lebih kental. Mengingat konsentrasi kandungan bahan aktif dalam essence memang cenderung lebih tinggi. Bahkan sebagian orang menyebut essence sebagai vitamin harian bagi kulit. 

Meski demikian, tetap saja tekstur essence tidak sampai sepekat konsistensi serum seperti yang banyak ditemukan dipasaran. Sehingga secara umum baik toner maupun essence masih terbilang ringan dan mudah menyerap di kulit wajah. 

 

Kandungan bahan aktif toner dan essence

Disamping tekstur, perbedaan  toner dan essence juga bisa nampak dikenali jelas dari jenis kandungan bahan aktif yang ada didalamnya. Ga dipungkiri lagi, dibanding dengan skincare lainnya. Toner memang salah satu produk perawatan yang mengandung cukup banyak kadar air, untuk membantu membersihkan kulit secara maksimal sekaligus mengembalikan pH seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun seiring berkembangnya waktu, kini sudah banyak toner yang dikombinasikan dengan campuran  bahan aktif seperti vitamin maupun acid. Untuk menargetkan permasalahan kulit wajah tertentu. 

Sama seperti halnya toner, essence juga dilengkapi kombinasi kandungan yang digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit wajah. Hanya saja dibanding toner yang mungkin lebih banyak mengandung air. Formulasi essence memang lebih banyak tersusun oleh humektan, emolien dan beberapa zat aktif seperti halnya glycerin, hyaluronic acid, ekstrak tumbuhan, vitamin dan juga mineral. Yang dipercaya baik untuk menghidrasi, menjaga elastisitas kulit dan memberikan efek cerah pada wajah secara alami. 

Baca juga: Best Kandungan Skincare Untuk Mengecilkan Pori Pori Terampuh!

 

Cara penggunaan toner dan essence

Untuk cara penggunaanya sendiri, sebenarnya tidak ada perbedaan toner dan essence yang begitu signifikan. Ga dipungkiri, keduanya bisa digunakan sesuai kebutuhan kulit wajah. Bahkan kamu pun juga bisa  memakai kedua produk secara bersamaan dalam perawatan. Perpaduan penggunaan toner dan essence, tentu akan memberikan kelembaban dan kesegaran ekstra bagi kulit wajah. Terutama bagi kamu yang bermasalah dengan kulit kering misalnya. 

Perihal caranya, tentu saja pemakaian toner bisa digunakan terlebih dahulu sesaat setelah mencuci muka. Baru kemudian, kamu bisa melanjutkan perawatan dengan mengoleskan essence langsung ke wajah secara menyeluruh dengan kondisi tangan yang bersih. Untuk meminimalisir resiko kontaminasi bakteri yang mungkin saja bisa berpindah dari tangan tanpa disadari. 

Nah jika pengaplikasian toner dan essence sudah selesai, selanjutnya kamu tinggal menambahkan basic skincare lainnya seperti halnya serum, moisturizer dan diakhiri dengan pemakaian sunscreen. Untuk mendapat hasil perawatan dan perlindungan maksimal bagi kulit wajah. Apakah kamu tertarik untuk mencoba keduanya? 

Hanya saja, yang tak kalah penting. Pastikan Cantik mengamati perkembangan kulit setelah Cantik mengkombinasikan penggunaan toner dan essence secara bersamaan. Karena bagaimanapun juga, setiap kulit bisa memiliki respon yang berbeda – beda. Sebagaimana aturan skincare pada umumnya, Hentikan pemakaian sementara jika sudah memicu alergi dan iritasi. Namun jika dalam 1x 24jam tidak ada masalah yang timbul setelah menggunakan toner dan essence secara bersamaan. Itu artinya perpaduan keduanya terbilang aman dan ramah bagi kulit wajahmu Cantik! 

 

Contoh Produk Toner dan Essence

Setelah mengupas sederet perbedaan  toner dan essence yang paling dasar dalam perawatn Biar ga salah pilih produk, ini dia sejumlah rekomendasi toner maupun essneca yang bisa kamu gunakan dalam perawatan wajah. Sebagai berikut : 

perbedaan toner dan essence Manfaat MIcelar Water Emina membersihkan sisa make up

Sumber: Freepik.com

Contoh produk toner

  • Npure Centella Asiatica 
  • Cosrx Centella Asiatica 
  • Scarlett Whitening Toner 
  • Pratista Hyaluronic Toner 

Baca juga: Review Pratista Hydrating Toner: Bikin Wajah Super Lembab!

 

Contoh produk essence

  • Wardah white secret pure treatment essence 
  • Somethinc curiously 24k gold essence 
  • Avoskin Perfect Treatment Essence 
  • Pixy White Aqua Hydra Moist Essence 

Nah itu dia sekilas perbedaan toner dan essence yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam perawatan. Jika saat ini Cantik sudah tidak sabar untuk merasakan manfaat berbagai produk yang Mincan sebutkan sebelumnya. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan beragam pilihan toner maupun essence yang bisa kamu aplikasikan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah lebih mudah dengan harga yang bersahabat pula. Ga percaya? cek saja disini! 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
telah membeli
45 menit lalu