skincare untuk mencegah penuaan dini 1

Skincare Untuk Mencegah Penuaan Dini Pada Remaja!

Masih sekolah tapi kok terlihat udah tua? Begini deretan skincare untuk mencegah penuaan dini bagi remaja yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. Penasaran apa saja manfaat produknya? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini!

skincare untuk mencegah penuaan dini

Sumber ; Freepik.com

Saat memasuki usia senja, sudah wajar jika elastisitas dan kadar kolagen di kulit mulai berkurang. Sehingga maklumlah kalau menyisakan kerutan atau tanda penuaan. Tapi bagaimana jika terjadi usia yang terbilang masih muda ? sudah tentu lipatan – lipatan kulit yang mengendur, akan sangat menganggu penampilan. Bener ga ?

Masalahnya mengapa penuaan dini bisa terjadi? Sebenarnya penuaan kulit merupakan proses alami yang umum terjadi. Artinya, setiap orang akan melaluinya seiring berjalannya usia. Namun masalah penuaan kulit ini tidak selalu dialami oleh mereka yang sudah berusia tua atau lanjut.

Artinya, pada usia remaja penuaan kulit bisa saja terjadi, sehingga tanda penuaan dini pada wajah muncul sebelum waktunya. Semua ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun eksternal seperti pola hidup yang tidak sehat dan polusi lingkungan. Sebelum Mincan spill apa saa skincare untuk mencegah penuaan ini. Ada baiknya Cantik juga mengenali dulu penyeba penyebab penuaan dini yang perlu diketahui : 

 

Penyebab penuaan dini

Pada dasarnya penuaan dini pada remaja sangat mungkin terjadi. Terlebih jika kulit memang tidak dilakukannya perawatan atau perlindungan dengan baik. Karena bagaimanapun juga selalu ada efek paparan zat yang dapat merusak kulit dan memicu penuaan semakin cepat. Nah biar masalah penuaan dini yang kamu hadapi bisa lebih cepat teratasi. sederet penyebab penuaan dini yang bisa kamu pertimbangkan dan hindari : 

 

Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet

Radiasi ultraviolet adalah penyebab utama proses penuaan yang terbentuk lebih cepat, paparan sinar UV merusak jaringan ikat kulit seperti serat kolagen dan elastin terutama saat kulit tidak dilindungi tabir surya. Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit akan kehilangan kekuatan dan kelenturannya. Sehingga kulit mulai kendur dan keriput sebelum waktunya.

 

Jam tidur yang tidak cukup

Kalau kamu mau ingin kulit kencang bebas penuaan dini. Sebaiknya kurang kurangi kebiasaan begadang Cantik! Karena ga dipungkiri kebiasaan kurang tidur yang dilakukan berulang-ulang, akan menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata dan kulit menjadi terihat lebih kusam. Jika kebiasaan ini terjadi secara terus menerus, maka dapat mempercepat proses penuaan dini.

 

Sembarangan mengonsumsi makanan

Ga dipungkiri lagi, kebiasaan sembarangan mengonsumsi makanan. Memang menjadi pemicu penuaan dini paling rentan. Contohnya seperti karbohidrat olahan dan yang mengandung tinggi gula dapat merusak kolagen jika dikonsumsi berlebihan.

 

Paparan Bahaya Radikal Bebas

Ga hanya akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Nyatanya pengaruh radikal bebas lainnya seperti asap rokok, debu dan polusi udara. Juga memiliki dampak negatifnya bagi kulit wajah. Karena secar tidak langsung pengaruhnya bisa  merusak berbagai struktur seluler (DNA, protein, membran sel).Hasilnya, struktur tersebut akan mengalami proses oksidasi dan memicu peradangan seluler yang berperan penting dalam proses penuaan kulit.

 

Skincare untuk mencegah penuaan dini

Biar bisa tampil lebih percaya diri! Ini dia deretan skincare untuk mencegah penuaan dini yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. Diantaranya : 

 

Sunscreen

skincare untuk mencegah penuaan dini harga sunscreen wardah terbaru

Buat kamu yang ingin garis halus hilang seklaigus kerutan dan flek hitam tersamarkan. Sudah tentu manfaat sunscreen sebagai skincare untuk mencegah penuaan dini ga bisa ditawar tawar lagi. Karena telah ada faktanya bahwa lebih dari 90% tanda-tanda penuaan disebabkan dari sinar matahari UVA yang dapat mengganggu produksi kolagen. Sehingga efeknya bisa memicu kemunculan tanda – tanda penuaan lebih dini. 

Nah biar kulit ga cepat mengalami penuaan dini. Sebenarnya cara pemilihan skincareuntuk mencegah penuaan dini satu ini nga begitu sulit.  Idealnya kamu bisa menggunaak setidaknya yang memiliki SPF 30. Namun apabila kamu termasuk orang yang aktif di luar ruangan. Tentusaja kamu bisa mencari spf sunscreen yang lebih tinggi lagi.  Dan untuk mendapatk hasil perlindungan yang maksimal. Gunakan setiap hari dipagi-sore hari dan jangan lupa untuk selalu lakukan re- apply sunscreensecara rutin ya! Baik didalam maupun Gunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dan yang tak kalah penting lagi. sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih sunscreen dengan tekstur ringan dikulitmu/memiliki hasil akhir matte. Untuk semakin menambah nyaman penggunaan. Berikut contoh skincare untuk mencegah penuaan dini aka sunscreen  yang bisa kamu pertimbangkan. 

  • Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 PA+++
  • Emina Sun Protection SPF 30
  • Carasun Sunscreen 
  • Azarine Moisture Gel Sunscreen
  • Somethinc Sunscreen

Baca juga: Begini Cara Reapply Sunscreen Yang Benar! Pemula Wajib Tahu!

 

Moisturizer

skincare untuk mencegah penuaan dini perbedaan moisturizer dan face oil basic skincare untuk kulit sensitif cara memakai wardah lightening night cream kandungan skincare untuk mengecilkan pori pori kesalahan menggunakan sheet mask review emina moisturizer cara pakai serum retinol scarlett cara pakai skincare somethinc glow maker toner kesalahan menggunakan toner exfoliating Cara Pakai Avoskin Miraculous Refining Toner dengan hydarting toner cara pakai serum somethinc bakuchiol ingredients eiem moisturizer urutan pemakaian scarlett brightly ever after serum cara menghilangkan pori pori wajah Review carasun vs azarine sunscreen yang melindungi wajah

Sumber; freepik

Kemunculan tanda – tanda penuaan dini seperti garis – garis halus dan kerutan. Kerap muncul akibat elastisitas kulit yang berkurang. Nah untuk merawat kulit agar bisa lebih memudarkan dan memperlambat kemunculan tanda penuaan di wajah. Sebagai rekomendasi kamu bisa menggunakan pelembab dalam perawatan. 

Manfaat moisturizer disini dikenal baik untuk untuk mengembalikan protein keratin pada kulit wajah dimana keratin ini dibutuhkan agar kulit tetap lembap, halus, elastisitas kulit terjaga sehingga kulit terlihat lebih ternutrisi dan sehat. 

Biar hasil penggunaan skincare untuk mencegah penuaan dini benar benar bisa membuat kulit awet muda. Sebagai rekomendasi, pertama kamu bisa menggunakan tekstur moisturizer yang nyaman dan terasa ringan dikulitmu. Kedua, pilih moisturizer yang kaya akan zat humektan dan beberapa emollient. Seperti hyaluronic acid dan glycerin ceramide yang bisa digunakan setiap pagi dan malam hari. 

Dan yang tak kalah penting. Saat menggunakan pelembab. Kamu juga bisa memberikan pijatan ringan yang lembut ke wajah. Selain bisa membuat kulit makin rileks. Cara ini juga efektif membantu merangsang sirkulasi darah dan pembentukan sel baru, sehingga membantu wajah tampak selalu awet muda. Contoh skincare untuk mencegah penuaan dini aka pelembab yang bisa kamu pertimbangkan. 

  • Hada Labo Gokujyun Moisture Milk
  • Emina Bright Stuff Moisturizing Cream
  • Somethinc Ceramide Moisturizer
  • Skintinfoct 7X ceramide

Baca juga: Kesalahan Pakai Night Cream Wardah Crystal Secret Yang Bikin Kusam!

 

Serum Antioksidan

skincare untuk mencegah penuaan dini jenis serum azarine superhero perbedaan serum dan ampoule

Sumber: Freepik

Untuk memaksimalkan perlindungan kulit dari kerusakan radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan. Sebagai rekomendasi untuk perawatan, kamu bisa mencoba menggunakan serum dengan kandungan antioksidan untuk mencegah kemunculan tanda penuaan akibat paparan radikal bebas yang berlebih. Dimana serum antioksidan ini yang bertugas untuk mencegah aktivasi oksidatif sel dan meningkatkan produksi kolagen yang terhambat akibat paparan bahaya radikal bebas. Sebagai bahan pertimbangan, berikut contoh produk skincare untuk mencegah penuaan dini : 

  • Garnier light complete vitamin C 30x booster
  • Somethinc C- Riously 24k Gold
  • Somethic Niacinamide Moisture Beet Serum

 

Exfoliating toner

skincare untuk mencegah penuaan dini urutan skincare routine acne prone skin cara pakai serum retinol scarlett cara pakai skincare somethinc glow maker toner kesalahan menggunakan toner exfoliating Cara Pakai Avoskin Miraculous Refining Toner dengan hydarting toner cara pakai serum somethinc bakuchiol

Sumber : Freepik.com

Meski menggunakan produk eksfoliasi bersifat optional, namun bisa jadi pilihan skincare untuk mencegah penuaan dini. Karena efeknya memang bagus banget untuk mengatasi kerutan halus, kusam, kering akibat regenerasi sel kulit mulai melambat. Anyway, tujuan melakukan eksfoliasi sangat penting untuk mencegah penuaann, Meningat kinerjanya yang baik dalam membantu mengelupaskan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sehingga proses pembentukan sel kulit baru terjadi lebih cepat.

Secara kandungan, biasanya produk exfoliating toner dilengkapi dengan sejumlah bahan aktif seperti AHA/PHA. Dimana kombinasi keduanya bisa bekerja meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama dan membuka jalan untuk pembentukan kolagen baru.  Sehingga pemakaian secara teratur akan membantu memudarkan garis halus, kulit menjadi lebih halus dan terhidrasi.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba exfoliting toner sama sekali. Sebaiknya pilih konsentrasi kandungan eksfoliasi yang lebih rendah dahulu secara bertahap. Untuk memberi kesempatan kulit beradaptasi dan meminimalisir resiko iritasi. Sebagai bahan pertimbangan,  berikut contoh produk exfoliating toner skincare untuk mencegah penuaan dini

  • COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment
  • Wardah white secret exfoliate toner
  • Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion

Nah itu dia sekilas ulasan deretan skincare untuk mrncegah penuaan dini bagi remaja yang bisa kamu praktekkan di rumah. Buat kamu yang ingin segera mengatasi masalah kulit wajah. Kabar baikany disini kamu bisa menemukan skincare untuk mencegah penuaan dini lebih mudah dengan harga yang bersahabat juga. Ga percaya? Cek sendiri disini sekarang!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email