Tips Merawat Kuku yang Sehat agar Glowing dan Mengkilap!

Pernah gak sih, diantara kalian ada yang merasa kalau kuku kalian kurang sehat dan glowing? Eits, jangan salah! Kuku juga bisa glowing dan mengkilap kayak kulit wajah, loh Cantik. Kali ini, Mincan bakal kasih kamu Tips Merawat Kuku yang Sehat agar Glowing dan Mengkilap, yuk cek disini!

artikel tips merawat kuku agar sehat 10 di website Sudut Cantik

Kuku yang sehat dan glowing juga menjadi suatu hal yang penting, loh Cantik. Karena, ketika kuku tidak sehat, bakteri dan kuman akan menumpuk dan menjadi infeksi pada kuku. Akibatnya, kamu harus ke dokter toenail dan berakibat kuku mu harus terpotong atau malah dirombak habis oleh dokter. Creepy banget, kan?! Nah, sebelum membahas tips merawat kuku yang sehat agar glowing dan mengkilap ada baiknya Cantik juga harus mengetahui penyebab kuku menjadi infeksi dan akibat kalau kamu gak merawat kuku mu dengan baik. Yuk, simak! 

 

Infeksi karena kurang dirawat

Artikel tips merawat kuku agar sehat 4 di website Sudut Cantik

 Infeksi tidak hanya terjadi pada luka atau bagian-bagian tertentu dari tubuh yang tidak dirawat dengan baik, namun kuku juga bisa menjadi infeksi akibat kurang dirawat dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah jamur kuku atau dalam dunia medis disebut jamur onkomikosis, infeksi akibat jamur pada kuku biasanya memiliki tanda-tanda kuku menjadi mudah rapuh, kuku berubah warna menjadi kekuningan kemudian coklat hingga menghitam, tapi yang paling amat sangat mengganggu, kuku memiliki bau tidak sedap. Jadi, jangan lupa selalu rawat kuku mu dan segera potong atau bersihkan ketika sudah mulai panjang, ya. Namun tetap berhati-hati agar kuku tidak cantengan ketika memotong sendiri. 

 

Karena kurang nutrisi

Artikel tips merawat kuku agar sehat 5 di website Sudut Cantik

Nutrisi memang suatu hal yang amat sangat dibutuhkan oleh seluruh tubuh. Berkat nutrisi yang tepat pada tubuh, tubuh juga tidak akan gampang sakit loh, Cantik! Nah, kalau kamu kekurangan nutrisi, gak cuma tubuh kamu aja nih yang sakit, tapi kuku mu juga akan terkena imbasnya. Akibatnya, pada kuku akan muncul lengkungan bergaris berwarna putih yang jika dilihat akan cukup mengganggu. Selain itu, permukaan kuku juga akan terasa sangat cekung akibat kurangnya nutrisi dari tubuh. Jadi, jangan lupa makan-makanan sehat, berserat seperti sayur dan buah, daging dan ayam, ya Cantik!

 

Terjadi trauma atau tidak cocok menggunakan produk kuku

artikel tips merawat kuku agar sehat 6 di website Sudut Cantik

Kalian pasti pernah dong mengalami breakout atau iritasi akibat kulit kamu tidak cocok pada beberapa bahan-bahan tertentu pada suatu produk? But, u must know kalau kuku juga dapat mengalami hal itu loh, Cantik. Kuku juga bisa saja jadi tidak cocok menggunakan produk-produk tertentu karena kandungan bahan kimia yang dapat merusak kuku, seperti penggunaan cat kuku dalam jangka waktu yang lama. Cat kuku atau kutek memiliki kandungan kimia pada pewarna nya yang akan membuat kuku menjadi rapuh lama kelamaan akibat terlalu lama menggunakannya. Jadi, kalau Cantik mau pakai kutek dengan warna lucu-lucu untuk mempercantik kuku, sebaiknya gunakan kuku palsu saja. Selain warna dan nail art yang lebih lucu kalau menggunakan kuku palsu, kuku mu tetap akan sehat dan aman.

 

 

Baca juga : Review The Originote Moisturizer Gel : Tuntaskan Jerawat!

 

 

 

Tips Merawat Kuku yang Sehat

Rendam Kuku dengan Air Jeruk Nipis Hangat

Artikel tips merawat kuku agar sehat 2

Tips merawat kuku yang sehat pertama, jeruk merupakan penyumbang Vitamin C paling banyak dengan beragam manfaat nya untuk kulit. Selain membantu mencerahkan kulit, kandungan Vitamin C juga dapat membuat kulit terasa lebih kenyal dan glowing. Namun, gak cuma kulit nih Cantik, kandungan Vitamin C juga dapat membantu merawat kesehatan kuku. Tidak hanya merawat saja, tapi juga dapat membuat kuku terlihat sehat dan mengkilap. Cara yang satu ini sudah sering digunakan pada beberapa salon kecantikan walau nggak semua salon kecantikan menggunakannya. Yaitu dengan cara merendam kuku di rendaman air jeruk hangat. Sensasi dari air hangat inilah yang membantu kutikula kuku jadi sehat. Terapkan cara ini secara rutin 3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang cepat dan lebih baik ya, Cantik.

 

Rendam Kuku dengan Larutan Garam dan Air Hangat

Artikel tips merawat kuku agar sehat

Tips merawat kuku yang sehat kedua, selain merendam kuku dengan air hangat dan perasan jeruk nipis, merendam kuku dengan larutan garam dan air hangat juga dapat membantu kuku menjadi lebih lembab dan sehat. Selain itu, kutikula kuku yang kering juga dapat terbantu dengan rendaman larutan garam dan air hangat ini. Sama seperti merendam kuku dengan air jeruk nipis hangat, usahakan untuk rutin merendam kuku dengan larutan air garam hangat 3x dalam seminggu ya, Cantik.

 

Konsumsi makanan yang mengandung Biotin

artikel tips merawat kuku agar sehat 7 di website Sudut Cantik

Tips merawat kuku yang sehat ketiga, Biotin adalah kandungan Vitamin B7 atau Vitamin H yang dikemas dalam bentuk suplemen yang berfungsi membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, saraf dan kuku. Namun, ada beberapa makanan yang sebenarnya juga mengandung si Biotin ini, Cantik, yaitu kacang-kacangan, kuning telur, dan hati ayam. Pada buah kandungan vitamin ini terdapat dalam pisang dan alpukat. Jadi, selain dijaga dari luar, kesehatan kuku juga harus dijaga dari dalam, ya Cantik!

 

Gunakan Pelembab Kuku dan Vitamin Kuku

artikel tips merawat kuku agar sehat 8 di website Sudut Cantik

Tips merawat kuku yang sehat keempat, Pelembab memang memiliki fungsi yang sangat baik bagi kulit, salah satunya untuk membuat kulit lebih sehat dan jaringan di dalam kulit menjadi lebih optimal dalam memproses kadar kelembaban air di dalam. Namun, kuku juga perlu diberikan kelembaban dari luar, Cantik. Apabila pada kutikula kuku mu terlihat kering dan tebal, gunakan pelembab seperti Nivea atau Vaseline Petroleum Jelly yang memang telah terbukti membantu melembabkan bagian bagian tubuh yang kering dan rusak. Namun, selain pelembab, kuku juga memerlukan vitamin dari luar yang membantu membuat kuku tidak hanya lembab, namun juga mengkilap dan berwarna pink cerah alami.

 

Jangan Terlalu Sering Mengikir Kuku

artikel tips merawat kuku agar sehat 13 di website Sudut Cantik

Tips merawat kuku yang sehat berikutnya, mengikir kuku memang salah satu cara untuk membuat bentuk kuku menjadi cantik dan sesuai dengan apa yang kita inginkan, serta membuat kuku terlihat lebih rapi saat tumbuh. Namun sebenarnya nih Cantik, mengikir kuku terlalu sering juga nggak baik buat kuku kamu, karna akan membuat kuku terkikis dan lama-lama membuat kuku menjadi lebih tipis. 

 

 

Baca juga : Varian Body Lotion Scarlett Whitening Paling Best Seller

 

 

 

Lakukan Manicure dan Pedicure

artikel tips merawat kuku agar sehat 15 di website Sudut Cantik

Manicure dan Pedicure adalah suatu tindakan perawatan untuk tangan (manicure) dan kaki (pedicure). Kedua perawatan ini dilakukan dengan cara memijat siku tangan hingga jari kuku dan lutut kaki hingga kuku kaki, serta merawat kuku mulai dari membersihkan kuku, merawat kuku serta merendam kuku kaki dan tangan. Tidak hanya itu, memberikan kuku pelembab dan vitamin adalah salah satu hal yang dilakukan dalam manicure dan pedicure. Meskipun tindakan manicure dan pedicure ini sangat membantu kuku terlihat sehat dan kuat, namun jangan lakukan hal tersebut terlalu sering ya, Cantik. Cukup lakukan 2-3x dalam sebulan agar kuku tidak mudah rapuh atau infeksi akibat tindakan pengikiran kuku dan pembersihan kutikula kuku terlalu sering.

 

Gunakan Minyak Zaitun

artikel tips merawat kuku agar sehat 9 di website Sudut Cantik

Minyak zaitun gak cuma untuk memasak dan lulur badan loh, Cantik. Tapi, ia juga bisa digunakan untuk merawat kuku yang rusak serta membantu membuat kuku juga terlihat lebih mengkilap. Karena minyak zaitun memiliki kandungan Vitamin E yang dapat melembabkan dan menyehatkan. Karena pada bagian kutikula kuku yang tidak dirawat, akan terlihat kering dan menebal. Selain itu, penggunaan rutin minyak zaitun pada kuku akan membuat kuku terlihat lebih mengkilap dari hari ke hari. Kali ini, Mincan punya rekomendasi minyak zaitun yang terbukti melembabkan dan sangat aman untuk kulit, yaitu Herborist Minyak Zaitun yang tersedia 75ml dan 150ml. Kamu bisa mendapatkan harga Rp 18.000-22.000 an cuma disini! Jadi jangan ragu checkout yah, Cantik!

 

Nah, itu dia ulasan lengkap terkait Tips Merawat Kuku yang Sehat agar Glowing dan Mengkilap. Tampil cantik itu memang cukup ribet, tapi kalau terbiasa, kamu akan dapatkan hasil yang bikin kamu senang!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *