Begini Waktu Pemakaian Serum Sesuai Kandungan!

Buat Cantik yang masih sering bingung kapan sih  waktu pemakaian serum yang tepat? Yuk cek timeline serum berdasar kandungan yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Berikut penjelasan selengkapnya!

waktu pemakaian serum aurutan skincare routine acne prone skin jenis serum azarine superhero manfaat serum bakuchiol Layering Skincare Kenapa Harus Nunggu Beberapa Menit?

Sudah pakai berbagai macam serum tapi kondisi kulit makin bermasalah? Buat kamu yang saat ini juga mengalami hal yang serupa. Terkadang bukan hanya soal kandungan skincare yang jadi biang keladinya. Karena bagaimanapun juga cara penggunaan serum juga sangat mempengaruhi kondisi kulit wajah lho! Meski terkesan sepele, tapi percaya deh sebagus apapun skincare yang kamu gunakan. Hasilnya ga bakal optimal jika pemakaiannya masih bermasalah. Nah biar masalah kulit cepat teratasi. Berikut waktu pemakaian serum berdasar kandungan yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. 

 

Waktu pemakaian serum di pagi hari

Berikut sederet waktu pemakaian serum di pagi hari yang bisa kamu perhatikan. Diantaranya:

waktu pemakaian serum skincare untuk mencegah penuaan dini jenis serum azarine superhero perbedaan serum dan ampoule
Sumber: Freepik

Serum vitamin C

Ga dipungkiri lagi, vitamin c memang dikenal sebagai kandungan yang kaya akan antioksidan tinggi. Sehingga dapat menutrisi. melembabkan sekaligus mencerahkan kulit secara alami. Soal waktu pemakaian serum, vitamin c sangat bagus jika dipakai di pagi hari. Mengingat fungsinya sebagai antioksidan, yang diklaim bisa memberikan perlindungan yang maksimal terutama terhadap paparan sinar matahari dipagi hari serta kontimasi polusi dan bakteri yang bisa membahayakan kulit. 

 

Serum Vitamin  E

Sama seperti vitamin C, ga dipungkiri keberadaan vitamin E juga dikenal baik sebagai antioksidan alami yang efektif melawan bahaya radikal bebas matahari. Sehingga sudah tentu manfaatnya sangat baik jika diaplikasikan di pagi hari sebagai perlindungan utama agar kulit tetap sehat, ternutrisi dan juga terlindungi. 

 

Serum Hyaluronic Acid

Manfaat hyaluronic acid memang sangat dikenal sebagai skin barrier yang efektif mempertahankan kelembaban kulit. Karna memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menjaga  kadar air dalam kulit dibandingkan dengan polymer alami lainnya. Jika kamu ingin mendapatkan kulit lembab, kenyal dan benergi di pagi hari. Tentu kamu ga boleh melewatkan waktu pemakaian serum hyalutonic acid sebelum beraktivitas secara rutin ya. Ga hanya itu, jika kulitmu senantiasa lembab. Bukan tidak mungkin efeknya bisa membuat hasil riasanmu lebih mudah menyerap dan bisa tahan lama. Bener Ga? 

 

Serum Niacinamide

Penggunaan serum niacinamide dipagi hari dipercaya efektif membantu membangun sel di kulit serta melindunginya dari berbagai zat eksternal yang mengancam kulit. Sepertihanya polusi dan bahaya radikal bebas sinar matahari 

Catatan :

Setelah Cantik mengetahui waktu pemakaian serum berdasar kandungan yang sudah di sebutkan sebelumnya. Yang tak kalah penting, pastikan penggunaan serum dipagi hari wajib dibarengi dengan tabir surya ya! Karena jika tidak, resiko oksidasi kandungan skincare yang sudah diaplikasikan di kulit bisa terjadi lebih cepat. Sehingg dampaknya bisa membuat kefektifan kinerja serum itu sendiri jadi menurun. Dan ga maksimal mengatasi masalah wajah sebagaimana klaim yang seharusnya. 

Baca juga: Jenis Serum Azarine Superhero Beserta Fungsinya Terlengkap!

 

Waktu pemakaian serum di malam hari

Berikut sederet watu pemakaian serum di malam hari yang bisa kamu perhatikan selama perawatan. 

waktu pemakaian serum kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan eiem hydrating serum review perbedaan moisturizer dan face oil kandungan serum somethinc perbedaan serum dan ampoule kesalahan menggunakan serum cara pakai serum retinol scarlett urutan pemakaian scarlett brightly ever after serum cara layering serum somethinc Metode CSM dalam Memakai Skincare, Apa Maksudnya?
sumber : freepik.com

Serum Niacinamide

Kandungan Niaciamide sebenarnya dapat digunakan dipagi atau dimalam hari. Tapi jika  kondisi kulitmu cenderung sensitif. Alangkah baiknya jika waktu pemakaian serum  Niaciamide digunakan dimalam hari. Kemudian dilanjuut dengan pemakaian skincare lainnya yang mengandungvitamin C untuk menghindari iritasi. 

Selain ramah untuk kulit sensitif, kombinasi serum niacinamide dan vitamin c juga disebut sebut sangat baik digunakan secara bersama dipagi maupun dimalam hari. Karena memiliki kinerja bagus dalam mengontrol produksi sebum sekaligus menjaga kelembapannya secara alami. 

 

Serum AHA/BHA & RETINOL

Sebagaimana yang Cantik tahu, kandungan AHA/BHA & Retinol memang dikenal sebagai zat aktif yang sama bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Dan pada dasarnya, kandungan yang berfungsi mengangkat sel kulit mati biasanya akan membuat kulit rentan/sensitif terhadap matahari. Sehingga soal waktu pemakaian serum sendiri, sangat disarankan untuk menggunakan dimalam hari agar kinerjanya dapat bekerja dengan baik dalam mengatasi berbagai masalah kulit. 

 

Serum Hyaluronic Acid

Pada dasarnya kelembapan kulit memang dibutuhkan dalam segala kodisi. baik di pagi atau malam hari. Jadi, waktu pemakaian serun hyaluronic acid juga bisa kita pakai di malam hari, Dengan tujuan menjaga dan mengunci kelembapan kulit dari malam. Sehingga kulitmu bisa lebih lembab, nga minyakan dan lebih kenyal tentunya saat bangun pagi. 

 

Serum Hydroquinone

 Hydroquinone digunakan sebagai kandungan pencerah yang dapat membantu menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat.. fyi, kandungan ini bekerja dengan menghambat produksi melanin yang bisa membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Jadi gunakan kandungan ini dimalam hari.

 

Cara pemakaian serum yang benar

Setelah Cantik mengetahui waktu pemakaian serum yang tepat sesuai kandungan. Tentu tidak akan lengkap hasilnya jika nga dibarengi cara pengaplikasin serum ke wajah yang benar dan sesuai aturan. Nah biar kondisi kuli cepat pulih dan nga makin bermasalah. Ini dia sederet aturan cara pemakaian serum yang bisa kamu pertimbangkan sebagai berikut. 

  • Pastikan gunakan serum sesuai kebutuhan dan jenis kulit 
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan serum 
  • Hindari penggunaan serum dengan cara menempelkan pipet ke kulit 
  • Tuangkan serum ke tangan secukupnya dan kemudian oleskan secara merata ke wajah
  • Berikan pijatan ringan  agar serum mudah menyerap dan kulit jadi rileks
  • Diamkan wajah beberapa saat sebelum menggunakan skincare lainnya

Baca juga: Rekomendasi Kandungan Serum Somethinc Semua Jenis Kulit!

 

QnA waktu pemakaian serum

waktu pemakaian serum pratista serum retinol review tekstur

Memakai serum malam hari jam berapa?

Jika kentuan waktu pemakaian serum yang kamu punya di malam hari. Sebenarnya nga ada ketentuan khusus jam berapanya. Yang jelas kinerja serum akan jauh lebih efektif jika kamu mengaplikasannya  sesaat sebelum tidur. Hanya saja jika kamu ingin mendapatkan hasil serum yang maksimal di wajah. Kamu bisa memulai menggunakan serum 

 

Berapa menit agar serum meresap?

Idealnya kamu cukup menunggu meresapnya serum setidaknya 2 – 3 menit saja. Sebelum melanjutkan perawatam menggunakan serangkain produk perawatan wajah lainnya. 

 

Berapa lama serum akan terlihat hasilnya?

Jangan buru buru bilang tidak cocok! Sama seperti skincare lainnya, serum juga membutuhkan waktu untuk bekerja. Setidaknya untuk bisa melihat hasilnya, kamu perlu bersabar menunggu selama 4 – 6 minggu. JIka setelah pemakaian serum, kondisi kulit jadi lebih baik. Cantik bisa gunakan produk serum secara rutin dalam jangka panjang untuk kulit yang sehat dan terawat. 

 

Berapa tetes serum untuk wajah?

Soal takaranya, ga dipungkiri kebutuahn setiap serum bisa berbeda beda. Lebih mudahnya, Cantik bisa ikuti saja ketentuan aturan yang ada di bagian kemasan produk. Agar hasil perawatan benar benar bisa maksimal mengatasi berbagai masalah wajah. 

 

Apa ciri-ciri serum tidak cocok?

Pada umumnya, ciri ciri serum tidak cocok selalu ditandai dengan timbulnya reaksi kulit yang makin bermasalah. Seperti kemerahan, breakout, kulit makin kering, mengelupas dan tanda tanda kerusakan kulit lainnya. Nah biar kondisi seperti ini nga terjadi. Pastikan lakukan test patch sebelum menggunakan skincare baru. 

Caranya cukup mudah kok, karena Cantik hanya perlu mmengoleskan serum ke beberapa bagian sensitif. Seperti area belakang telinga dan kulit pergelangan tangan. Baru kemudian Cantik bisa menutupnya dengan plester. Normalnya, tunggu hingga 24 jam. Setelah itu kamu bisa melihat seperti apa reaksi yang ditimbulkan. Jika sesaat plester dibuka muncul reaksi alergi, itu tandanya kandungan serum memang ga cocok untuk jenis kulitmu Cantik!

 

Nah itu dia sekilas ulasan terkait waktu pemakaian serum sesuai masing – masing kandungan penyusunnya yang bisa kamu pratekkan sendiri di rumah. Jika saat ini Cantik membutuhkan manfaat serum untuk mengatasi masalah kulit wajah lebih cepat. Kabar baiknya hanya disini kamu bisa menemukan berbagai jenis serum lebih mudah dengan harga yang bersahabat pula? Ga percaya cek saja sendiri sekarang! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *