5 Perbedaan Serum dan Ampoule! Pemula Wajib Tahu!

Buat kamu yang masih sering bingung seperti apa saja perbedaan serum dan ampoule? dan bagaimana urutan penggunaanya yang tepat dalam perawatan wajah. Biar ga salah kaprah. Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini !

perbedaan serum dan ampoule  kesalahan menggunakan serum cara pakai serum retinol scarlett urutan pemakaian scarlett brightly ever after serum cara layering serum somethinc Metode CSM dalam Memakai Skincare, Apa Maksudnya?
sumber : freepik.com

Saking beragamnya jenis skincare yang bertebaran bebas di pasaran. Pernah nga Cantik bingung mau pilih yang mana? Apalagi jika tampilan produk – produk skincare yang ditawarkan terlihat mirip dan susah dibedakan. Seperti serum dan ampoule misalnya.

Ga dipungkiri, diantara banyaknya jenis skincare. Kedua produk tersebut memang seringkali menjadi bahan pertanyaan yang cukup sering diulas di berbagai forum forum kecantikan. Mulai dari apa saja perbedaan serum dan ampoule,bagaimana urutan pemakaiannya sampai perlukah menggunakan kedua duanya. Buat kamu yang juga memiliki pertanyaan yang serupa, pas banget karena disini Mincan akan spill perbedaan serum dan ampoule yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan. 

 

Perbedaan serum dan ampoule

perbedaan serum dan ampoule Layering skincare

Fungsi dan kandungan serum dan ampoule

Terkait perbedaan serum dan ampoule yang pertama. Tentu Cantik akan lebih mudah mengetahui jika membandingkan fungsi dan kandungannya. Seperti yang Cantik tahu, serum merupakan cairan yang dikombinasikan dengan berbagai bahan aktif konsentrasi tinggi.. Biasanya serum memasukkan beberapa bahan aktif seperti vitamin C, AHA BHA, retinol, Hyaluronic Acid, ekstrak tumbuhan dan berbagai kandungan lainnya. Yang ditujukan untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit secara lebih spesifik. Mulai dari permasalahan jerawat,skin barrier yang tidak terawat,  kemunculan tanda penuaan serta berbagai masalah kulit lainnya. 

 Sebenarnya baik serum maupun ampoule, keduanya sama sama tergolong jenis skincare yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Hanya saja jika dibanding dengan serum. Ga dipungkiri, formulasi bahan aktif yang terdapat dalam ampoule  memang lebih sedikit, paling tidak sekitar 1 – 2 kandungan saja.

Bicara soal kandungannya, umumnya ampoule diformulasikan dari bahan bahan seperti asam esensial, peptide dan  ekstrak tumbuhan sebagai bahan dasar penyusunnya. Meski demikian, kadar konsentrasi bahan aktif yang dimilikinya terbilang lebih besar jika dibandingkan serum. Sehingga ga heran jika manfaat ampoule banyak dijadikan pilihan untuk mengatasi permasalahan wajah 2x kali lebih cepat dibanding jenis  skincare lainnya. 

 

Tekstur serum dan ampoule

Selanjutnya, perbedaan serum dan ampoule kedua juga bisa Cantik amati seksama dari segi tampilan teksturnya. Pada dasarnya, serum memang kerap dianggap memiliki tekstur yang lebih kental dibanding dengan toner essence atau produk serupa lainnya. Hanya saja kalau sudah disandingkan dengan ampoule. Bisa dibilang, tekstur ampoule memang lebih pekat dibanding tekstur serum yang kebanyakan berbahan dasar air, lebih ringan dan mudah menyerap ke kulit lapisan paling terdalam. 

Meski demikian, terkadang wujud ampoule juga tidak selalu lebih kental dibanding serum. Bahkan tak jarang, tekstur ampoule juga bisa serupa dengan serum.  Tergantung dengan formulasi bahan dasar yang digunakan  dari masing masing brand. Yang jelas, sekalipun meski  cenderung memiliki tekstur pekat, namun penggunaanya tetap mudah menyerap dan diaplikasikan ke kulit secara lebih merata kok. Sehingga kamu pun juga bisa lebih nyaman menggunakannya. 

 

Baca juga : Review Lacoco Glow Mask: Rahasia Bikin Glow Up Saat Bangun?

 

Hasil pemakaian serum dan ampoule

Perbedaan serum dan ampoule dari hasil pemakaian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dibanding serum, ampoule memang memiliki kadar konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Sehingga sudah tentu, efek pemakaian ampoule akan terasa lebih cepat. Jika dibanding dari penggunaan serum yang baru terlihat hasilnya setelah pemakaian yang rutin dan berkala. Buat kamu yang ingin mengatasi permasalahan kulit wajah secara lebih cepat. Ampoule bisa jadi solusi yang tepat untuk perawatan.

Meski manfaat ampoule sangat luar biasa memperbaiki kondisi kulit wajah. Tapi tetap saja. ga boleh sembarangan memilih produk ampoule ya Cantik! Sebelum membeli, pastikan dulu apakah kandungannya ramah dan aman digunakan kulitmu? Masalahnya, tingginya bahan aktif yang terkandung dalam ampoule. Juga rentan membuat kulit bermasalah lho! Terlebih jika kandungannya tidak cocok dengan kondisi kulit wajah.  

Bagi kamu yang masih pemula, dan belum pernah mencoba skincare sama sekali.. Dibanding ampoule yang memiliki konsentrasi tinggi.Sebaiknya untuk perawatan awal, Kamu bisa menggunakan serum terlebih dahulu untuk pengenalan. Jika setelah menggunakannya, kulitmu menjadi lebih baik dan bisa beradaptasi dengan kandungan bahan aktif. Selanjutnya, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan produk ampoule untuk memaksimalkan perawatan wajah. 

Nah jika saat ini kamu sedang mencari produk serum dan ampoule untuk merawat kulit wajah. Kabar baiknya disini kamu bisa menemukan berbagai macam jenis merek ampoule maupun serum BPOM original lebih mudah. Tanpa perlu repot repot mencari ke tempat lain.Dapatkan segera produknya disini!

 

Bentuk kemasan serum dan ampoule

Jika dilihat dari tampilannya. Sekilas perbedaan serum dan ampoule memang tidak begitu terlihat. Namun jika dilihat lebih detail. ga dipungkiri ukuran botol serum memang cenderung lebih besar dibanding kemasan botol ampoule. Meski demikian  keduanya sama sama hadir dalam wadah botol yang travel friendly. Sehingga tidak memakan banyak tempat dan mudah dibawa saat perjalanan. Ga hanya itu saja, baik serum maupun ampoule juga dilengkapi dengan  pipet berwarna transparan. Untuk memudahkan pemakaian, agar cairan tetap higienis namun tidak beluberan kemana mana. Apakah kamu sudah mencoba salah satunya? 

 

Urutan cara pemakaian serum dan ampoule

Mengingat konsentrasi kandungan serum dan ampoule tidak sama. Tentu saja ada perbedaan serum dan ampoule dari cara pemakaiannya. Dibanding ampoule, serum lebih aman digunakan dalam keseharian. Baik di pagi hari  maupun malam sebelum tidur. Untuk urutan pemakaiannya, serum bisa digunakan setelah kamu menggunakan facial wash dan toner untuk membersihkan wajah. Setelah keduanya produk tersebut sudah diaplikasikan. Kamu bisa lanjut perawatan dengan mengoleskan serum secukupnya sesuai anjuran produk. mengunci semua nutrisi skincare dengan pelembab. Dan terakhir, tetap menggunakan sunscreen secara rutin sebelum beraktivitas ya! untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas sinar matahari. 

Berbeda dengan penggunaan serum. Penggunaan ampoule sangat tidak disarankan diaplikasikan terlalu sering. Apalagi jika tiap hari. Karena dikhawatirkan akan memicu iritasi. Mengingat tingginya konsentrasi bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Sehingga idealnya, kamu bisa menggunakan ampoule layaknya serum eksfoliasi. yang bisa diaplikasikan 2 – 3 kali dalam seminggu secara berkala. Sementara untuk urutan pemakaiannya. Ampoule sendiri bisa digunakan setelah menggunakan toner dan sebelum menggunakan serum. Setelah ampoule sudah dioleskan ke wajah, kamu bisa melanjutkan perawatan lainnya. Dengan serum, moisturizer dan diakhiri menggunakan sunscreen. 

Baca juga : Urutan Skincare Untuk Jerawat Tanpa Mata Yang Meradang!

 

Nah itu dia sekilas perbedaan serum dan ampoule yang bisa kamu pertimbangkan dalam perawatan kulit wajah Cantik! Jika kamu sudah tidak sabar mencoba manfat salah satu atau keduanya secara bersamaan. Kabar baiknya disini kamu bisa mendapatkan kedua produknya lebih mudah. Dengan harga yang lebih bersahabat tentunya. Ga percaya? cek saja disini! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *