Yuk Coba Hempaskan Breakout dengan Puasa Skincare!

Udah coba beragam cara buat hempasin breakout tapi gak kunjung hilang dan malah semakin parah? Rese banget kan? But, pernah gak sih kamu berpikir kalau breakout yang kamu alami bisa jadi karena kulitmu capek sama rangkaian skincare yang kamu pakai, suka gonta ganti skincare dan strees? Kayaknya, artikel ini cocok buat kamu, yuk coba hempaskan breakout dengan puasa skincare di ulasan ini!

 

artikel puasa skincare
sumber: freepik.com

Stress merupakan hal normal dan wajar yang memang dapat dialami oleh siapapun, entah karna suatu pikiran yang rumit dan melelahkan. Tapi jangan salah, kulitmu juga bisa mengalami stress loh, Cantik! Sebab itulah jerawat akan muncul. Selain karna stress, breakout dapat dipicu dengan hal yang lain. Seperti; ketika kamu sering menggonta ganti skincare yang berakibat kulitmu jadi bingung dengan komposisi dan kegunaan dari si produk tersebut. Niat ingin punya kulit flawless dan sehat eh malah berantakan, nggak mau gitu kan?

Ada lagi nih, Cantik. Selain karena stress dan terlalu sering gonta ganti skincare, kulitmu sedang tidak cocok menggunakan salah satu kandungan aktif skincare yang cukup keras. Kasus seperti ini tidak hanya dialami oleh pemilik akun sensitif, pada semua jenis kulit apapun bisa mengalaminya. Jadi sangat perhatikan baik-baik ya kulitmu. Terus ada gak sih caranya? Tentu ada dong! Sebelumnya kamu pernah dengar gak sih soal puasa skincare? Lalu gimana dan hal-hal apa aja yang harus dilakukan saat puasa skincare, ya?

 

Apa itu puasa skincare?

Puasa skincare adalah keadaan dimana kamu harus menghentikan atau tidak menggunakan semua rangkaian rutin skincare kamu seperti toner, serum, essence atau rangkaian skincare kamu yang lain, dikarenakan breakout atau munculnya jerawat yang terus menerus atau bahkan sampai meradang. Pemicu munculnya breakout bisa dari pengaruh dalam dan pengaruh luar. Tidak cocoknya kandungan skincare berbahan aktif yang keras sehingga harus segera dihentikan penggunaanya. Stress pun dapat menjadi pemicu. Penelitian ahli dermatologis juga menunjukkan, terlalu banyak memakan makanan yang berminyak, manis, atau minuman yang mengandung kafein dan susu, akan menjadi pemicu munculnya jerawat. Karena kandungan gula yang berlebihan dapat memicu timbulnya resistensi insulin. Yuk coba hempaskan breakout dengan puasa skincare dengan cara dibawah ini!

Stop penggunaan rangkaian basic skincare

artikel puasa skincare
sumber: freepik.com

Jika dalam beberapa hari jerawat terus menerus muncul di tempat yang berbeda di wajah kamu, segera hentikan semua penggunaan skincare kamu. And then, amati dengan baik kandungan apa ya yang kira-kira dapat memicu jerawat kamu. Karena kandungan aha bha, niacinamide dan bahan aktif lainnya yang terlalu tinggi ketika kamu menggunakan nya untuk pertama kali atau sebagai pemula itu akan sangat memicu kulitmu untuk bereaksi demikian, because that ingredients so much hard for your skin. Selama kamu mengistirahatkan wajah dari skincare dan kulitmu membaik, gunakan rangkaian skincare mu kembali mulai dari basic lagi saja ya.

Tetap bersihkan wajah meskipun sedang puasa skincare

urutan pemakaian scarlett brightly ever after serum manfaat sabun scarlett age delay
Sumber : Freepik

Jangan salah ya, Cantik! Puasa skincare bukan berarti kamu tidak boleh membersihkan wajahmu. Kamu harus tetap rajin membersihkan dan mencuci wajahmu baik saat pagi atau malam sebelum tidur meskipun sedang mengistirahatkan wajah dari skincare. Sangat dianjurkan untuk tetap double cleansing ya dengan menggunakan micellar water atau cleansing balm dan facial wash ya agar kulitmu tetap bersih setelah beraktifitas seharian dimana debu dan kotoran menjadi biang dari si sebum dan jerawat. ‘Terus nih mincan, kalau ternyata malah gak cocok sama si pembersih muka nya gimana dong?’ Keep calm, kamu perlu mengamati bahan bahan yang terkandung pada pembersih wajahmu, ya. Jika merasa ada kandungan alkohol jahat, kamu harus segera menghentikan penggunaan si pembersih wajah dan segera temukan pembersih wajah yang sedang kulitmu butuhkan, ya Cantik! Tapi mincan anjurkan, gunakan facial wash yang gentle dan hindari penggunaan cleansing balm untuk kamu pemilik skin type sensitif acne prone. Tapi, kalau kamu cocok-cocok saja, its okay!

Baca Juga : Tips Memilih Toner Untuk Kulit Kering dan Sensitif

 

Jaga asupan makanan

for flimty
sumber: freepik.com

Saat kamu sedang breakout, ada baiknya kamu harus menjaga pola makanmu, ya Cantik! Mengapa demikian? Asupan makanan yang masuk ke tubuh kita juga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Hindari meminum atau memakan makanan yang mengandung susu karena susu memiliki jumlah lemak dan kalori yang tinggi yang dapat memicu tumbuhnya kelenjar lemak yang berlebih yang berakibat pada terganggunya lapisan terdalam kulitmu. Selain itu, hindari makanan yang mengandung gula berlebih atau yang manis-manis, ya. Perbanyak makan buah dan sayur agar menjaga lapisan terdalam kulitmu tetap sehat dan tubuhnya juga akan jauh lebih sehat. Kurangi minuman berkafein juga ya, Cantik!

 

Jaga pola hidup sehat

artikel puasa skincare 3

Tidak hanya menjaga pola makan yang sehat, mengatur dan menjaga pola hidup tetap sehat dapat menyembuhkan breakout dan mempercantik kulitmu, loh. Siapa sih yang nggak kenal Sophia Latjuba, di umurnya yang menginjak 50 tahun ini beliau terlihat sangat cantik dan awet muda loh karena rahasia nya Sophia selalu menjaga pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga setiap hari 10-20 menit, tidak begadang dan banyak minum air putih dapat membantu memperbaiki permasalahan kulit nih menurut Sophia. Jangan terlalu stress juga, ya Cantik!

Rajin mengganti sprei

artikel puasa skincare

Yuk coba hempaskan breakout dengan puasa skincare mengganti sprei! Nah ini nih, kelihatan sepele tapi sebenernya cukup fatal. Cantik, harus rajin mengganti sprei minimal seminggu 1 kali dan sprei bantal guling tiap 3-4 hari sekali. Karena, kuman dan bakteri sangat suka menempel di sprei. Kulitmu yang tertempel di sprei inilah yang dapat berakibat fatal pada kulitmu yang sedang breakout.

Rajin gunakan sunscreen

kesalahan menggunakan sunscreen Cara Pakai Avoskin Miraculous Refining Toner dengan hydarting toner cara pakai serum somethinc bakuchiol
sumber: freepik.com

Kalau Cantik banyak melakukan aktivitas di outdoor, wajib hukumnya untuk menggunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari gendut, ya! Karena si sinar UVA dan UVB jahat dari matahari ini, dapat memicu jerawat mu semakin parah. Selain itu, agar kulitmu tetap terlindungi dan terhindar dari flek hitam. Pilih sunscreen yang mengandung physical Sunscreen terutama untuk pemilik skin type sensitif acne prone, karena ia akan bekerja memantulkan si sinar uv keluar dari kulitmu.

Hindari penggunaan full makeup untuk sementara

tips makeup antri crack
sumber: freepik.com

Yuk coba hempaskan breakout dengan puasa skincare dengan mengurangi penggunaan makeup. Makeup juga menjadi suatu hal yang dapat membuat jerawat semakin meradang. Karena, ada beberapa kandungan makeup yang dapat menutup pori-pori sehingga membuat kulit sulit bernapas dengan baik yang menjadikan jerawat mu semakin parah. Meski kamu tidak menggunakan makeup, kamu juga bisa kok tampil cantik. Karena sejatinya, tidak ada perempuan jelek di dunia ini! Cukup gunakan lipstik dan maskara atau eyebrow ketika ingin keluar rumah namun tetap cantik!

Baca juga : Review Skintific Repair Barrier Set, perbaiki skin barrier!

 

Pengalaman puasa skincare

Yuk coba hempaskan breakout dengan puasa skincare berdasarkan pengalaman Mincam sangat bekerja dengan baik, loh! Mincan, memiliki skin type oily sensitive acne prone. Dimana jerawat Mincan akan sangat gampang muncul saat baru beberapa hari menggunakan skincare yang tidak cocok dengan kulit Mincan. Akibatnya, Mincan sangat sering mengalami breakout. Selain itu, faktor stress dan penggunaan skincare yang sering gonta ganti karena ingin mencoba-coba jadi alasan Mincan jadi breakout parah!

Mincan melakukan cara skin fasting atau puasa skincare selama sebulan dengan mengistirahatkan wajah dari skincare dan hanya menggunakan produk pembersih wajah, moisturizer dan sunscreen. Selalu menjaga asupan makanan dengan menghindari makanan pedas, telur, dan makanan manis serta produk minuman makanan susu. Tentu saja mulai menjaga pola hidup sehat semenjak itu. Saat dirasa sudah jauh lebih baik, Mincan mulai menggunakan kembali basic skincare andalan Mincan dari Somethinc Supple Power dan Moisturizer dari Cerave. Serta selalu rajin menggunakan sunscreen dan apply sunscreen tiap 4 jam sekali jika sedang berada diluar rumah. Menghentikan semua penggunaan makeup dan hanya menggunakan eyebrow, maskara dan lip tint saat pergi ke kampus dan bekerja. Jadi, yuk coba hempaskan breakout dengan puasa skincare kalau sudah mencoba berbagai macam cara dan produk khusus untuk acne tapi tetap tidak bekerja dan semakin parah!

 

Itu dia ulasan terkait yuk coba hempaskan breakout dengan puasa skincare! Karena sejatinya, kulit yang sehat adalah yang tidak hanya dirawat dari luar, namun juga harus dirawat dari dalam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *