apa itu skincare

Apa itu Skincare ? Jenis, Manfaat dan Cara Memilihnya

Pernah nga ? disaat temen satu geng mu  ngobrolin tentang skincare, tapi Cantik cuman diam  dan ngangguk – ngangguk sambil membatin sebenarnya apa itu skincare ? Mau tanya temen tapi kok takut disangka kudet, mau googling di internet, eh lupa kuota internet abis belum diisi !

Tapi tenang Cantik , Mincan juga pernah ngalamin kok hehe. Nah bagi Cantik yang mau tahu apa sih itu skincare supaya lain kali lebih pede dan nyambung diajak ngobrol. ? Pas banget disini Mincan bakal kasih tahu apa sih pengertian skincare ? apa saja jenis – jenis skincare ? sampai seberapa penting skincare bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Yuk simak ulasan  dibawah ini.

apa itu skincare

Sumber : @Scarlett_Whitening

 

Apa itu Skincare ?

Jaman sekarang istilah skincare sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga bukan  ? bahkan nyaris setiap hari dibicarakan,  entah di tv, sosial media sampai rumpi – rumpi cantik emak – emak  arisan.Nah kalau disimpulin, sederhananya Skincare adalah serangkaian produk yang digunakan untuk perawatan kulit. Mulai dari kulit wajah sampai ujung kaki.

Kalau merujuk  Wikipedia, Skincare atau perawatan kulit tidak lain dari rangkaian praktik mendukung integritas kulit, meningkatkan penampilannya, dan meringankan kondisi kulit.Sehingga kulit lebih terawat dan sehat. Sudah tentu penggunaan skincare disini sangat penting ya Cantik.

Gampangnya selain bisa menjaga kulit tubuh tetap sehat, pemakaian Skincare yang teratur juga bisa membuat kamu tampil lebih percaya diri lho. Mau kulit kusam jadi lebih glow – up ? gampang. Mau jerawat hempas dari muka ? mudah ! Mau bekas luka hilang ?  Ya bisalah. Termasuk bikin si doi tambah jatuh cinta ehe.

Semua itu mudah, selama Cantik menggunakan skincare yang tepat dan cocok di kulit. Jadi jangan sampai salah pilih ya . Nah bagi Cantik yang ingin menemukan serangkaian produk skincare yang aman, gausah bingung cari di tempat lain. Cukup klik tautan ini, dapatkan beragam produk skincare original terlengkap dengan harga yang bersahabat.

 

Apa itu Manfaat Skincare bagi  Kulit

 Sudahlah pakai air wudhu saja, ngapain sih beli skincare mahal mahal kalau ada yang gratis plus dijamin berkah lagi !

Pernah ga sih Cantik menjumpai banyolan semacam itu di medsos. Sepertinya sudah tidak asing ya kan ? Apalagi di kolom komentar para selebram. Wuih ga terhitung banyaknya.  Tapi faktanya memang banyak sih netizen yang membandingkan skincare air wudhu dengan skincare beneran . Entah karena iseng – iseng saja atau memang iri karena tak mampu beli. Hehe peace eh kok Mincan jadi ikut netijen julid sih.

Oke balik lagi. Tapi rasanya rada aneh gitu melihatnya, pasalnya keduanya memang tidak bisa dibandingkan.  Logikanya saja ya jika Cantik ingin tampil awet muda macam Shopia Latjuba di umur 40 an keatas. Dan bisa lebih bergaya di pernikahan anak kelak. Apa percikan air wudhu saja cukup melawan keriput dan tanda penuaan? Tentunya tidak kan Cantik ?

Jaman juga sudah canggih. Ya kalo ingin kulit terawat bahkan sampai usia senja kelak, sudah pasti skincare adalah investasi terbaik sepanjang masa. Bener ga ? Selain bisa mempercantik tampilan, skincare juga bisa menjaga kesehatan kulit dan mental lho ! Yuk skincarean  rutin mulai sekarang.

 

Baca Juga : Manfaat Skincare untuk Kesehatan Mental Lebih Baik 

 

Jenis – Jenis Skincare

apa itu skincare

Sumber ; @scarlett_whitening

Nah kalau tanya jenis skincare apa aja ? Sudah jelas jawabanya akan panjang. Tapi nga sepanjang jalan kenangan kok, santai. Oke balik ke pembahasan, kalau dilihat berdasarkan kegunaan dan tempat pengaplikasiannya.  skincare dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut.

 

Face Cleanser

Face Cleanser biasanya digunakan sebagai pembersih wajah pertama dari kotoran, debu dan sisa make up setelah beraktivitas seharian. Namun membesihkan muka dengan face cleanser saja tidaklah cukup, untuk mendapatkam wajah yang bersih dan sehat, tentunya diperlukan Skincare pendukung sepertihalnya Facial Wash dan Toner.

 

Facial Wash

Skincare satu ini lebih berfungsi sebagai sabun cuci muka. Umumnya facial wash digunakan minimal 2 kali sehari, saat mandi pagi dan sebelum menjelang tidur. Lebih dari itu ? usahakan dihindari ya Cantik. Karena terlalu sering mencuci wajah juga tidak baik untuk kesehatan kulit lho ! Sebab bisa jadi minyak alami pada kulit ikut tersapu sehingga kulit menjadi kering.

 

Toner

Sehabis cuci muka ? ngrasa nga kalau kulit jadi lebih kesat ! itu tandanya Ph di kulitmu mengalami perubahan Cantik. Nah untuk mengembalikan Ph wajah seperti sediakala, kamu bisa menggunakan toner sebagai basic skincare rutin harian.

 

Serum

Dengan kandungan zat aktif yang tinggi, serum dipercaya mampu menutrisi kulit wajah sampai lapisan paling terdalam. Ga heran, kalo banyak orang yang jatuh cinta sama produk satu ini.

 

Essence

Secara fungsi hampir mirip dengan serum. Hanya saja tekstur essense lebih ringan dan cair seperti air. Selain itu, konsentrasi zat kandungannya juga terbilang rendah dibanding serum.  Sehingga sangat cocok untuk menghidrasi kulit yang kering dan dehidrasi.

 

Cream

Bahan skincare yang terbuat dari perpaduan krim lengkap dengan kandungan oil. Fungsinya tidak lain untuk melembabkan kulit. Biasanya cream hadir dengan 2 tipe, cream pagi yang berfungsi melindungi kulit dari kelebihan sinar UV dan cream malam yang memulihkan serta menutrisi kulit saat menjelang tidur.

 

Mosturaize

Fungsinya sama seperti cream, hanya saja bahannya dasarnya berupa air. Meskipun tipe kulit berminyak , jangan kira penggunaan mosturaize hanya untuk kulit kering Cantik.  Pada dasarnya semua jenis kulit membutuhkan pelembab, agar terhindar dari dehidrasi serta nutrisi kulit terjaga.

 

Masker

Produk kecantikan yang digunakan untuk merawat kulit. Biasanya digunakan paling sedikit seminggu sekali. Dengan tekstur yang bermacam – macam, bisa berupa gel, bubuk, maupun pasta.

Bahkan sekarang varian masker nga hanya semakin banyak, tapi juga semakin mempermudah penggunanya lho. Nah bagi Cantik yang ingin maskeran simpel, mudah dan ga ribet ! sheet mask sangat cocok dijadikan pilihan.

Masker sekali pakai ini, terbilang efektif bagi Cantik yang punya sedikit waktu luang. Karena bisa langsung ditempelkan di wajah. Sehingga cantik ga perlu repot – repot lagi meracik duluan ataupun ga perlu khawatir masker bakal belepotan kemana – mana.

 

Sun Screen

Untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Cantik perlu mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya rutin setiap hari. Eits tunggu bukannya sinar matahari  kaya akan vitamin D yang baik untuk kesehatan ya ? kenapa harus dihindari !

Jadi begini Cantik memang benar sinar matahari sangat baik untuk kesehatan. Bahkan dalam penelitan WHO, sinar matahari diyakini mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti infeksi jamur, jerawat dan psiorasis berkat kandungan vitamin D nya sendiri.

Hanya saja ada tapinya nih ! paparan sinar matahari yang berlebih juga sangat beresiko lho. Dalam skala kecil, efeknya bisa menyebabkan keriput, bintik hitam sampai warna kulit yang kusam. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan penyakit super serius. Seperti meningkatkan resiko terkena kanker kulit lho.

Ngeri bukan ? tapi kalaupun mau berjemur apalagi di waktu pandemi gini.  Ya idealnya cukup 15 menit saja setiap pagi, tentunya dibarengi penggunaan sun screen ya Cantik agar kulit semakin terlindungi.

 

Lip Care

Sebagaimana  kulit wajah, kulit bibir juga perlu mendapat perawatan rutin lho. Dengan serangkaian produk lip care, tentunya Cantik akan semakin mudah merawat bibir jadi lebih sehat dan merona. Ga cuman lip balm, lip care juga hadir dengan beragam varian seperti : lip mask, lip serum, lip scrub dan lip therapy. Sudahkah kamu mencobanya ?

Face Mist

Produk  pelembab satu ini memang tengah naik daun di dunia perskincarean saat ini. Pasalnya jika pelembab biasanya sekedar dioleskan,  penggunaan face mist terbilang unik karena harus disemprotkan ke muka dahulu,  baru kemudian partikel – partikel zat cair  yang menempel diratakan dengan tangan.

 

Baca juga : Basic Skincare Routin untuk Pemula Simpel Anti Ribet

 

Urutan Skincare

Meski skincare banyak dibicarakan oleh kaum hawa, bukan berarti skincare hanya dikhususkan untuk perempuan saja Cantik ! Ga peduli gender nya apa ataupun berapa usianya pada dasarnya manusia tetap butuh skincare demi kesehatan yang lebih baik dan tentunya penampilan yang makin menarik. Siapa yang tidak mau coba !

Nah bagi Cantik yang masih pemula. Nah bingung mau skincare-an mulai dari mana. Yuk simak urutan skincare yang benar dibawah ini.

 

Skincare untuk perempuan

Bagi Cantik yang masih pemula, kamu bisa banget ikuti paduan urutan skincare untuk perempuan dibawah ini. Seperti,

  • Cleanser ( Cleanser, Facial Wash )
  • Toner
  • Serum / essense
  • Mosturizer / Cream
  • Sun Screen

Perlu diperhatikan ya Cantik, pemilihan urutan skincare bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalo bisa lebih lengkap ya lebih baik. Tapi jika tidak bisa seperti yang di rekomendasikan. Minimal menggunakan basic skincare rutin untuk

 

Skincare untuk pria

Ga hanya perempuan yang bisa tampil Glow up ! Pria ga boleh kentinggalan dong. Cantik boleh banget ajak papa, abang ikut skincarean bareng mama di ruang keluarga. Lumayan kan sekalian family time  ala – ala gitu. Kan glow – up bersama lebih asyik daripada sendirian bukan ?

Sebenarnya urutan skincare untuk pria, tak jauh berbeda dengan perempuan. Hanya saja biasanya pria lebih suka hal – hal yang simpel anti ribet. Sepertihalnya :

  • Cleanser ( Face Cleanser / Facial Wash )
  • Mosturizer / cream
  • Sun Screen

Namun tetap balik lagi, semua tergantung orangnya. Ga ada kata benar atau salah dalam urutan. Karena ini perkaran kebutuhan dan kenyamanan. Tapi Jika ingin hasil yang lebih baik, alangkah baiknya jika dilengkapi toner, serum dalam serangkaian perawatan.

 

Skincare untuk remaja

Tak ubahnya orang dewasa, remaja juga memerlukan skincare untuk perawatan  kulit lho. Apalagi di masa pertumbuhan, sudah pasti banyak perubahan  yang mempengaruhi penampilan. Seperti hanya jerawat yang tidak bisa lepas dari masa pubertas. Hanya saja mungkin ada beberapa produk – produk tertentu belum bisa digunakan seperti halnya :

  • Skincare yang mengandung kolagen
  • Skinn booster ( serum atau essence )
  • Skincare mengandung retinol
  • Eye Cream

Alih – alih menggunakan skincare yang lengkap, sebenarnya remaja sudah cukup kok mengunakan basic skincare saja. Seperti sabun cuci wajah, pelembab, dan tabir surya.

 

Baca Juga : Urutan Skincare Remaja Emina Pagi dan Malam Paling Simpel 

 

Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Meski terlihat mudah, tapi memilih skincare tidak boleh sembarangan Cantik. Pastikan skincare yang kamu pilih sesuai dengan jenis kulit. JIka saat ini kamu masih belum tahu tipe kulitmu sendiri. Yuk cari tahu di video berikut ini.

Nah setelah tahu tipe kulit Cantik seperti apa ! Baru deh Mincan kasih tahu cara memilih skincare sesuai jenis kulit yang simpel banget buat sehari – hari. Ini dia deretannya :

 

Skincare untuk Jerawat

Jerawat oh jerawat. Masalah ini sepertinya ga akan ada abisnya untuk dibahas.  Pernah nga Cantik merasa lelah berperang dengan jerawat. Sudah diobati berbagai macam cara, tapi nga ada efeknya malah justrumembuat kondisinya bertambah semakin parah ! Duh ga banget deh pokoknya.

Tapi tenang, masalah jerawat memang musuh bersama. Menurut penelitian, hampir 2 juta orang di Indonesia juga mengeluh soal jerawat tiap tahunnya. Jadi tetep semangat ya ! Cantik ga sendirian kok.

apa itu skincare

Sumber : Freepik.com

Sebenarnya penyembuhan jerawat tiap orang berbeda – beda, tergantung pada jenis jerawat dan tingkat keparahannya. Makanya ga heran kalau kadang ada aja cerita si A cocok produk X, tapi si B justru breakout saat mencoba produk yang sama.

Tapi Cantik tak perlu khawatir, berdasar riset dari berbagai sumber ternyata ada lho kandungan skincare untuk jerawat yang bebas di jual di pasaran tanpa perlu resep dokter, jika mau coba ini dia deretannya :

  • Trea Tea Oil
  • Salycilic Acid / Asam Salisilat
  • Retinol
  • Benzoil Peroksida

 

Disamping itu, setelah Cantik mengetahui kandungan skincare yang bisa atasi jerawat. Tentunya Cantik juga harus tahu dong kandungan apa saja yang perlu Cantik hindari agar jerawat tidak semakin parah dan meradang ! Apa itu ?  ini dia cekidot :

  • Alkohol
  • Minyak Kelapa
  • Cocoa Butter
  • Minyak esensial
  • Wewangian

Oke sekarang lengkap kan, Cantik sudah tahu kandungan yang bermanfaat atasi jerawat sekaligus kandungan yang berbahaya untuk jerawat.  Nah Soal rangkaiannya produknya sebenarnya tidak ada patokan yang paten Cantik. Semua Kembali ke kebutuhan dan budget yang tersedia. Ini realistis loh ya.

Yang penting jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah dengan facial foam dan selalu menggunakan sun screen saat keluar ruangan. Tetapi bagaimanapun juga penyembuhan jerawat akan semakin cepat jika dibarengi rangkaian produk skincare jerawat yang lengkap seperti serum, toner, masker jerawat dan lain sebagainya.

Tapi balik lagi, semua itu pilihan Cantik. Tentunya Cantik sendirilah yang tahu apa yang terbaik untuk diri sendiri.

 

Skincare untuk Bekas Jerawat

apa itu skincare

Sumber : Freepik.com

Jerawat sudah hilang !  tapi bekasnya ? wow jangan tanyakan lagi.  Sama seperti jerawat, rupanya bekasnya juga tak kalah susah dihilangkan. Bahkan berdasarkan penelitian, secara alami noda bekas jerawat baru bisa hilang ketika menginjak bulan ke 6 lho. Tentunya sangat bikin geregetan bukan ? dalam waktu selama itu kesabaran benar – benar diuji. Tenang kalem santai kuasai.

Nah sebagai solusinya, Cantik bisa menggunakan produk – produk Skincare yang mengandung bahan – bahan dibawah ini seperti :

  • Retinoid Acid
  • Vitamin C
  • Niacinamide

Tentunya dengan kesabaran dan ketelatenan melakukan perawatan , Insha Allah bekas jerawat akan memudar dari permukaan dengan sendirinya yakin deh.  Asal produknya cocok saja hehe.

 

Skincare Untuk Kulit Normal

Beruntunglah bagi Cantik yang memiliki tipe kulit normal. Biasanya perawatannya tidak serempong kulit jenis lainnya. Tapi meskipun demikian bukan berarti pemilihannya asal – asalan lo ya ! Tentunya jika Cantik ingin kulit semakin semakin sehat, terawat dan bening berseri sepanjang hari. Cantik harus benar – benar memilih produk yang aman, terbebasdari  kandungan berbahaya,

Cara paling gampangnya, pilihlah produk yang sudah lulus uji klinis BPOM. Kamu juga bisa searching – searching dulu cari tahu tentang produk lewat testimoni yang bertebaran di internet. Intinya sebelum digunakan, pastikan produk benar – benar aman.

 

Skincare untuk Kulit Kombinasi

Memilih skincare yang cocok untuk kulit kombinasi memang cukup menantang ya Cantik ! Selain mikirin tipe kulit berminyak di bagian T – Zone, disaat yang sama kamu juga harus memperhatikan area kulit kering yang berada di bagian pipi dan sekitarnya  juga lho. Kalo saran Mincan nih ya, setelah berguru dari berbagai sumber.

Buat kamu yang memiliki kulit kombinasi. Sebaiknya gunakan produk skincare yang mengandung vitamin A, asam laktat, asam hialuronat, vitamin C dan green tea. Karena fungsinya yang sangat baik untuk membersihkan dan melembabkan kulit tanpa khawatir memicu produksi minyak yang berlebih.

Sehingga kulit kering teratasi, kadar minyakpun juga bisa dikontrol dengan baik. Kulit tenang, hatipun riang!

 

Skincare untuk Kulit Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, kondisi minyak yang berlebih tentunya sangat menganggu. Pasalnya jika diatasi sedini mungkin kulit berminyak sangat berpotensi menimbulkan masalah baru berupa, komedo , jerawat dan bala tentara lainnya.

Nah untuk mengatasinya, Cantik bisa menggunakan skincare yang mengandung Niacinamide atau Hyaluronic acid yang berfungsi untuk mengontrol produksi sebum sekaligus menutrisi kulit agar lebih terjaga dan sehat.

apa itu skincare

Sumber : Freepik.com

 

Skincare untuk Kulit Kering

Nah untuk Cantik yang bermasalah dengan kulit kering, kasar dan bersisik. Saat Cantik mencari skincare untuk kulit kering, sebisa mungkin hindari skincare yang mengandung alkohol ya ! agar tidak semakin memperburuk keadaan kulit.

Sebagai solusi, cantik bisa memilih skincare yang dapat membantu menghidrasi kulit sampai lapisan terdalam. Seperti hydrating toner, atau kandungan alami berupa alovera, delima dan lain sebagainya.

apa itu skincare

Sumber : @Freepik.com

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email