Basic Skincare Routin untuk Pemula Simpel Anti Ribet

Jika di artikel sebelumnya Mincan sudah jelaskan tentang apa itu skincare dan jenis – jenisnya.  Nah selanjutnya Mincan bakal kasih tahu apa saja sih basic skincare routin untuk pemula.  Karena jujur banyak banget temen – temen Mincan yang bertanya soal ini.  Pasti diantara Cantik yang masih baru di dunia perskincarean ada yang merasakan hal sama bukan ? Apalagi jaman sekarang ga keitung lagi berapa banyak skincare yang bermunculan.

Bahkan terkadang satu bagian tubuh saja punya treathment skincare yang berbeda lho. Pusing ga tuh mau mulai darimana ? Tapi harap tenang, ini bukan ujian. Nah bagi Cantik yang masih newbie, ada baiknya  sebelum mencoba rangkaian skincare routin yang panjang. Kamu mengenali urutan basic skincare untuk pemula terlebih dahulu dalam perawatan. Tentunya selain menghemat pengeluaran, Cantik juga bisa memberi kesempatan kulit untuk adaptasi / berkenalan dengan bahan – bahan skincare yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Tapi yang perlu diingat, setiap kulit punya cara penanganan yang berbeda – beda. Tergantung seperti apa jenis kulitnya. Jadi sebelum memutuskan menggunakan serangkaian basic skincare routine. Sudah tentu Cantik harus mengetahui jenis kulit terlebih dahulu lho ya ! agar hasilnya bisa lebih optimal.

 

Apa itu Basic Skincare ?

Buat kamu yang tertanya tanya apa yang dimaksud basic skincare?  jadi sederhananya gini Cantik! Basic skincare adalah serangkaian produk skincare yang paling dasar dan penting untuk perawatan kulit. Bisa dibilang rangkaiannya cukup simpel, karena dari sekian  banyak skincare yang ada. Basic skincare hanya dikerucutkan menjadi  5 tahapan saja.  Nah apa saja basic skincare untuk pemula ? ini dia urutannya !

Dalam menggunakan basic skincare ada 5 tahapan yang tidak boleh dilewatkan. Tahapan ini dikenal dengan CTMP step skincare. Yang merupakan singkatan dari Cleansing (membersihkan), Toning, Moisturizing (pelembab) dan Protecting.  Nah biar lebih paham apa saja basic skincare itu, yuk dibahas satu persatu.

 

Cleansing

Basic Skincare
Sumber : Freepik.com

Saat hendak memulai perawatan dengan basic skincare, tahapan pertama yang dilakukan adalah membersihkan wajah. Kalau yang ini sih pasti sudah cantik lakukan sehari hari bukan ? Yah seperti yang Cantik tahu, dengan membersihkan wajah secara teratur, kulit akan lebih bersih dan terbebas dari debu, kotoran dan minyak berlebih yang menempel di kulit.

Nah dalam tahapan cleansing sendiri ada 2 macam tipe produk yang bisa kamu gunakan. Diantaranya ada, first cleanser dan second cleanser. Sementara perpaduan keduanya juga biasa dikenal  dengan nama double cleanser. Tenang keduanya sangat mudah ditemukan di pasaran kok.

Misalnya nih saat sedang belanja, pernahkah kamu mendapati produk dengan label micellar water, face cleanser, cleansing oil dan cleansing water ? Nah semua itu termasuk varian dari  face cleanser Cantik. Dengan kandungan utama oil, milk, dan balm. Produk ini sangat cocok untuk mengangkat debu, , kotoran atau sisa makeup yang menempel di muka. Namun first cleanser saja tidaklah cukup untuk membersihkan muka. Maka dari itu cantik perlu melengkapi dengan second cleanser di tahapan berikutnya.

Second cleanser sendiri tidak lain dari sabun cuci muka. Di pasaran penyebutannya juga bermacam – macam sesuai dengan bahan penyusunnya. Ada yang menyebut facial wash, facial foam, gel cleanser dan lain sebagainya. Fungsi dari produk ini tidak lain untuk mengangkat sisa sisa kotoran yang mungkin saja tertinggal saat tahap first cleanser. Jadi kalu inginkulit bersih optimal jangan lupa gunakan keduanya secara rutin ya Cantik !

 

Toning

Basic Skincare
Sumber : Freepik.com

Setelah cuci wajah, sering nga kamu merasa kulit jadi lebih kesat ? itu tandanya kadar air didalam kulit berkurang Cantik. Sehingga sudah tentu wajah butuh perawatan lagi. Ga cukup sampai cuci muka, Cantik juga perlu menggunakan toner. Untuk melembabkan serta mengembalikan ph kulit agar tetap seimbang.

Kan jika kulit semakin lembab, tentunya kandungan skincare  akan lebih mudah menyerap bukan ? Jadi tidak menutup kemungkinan kalau hasilnya bisa terlihat lebih cepat ! Oleh karena itu jangan pernah lewatkan pemakaian toner ya Cantik.

Toner sendiri dibagi menjadi 2 jenis, hydrating dan exfoliating. Nah bagi Cantik yang bermasalah dengan kulit kering dan dehidrasi, toner hydrating bisa jadi pilihan terbaik untuk mengembalikan kelembapan kulit seperti sediakala.

Tapi beda cerita kalau Cantik ingin mengurangi jerawat dan bekas – bekasnya. Sudah tentu toner exfoliating adalah pilihan yang tepat  untuk melengkapi skincare harian.  Pasal kandungan AHA dan BHA dalam toner exfoliating, terbilang optimal dalam mengangkat sel sel kulit mati sampai bagian terdalam kulit. Sehingga bisa lebih mengurangi potensi pori – pori tersumbat penyebab jerawat sekaligus bekas – bekasnya.

 

Moisturizing

Basic Skincare
Sumber : Freepik.com

Toner memang bisa mengembalikan kelembapan kulit. Tapi untuk mengunci kadar air agar kulit senantiasa lembab sepanjang hari. Kamu perlu menggunakan moisturizer Cantik. Selain berfungsi melembabkan kulit, mositurizer juga bisa menutrisi serta mengontrol kadar minyak yang berlebih.

Ada banyak sekali varian pelembab yang beredar di pasaran. Nah buat Cantik yang masih pemula, jika kondisi kulitmu kering. Alangkah baiknnya menggunakan pelembab yang bertekstur creamy agar semakin bisa menjaga kelembapan kulitmu lebih baik.

Tapi berbeda jika kondisi kulit mu berminyak. Sudah pasti gunakan  mosturaizer yang memiliki tekstur ringan, nyaman dan mudah meresap. Jelas ini akan lebih mengurangi resiko  terjadinya ketidakcocokan penggunaan pelembab, yang bisa menyebabkan iritasi dan jerawat. Tentunya cantik tidak inginkan skincare pertama malah bikin jadi kulit bermasalah ? maka dari itu Cantik harus benar – benar selektif sebelum membeli.

Oiya untuk hasil yang optimal. Gunakan mositurizer secara teratur ya Cantik. Biasanya 2 kali sehari, pagi hari setelah mandi dan malam hari sebelum tidur.

 

Protecting

basic skincare
Sumber : Freepik.com

Cuci muka sudah ! Pakai toner sudah ! pakai pelembab juga sudah ! Nah untuk melengkapi perawatan basic skincare terakhir. Cantik perlu memberikan perlindungan (protecting) ekstra sebelum beraktivitas seharian. Untuk itu, Cantik perlu menggunakan sun screen supaya kulit lebih terlindungi dari bahaya radikal bebas sinar matahari.

Selain mencegah kusam, penggunaan sun screen yang tepat juga bisa menghindarkan Cantik dari resiko penuaan dini lho ! Siapa coba yang tidak ingin awet muda ! Nah jika Cantik ingin kulit tetap terawat dan tampek awet muda sampai usia senja kelak. Ga perlu repot – repot mandi kembang tujuh rupa. Cukup menggunakan sun screen rutian setiap hari. Dan rasakan sendiri hasilnya.

 

Baca juga : Tahapan skincare untuk kulit kering pemula wajib tahu 

 

Rekomendasi Basic Skincare Untuk Pemula

Setalah kamu mengerahui apa itu basic skincare dan masing – masing manfaatnya untuk mengtasi masalah kulit. Ini dia rekomendasi basic skincare untuk pemula yang bisa kamu terapkan dalam perawatan harian!

 

Emina Bright Stuff Micellar Water

Basic Skincare
Sumber : eminacosmetics.com

 

Produk micellar water dari Emina sangat cocok digunakan bagi Cantik yang masih baru di dunia perskincarean. Produk lokal satu ini sangat aman untuk semua jenis kulit. Termasuk bagi kulit remaja yang sensitif. Dengan tekstur ringan, sensasi micellar water Emina sangat menyegarkan, tidak menimbulkan iritasi serta kemerahan sama sekali.

Secara fungsi, bak sekali dayung dua pulau terlampaui. Selain bisa mengangkat kotoran dan sisa make up secara optimal. Dengan kandungan utama ekstrak summer plum, produk ini di klaim mampu mencerahkan serta mempercepat regenerasi kulit lho Cantik.

 

Scarlett Whitening Facial Wash

Scarlett Whitening Facial Wash

Sebagai pelengkap saat membersihkan wajah, kamu bisa mencoba facial wash dari Scarlett Whitening. Produk besutan artis Felicya Angelista ini, juga sangat cocok digunakan pemula . Diperkaya dengan kandungan Gluthathione, Vitamin E, Rose Petals dan Aloevera Scarlett facial wash dipercaya ampuh mencerahkan dan melembabkan kulit secara alami.

Saat di aplikasikan, selain bisa membersihkan kotoran dan minyak di wajah dengan mudah.  Formulanya facial wash scarlett juga sangat ringan dan terasa lembut dikulit. Tidak menjadikan kulit kesat dan kemerahan sama sekali.  Cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Bahkan untuk kamu pemilik kulit sensitif sekalipun.

 

Toner Hada Labo

Jika sebelumnya ada rekomendasi produk lokal. Kali ini Cantik bisa mencoba hijrah ke  Negeri Sakura lewat Hada Labo. Produk skincare pembersih wajah terbaik yang diklaim ampuh merawat kulit.  Terutama bagi Cantik yang memiliki kulit kering dan kulit dehidrasi. Sudah pasti toner Hada Labo layak dijadikan pilihan untuk menghidrasi kulit. Karena mengandung hyaluronic acid yang dipercaya mampu mengembalikan kelembapan dan menyengarkannya lagi.

Disamping itu, Toner ini juga terbilang aman untuk semua jenis kulit. Sebab tidak mengandung parfum, alkohol dan pewarna yang membahayakan bagi kulit.

 

Varian Emina Moisturizer

Diantara beragam produk pelembab yang ada, nama brand lokal Emina layak untuk dipertimbangkan. Baik dari segi harga maupun khasiatnya. Melengkapi perawatan harian, Emina sendiri hadir dengan 4 varian yang beragam diantaranya :

  • Ms Pimpel Acne Solution Moisturizing Gel, untuk kamu yang tengah bermasalah dengan kulit berjerawat
  • Bright Stuff for Acne Prone Skin Moisturizing Cream, bisa jadi pilihan bagi kamu pemilik kulit berminyak
  • Moist in A Bottle Emina, yang bisa digunakan juga bisa mengurangi tanda penuaan dan bahaya radikal bebas sinar matahari
  • Emina Bright Stuff Moisturizing Cream, yang bisa mencerahkan sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB

 

Sun Screen Emina Protection

Ga hanya mengeluarkan micellar water dan pelembab. Emina juga menghadirkan sun screen lho ! Dengan SPF 30 PA+++, tabir surya ini cocok untuk semua jenis kulit. Harganya juga sangat ekonomis lho Cantik.  Diperkaya ekstrak lidah buaya dan emolien, tabir surya satu ini mampu membantu melembabkan kulit dan mencegah dehidrasi kulit walaupun Cantik aktif beraktivitas di di bawah sinar matahari.

Untuk tektusrnya, sun screen Emina memiliki tekstur seperti lotion dan berwarna putih, mudah diserap, terasa sangat ringan dan tidak lengket  saat digunakan. Aromanya manis, lembut dan menyegarkan. Gimana ga jatuh cinta coba dengan produk Emina !

Yuk temukan beragam skincare terbaik, terlengkap untuk pemula hanya disini tempatnya.

 

Baca juga : Urutan Skincare Remaja Emina Pagi dan Malam Paling Simpel 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *